Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

FADILAH DAN MANFAAT SHALAT TAHAJUD

  

 Shalat Tahajud merupakan salah satu ibadah sunah. Namun shalat sunah ini memiliki keutamaan yang sangat besar di sisi Allah SWT.

Meski tidak diwajibkan seperti shalat lima waktu, shalat Tahajud menjadi pilihan tepat bagi mereka yang ingin mendekatkan diri kepada Allah SWT agar memperoleh berbagai keistimewaan darinya.

 Perlu diketahui bahwa tahajud adalah shalat sunnah yang dilakukan di malam hari setelah bangun tidur, walaupun tidurnya hanya sebentar. 

Berikut Fadhilah Shalat Tahajud yang perlu kita ketahui diantaranya: 

1_Allah Ta’ala akan angkat derajat ke tempat terpuji 

Di dalam Al qur'an Alloh SWT berfirman:

وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِۦ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰٓ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا

 Artimya:"Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji:"(QS Al Isro :79).

2_Menjadi sebaik-baik hamba

Rasulullah saw bersabda:

نِعْمَ الرَّجُلُ عَبْدُ اللَّهِ لَوْ كَانَ يُصَلِّي مِنْ اللَّيْلِ

 Artinya:"Sebaik-baik hamba adalah ‘Abdullah jika ia menunaikan shalat pada sebagian malam:"(HR  Bukhori).

3_Tahajud merupakan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu

Rasulullah saw bersabda:

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلَاةُ اللَّيْلِ

 Artinya:"Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah (berpuasa pada) bulan Allah yang mulia (Muharram) dan shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam:"(HR Muslim).

4_Tahajud adalah shalat yang paling dicintai Allah subhanahu wata’ala

Rasulullah saw bersabda:

أَحَبُّ الصَّلَاةِ إِلَى اللَّهِ صَلَاةُ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلَام وَأَحَبُّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ وَكَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ وَيَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

 Artinya:"Shalat yang paling dicintai Allah adalah shalat Nabi Dawud Alaihissallam dan puasa yang paling dicintai Allah juga puasa Nabi Dawud Alaihissallam. Beliau tidur setengah malam, bangun sepertiga malam dan tidur lagi seperenam malam serta berpuasa sehari dan berbuka sehari:"(HR Bukhori).

5_Pada malam hari do'a yang dipanjatkan untuk kebaikan dunia dan akhirat adalah waktu yang mustajab

Rasulullah saw bersabda:

إِنَّ فِي اللَّيْلِ لَسَاعَةً لَا يُوَافِقُهَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللَّهَ خَيْرًا مِنْ أَمْرِ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ وَذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ

 Artinya:"Sesungguhnya di malam hari terdapat waktu tertentu, yang bila seorang muslim memohon kepada Allah dari kebaikan dunia dan akhirat pada waktu itu, maka Allah pasti akan memberikan kepadanya, dan hal tersebut ada di setiap malam:"(HR Muslim).

6_Suami dan istri yang biasa melaksanakan Shalat Tahajud tercatat menjadi dzakiriin dan dzakirat

Rasulullah saw bersabda:

مَنْ اسْتَيْقَظَ مِنْ اللَّيْلِ وَأَيْقَظَ امْرَأَتَهُ فَصَلَّيَا رَكْعَتَيْنِ جَمِيعًا كُتِبَا مِنْ الذَّاكِرِينَ اللَّهَ كَثِيرًا وَالذَّاكِرَاتِ

 Artinya:"Barangsiapa yang bangun di waktu malam dan ia pun membangunkan isterinya lalu mereka shalat bersama dua raka’at, maka keduanya akan dicatat termasuk kaum laki-laki dan wanita yang banyak berdzikir kepada Allah:"(HR Abu Dawud).

7_Bangun pada akhir malam kemudian menunaikan Shalat Tahajud membuat badan menjadi  sehat, segar dan fit serta jiwa menjadi semangat. Sementara itu orang yang bangun kesiangan akan menjadikan badan kurang segar serta jiwa menjadi malas.

Rasulullah saw bersabda:

يَعْقِدُ الشَّيْطَانُ عَلَى قَافِيَةِ رَأْسِ أَحَدِكُمْ إِذَا هُوَ نَامَ ثَلَاثَ عُقَدٍ يَضْرِبُ كُلَّ عُقْدَةٍ عَلَيْكَ لَيْلٌ طَوِيلٌ فَارْقُدْ فَإِنْ اسْتَيْقَظَ فَذَكَرَ اللَّهَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ فَإِنْ تَوَضَّأَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ فَإِنْ صَلَّى انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ فَأَصْبَحَ نَشِيطًا طَيِّبَ النَّفْسِ وَإِلَّا أَصْبَحَ خَبِيثَ النَّفْسِ كَسْلَانَ

 Artinya:"Syaitan mengikat di pangkal kepala seseorang darimu saat ia tidur dengan tiga ikatan yang pada masing-masingnya tertulis, ‘Malammu sangat panjang, maka tidurlah!’ Bila ia bangun lalu berdzikir kepada Allah, maka satu ikatan lepas, bila ia berwudhu’ satu ikatan lagi lepas dan bila ia shalat satu ikatan lagi lepas. Maka di pagi hari ia dalam keadaan semangat dengan jiwa yang baik. Namun jika ia tidak melakukan hal itu, maka di pagi hari jiwanya kotor dan ia menjadi malas:"(HR Bukhori).

Semoga kita sebagai umat muslim bisa melaksanakan salah satu dari hadits Nabi, apa yang menjadi tuntunan dari agama islam Aamin..

Posting Komentar untuk "FADILAH DAN MANFAAT SHALAT TAHAJUD"