Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MELAWAN HAWA NAFSU SALAH SATUNYA JANGAN MARAH


Sesungguhnya amarah merupakan pintu masuk yang paling luas bagi setan untuk menjerumuskan semua anak adam. Bagi yang dapat mengendalikan diri maka seseorang dapat celaka.

Dalam sebuah hadits telah dikatakan:

إِنَّ الْغَضَبَ مِنْ الشَّيْطَانِ وَإِنَّ الشَّيْطَانَ خُلِقَ مِنْ النَّارِ وَإِنَّمَا تُطْفَأُ النَّارُ بِالْمَاءِ فَإِذَا غَضِبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَتَوَضَّأْ

 Artinya:"Sesungguhnya amarah itu dari setan dan setan diciptakan dari api. Api akan padam dengan air. Apabila salah seorang dari kalian marah, hendaknya berwudhu:"(HR Ahmad).

Sungguh seorang jika sudah mulai marah marah maka dia akan berani:

1-Memfitnah

2_Mencaci

3_Menghina

4_Memukul bahkan dia berani

5_Membunuh 

Inilah dampak negatif dari Marah marah, sehingga Rosulullah salallahu alaihiwa salam bersabda:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم، قال: "لَيْسَ الشَّدِيدُ بِالصُّرُعة، وَلَكِنَّ الشَّدِيدَ الَّذِي يَمْلِكُ نَفْسَهُ عِنْدَ الْغَضَبِ"

 Artinya:"Dari Abu Hurairah radiyallohu 'anhu,dari Nabi saw yang telah bersabda: Orang yang kuat itu bukanlah karena jago gulat, tetapi orang kuat ialah orang yang dapat menahan dirinya di kala sedang marah:"(HR Bukhari dan Muslim).

Sementara dalam riwayat yang lain dikatan Dari Abu Hurairah radiyallohu 'anhu.

Rosulloh shollallohu 'alaihi wasallam bersabda:

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَجُلًا قَالَ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : أَوْصِنِيْ ، قَالَ : (( لَا تَغْضَبْ )). فَرَدَّدَ مِرَارًا ؛ قَالَ : (( لَا تَغْضَبْ )). رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ

 Artinya:"Dari Abu Hurairah radiyallohu 'anhu bahwa ada seorang laki-laki berkata kepada Nabi saw, "Berilah wasiat kepadaku." Sabda Nabi shollallohu 'alaihi wasallam: "Janganlah engkau mudah marah." Maka diulanginya permintaan itu beberapa kali. Sabda beliau, "Janganlah engkau mudah marah:"(HR Bukhari).

Sesungguhnya Allah azawajalla telah berfirman:

قَالَ فَبِعِزَّتِكَ لَأُغْوِيَنَّهُمْ أَجْمَعِينَ. إِلَّا عِبَادَكَ مِنْهُمُ ٱلْمُخْلَصِينَ

Artinya:"Iblis (setan) menjawab, "Demi kekuasaan Engkau, aku akan menyesatkan mereka semuanya, kecuali hamba-hambamu yang mukhlis di antara mereka:"(QS Shad: 82-83). 

Jadilah hamba hamba Allah yang Ikhlas agar setan tak sanggup menjerumuskan kita semua.

Semoga kita semua termasuk orang orang yang sanggup menahan amarah

Aamiin.

Posting Komentar untuk "MELAWAN HAWA NAFSU SALAH SATUNYA JANGAN MARAH"