Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

WAKTU SHALAT FARDHU YANG PERLU KITA KETAHUI

 WAKTU SHALAT FARDHU YANG PERLU KITA KETAHUI

 Shalat merupakan salah satu sarana utama dalam hubungan manusia dengan Sang Pencipta. Shalat dapat dikatakan sebagai sarana komunikasi yang intens bagi manusia dengan Allah SWT. Karena ketika kita shalat, tidak ada sekat atau pembatas apapun yang bisa membatasi seorang hamba untuk berkomunikasi dan mengungkapkan seluruh perasaanya kepada Allah SWT. Kita tidak perlu perantara, tidak perlu berstatus tinggi untuk melakukannya. Allah akan tetap menerima kehadiran hambanya dengan terbuka walaupun ia orang miskin, orang kaya, orang berkebutuhan khusus, bahkan seorang pendosa besar.

 Shalat merupakan ibadah yang hukumnya fardhu 'ain bagi orang Islam yang mukallaf dan sudah baligh (dewasa). Macam-macam shalat yang difardhukan dalam satu hari ada lima, yaitu: Dhuhur, ashar, magrib, isya’, dan subuh.

Dasar disyariatkan sholat fardhu adalah ayat Al-Qur’an surat An-nisa ayat 103:

إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا

 Artinya:"Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.

Selain dasar ayat Al-Qur’an, dasar disyaratkan shalat fardhu juga di jelaskan dalam hadis Rasulullah saw:

عن ابن عمر رضي الله عنهما قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: بني الإسلام على خمس : شهادة أن لا إله إلا الله وأن محمداً رسول الله و إقام الصلاة وإيتاءالزكاة والحخ و صوم رمضان. (متفق عليه)

 Artinya:"Dari Ibnu Umar r.a. ia berkata, Rasulullah saw. Bersabda: "Islam dibangun atas lima dasar, yaitu kesaksian bahwa tiada Tuhan selain Allah dan bahwa sesungguhnya Muhammad adalah utusan Allah,melaksanakan shalat,menunaikan zakat,Haji ke makkah, Dan puasa Ramadhan:"(Mutafaqun 'alaih).

Dari printah menunaikan shalat ada lima shalat yang difardhukan, Dan mempunyai waktu masing-masing pada shalat wajib tersebut, di antaranya:

1)_Waktu Shalat Shubuh

 Permulaan waktu shalat shubuh adalah munculnya fajar kedua. Akhir waktu ikhtiyar shalat shubuh adalah munculnya suasana remang-remang. Sedangkan akhir waktu jawaznya adalah munculnya matahari.

2)_Waktu Shalat Dhuhur

 Waktu shalat dhuhur dimulai saat matahari tergelincir dan berakhir setelah bayangan setiap sesuatu berukuran sama dengan aslinya ditambah bayangan yang muncul saat matahari tergelincir.

3)_Waktu Shalat Asar

 Permulaan waktu asar adalah adanya kelebihan bayangan dari bayangan yang sama dengan bendanya. Akhir waktu asar secara ikhtiar adalah saat panjang bayang-bayang suatu benda mencapai dua kali lipat dari benda aslinya. Sedangkan secara jawaz waktu asar berakhir ketika matahari terbenam. Dalil yang menunjukkan waktu asar adalah:

 حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ ، عَنْ مَالِكٍ ، عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ ، وَعَنْ بُسْرِ بْنِ سَعِيدٍ ، وَعَنِ الْأَعْرَجِ يُحَدِّثُونَهُ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : مَنْ أَدْرَكَ مِنَ الصُّبْحِ رَكْعَةً قَبْلَ أَنْ تَطْلُعَ الشَّمْسُ فَقَدْ أَدْرَكَ الصُّبْحَ، وَمَنْ أَدْرَكَ رَكْعَةً مِنَ الْعَصْرِ قَبْلَ أَنْ تَغْرُبَ الشَّمْسُ فَقَدْ أَدْرَكَ الْعَصْرَ 

 Artinya:"Dari Abu Hurairah r.a. bahwasanya Rasulullah saw bersabda: Barangsiapa yang sempat mengerjakan satu rakaat sholat subuh sebelum matahari terbit, maka ia tetap mendapati shalat subuh (di dalam waktunya). Barangsiapa yang sempat mengerjakan satu rakaat sholat asar sebelum matahari terbenam, maka ia telah mendapati sholat asar (di dalam waktunya):"(HR Bukhori).

4)_Waktu Shalat Maghrib

 Waktu shalat magrib itu hanya satu, yaitu mulai matahari terbenam ditambah beberapa saat untuk mengumandangkan adzan, berwudhu, menutup aurat, shalat magrib.

Pendapat ini dikemukakan oleh Imam Syafi’i dalam qoul Jadidnya. Sedangkan dalam qoul qodimnya ia berpendapat waktu shalat magrib itu memanjang hingga hilangnya awan merah(mega abang).

Selain itu dijelaskan juga dalam hadis Nabi Muhammad saw:

أنه صلى الله عليه وسلم قال: وقت صلاة المغرب مالم يغب الشفق (رواه مسلم)

 Artinya:"Sesungguhnya Rosulullah saw, bersabda: Waktu shalat Maghrib adalah selama awan belum menghilang:"(HR Muslim).

5)_Waktu Shalat Isya

 Permulaan waktu isya adalah hilangnya awan merah(Mega abang). Akhir waktu ikhtiyar shalat isya adalah sepertiga malam. Sedangkan akhir waktu jawaznya adalah sebelum terbit fajar kedua.

Dalil yang menunjukkan waktu shalat isya adalah apa yang diriwayatkan oleh imam Muslim dan yang lainnya:

عن ابي قتاده رضي الله عنه أنه صلى الله عليه وسلم قال: أَمَا إِنَّهُ لَيْسَ فِي النَّوْمِ تَفْرِيطٌ، إِنَّمَا التَّفْرِيطُ عَلَى مَنْ لَمْ يُصَلِّ الصَّلَاةَ حَتَّى يَجِيءَ وَقْتُ الصَّلَاةِ ا

 Artinya:"Dari Abu Qotadah r.a. sesungguhnya Rasulullah saw bersabda: "Ingatlah bahwa sesungguhnya tidak ada kelalaian pada orang yang tidur. Sesungguhnya lalai itu terdapat pada orang yang tidak mengerjakan sholat sampai datang waktu shalat berikutnya:"(HR Muslim).

 Dan waktu yang afdhol buat mengerjakan shalat berdasarkan hadits.

Shalat di awal waktu itulah yang paling afdhol:

عَنْ أُمِّ فَرْوَةَ قَالَتْ سُئِلَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- أَىُّ الأَعْمَالِ أَفْضَلُ قَالَ: الصَّلاَةُ فِى أَوَّلِ وَقْتِهَا 

 Artinya:"Dari Ummu Farwah, ia berkata: "Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya, amalan apakah yang paling afdhol. Beliau pun menjawab, "Shalat di awal waktunya:"(HR Abu Dawud :426).

Waktu shalat yang paling di cintai Alloh shalat pada waktunya, Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

سَأَلْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الْعَمَلِ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ قَالَ الصَّلَاةُ عَلَى وَقْتِهَا 

 Artinya:"Amalan apakah yang paling dicintai Allah ? Beliau menjawab: Shalat tepat pada waktunya:"(HR Bukhari, Kitabul Mawaqit, bab, Fadhul Shalat Liwaktiha, dan Muslim. Kitabul Al-Iman, bab Launul Iman billahi Ta’ala afdahl Al-Amal).

Di dalam waktu shalat mempunyai kaifiyah masing-masing,

Rasulullah saw bersabda: 

قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : أَوَّلُ الْوَقْتِ رِضْوَانُ اللَّهِ وَوَسَطُ الْوَقْتِ رَحْمَةُ اللَّهِ وَاَخِرُالْوَقْتِ عَفْوُاللَّهِ عَزَّوَجَلَّ

 Artinya:"Rasulullah saw bersabda: (Sholat) awal waktu itu diridhoi Allah, dan (sholat) tengah-tengah waktu itu dirahmati Allah SWT, dan (sholat) di akhir waktu itu diampuni Allah SWT:"(HR Daruquthni, kitab at-Targhib wat at-Tarhib karya Al-Mundziri).

Posting Komentar untuk "WAKTU SHALAT FARDHU YANG PERLU KITA KETAHUI"