Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

JAGALAH LISAN UNTUK PERSIAPAN MASUK RAMADHAN



 Mungkin setiap diri merasakan lebih sulit menjaga lisan dari pada menjaga perbuatan. lisan sulit dikontrol sulit ditahan,bahkan terkadang kebablasan sendiri,tidak diniatkan tidak direncanakan tapi lisan bisa mengeluarkan kalimat kalimat atau kata kata yang bisa membuat luka hati saudaranya tak kian sembuh,lisan juga tanpa diniatkan bisa memberangus pahala yang kita lakukan, 

Lisan juga,walau tanpa diniatkan bisa membuat seseorang melakukan dosa besar, baik berbohong memfitnah ,mencaci,membuka aib,menggunjing bahkan bisa mencemarkan nama baik seorang muslim. Seandainya dosa dosa yang disebabkan oleh lisan seseorang terjadinya ketika dia sedang berpuasa Ramadhan niscaya bisa merusak puasanya bahkan bisa membatalkannya.

Lisan yang kotor lahir dari hati yang kotor, jadi tidak mungkin seorang bisa melahirkan kata kata yang bersih kata kata yang sejuk jika hatinya masih dalam keadaan kotor. 

 Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam  Ahmad.

Rasulullah saw bersabda:

عليك بطول الصمت فإنه مطردة الشيطان وعون لك علي أمردينك

 Artinya:"Hendaklah engkau lebih banyak diam, sebab diam dapat menyingkirkan setan dan menolongmu terhadap urusan agamamu:"(HR  Ahmad).

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wasallam, bersabda:

 أَلا وإِنَّ فِي الجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الجَسَدُ كُلُّهُ وإذَا فَسَدَت فَسَدَ الجَسَدُ كُلُّهُ أَلا وَهيَ القَلْبُ.“ رواه البخاري ومسلم

 Artinya:"Ketahuilah, sesungguhnya dalam tubuh manusia ada segumpal daging, jika segumpal daging itu baik, maka akan baik seluruh tubuh manusia, dan jika segumpal daging itu buruk, maka akan buruk seluruh tubuh manusia, ketahuilah bahwa segumpal daging itu adalah hati manusia:"(HR  Bukhari dan Muslim).

 Hati adalah sumber perbuatan dan perkata'an, jika lisan kita yang selama ini sulit untuk dikendalikan, maka lebih baik kita obati sumbernya yaitu hati. Yaqinkan dalam diri kita bahwa setiap perkataan yang kita lontarkan yang pertama kali mendengarnya Adalah Allah, mulailah dari sekarang setiap perkata'an dan perbuatan yang bisa merusak dan membatalkan puasa Ramadhan kita sedapat mungkin kita kendalikan dengan memperbanyak mengingat Allah.

Allah SWT berfirman:

إنَّ في خَلْقِ السَّماوَاتِ وَالأرْضِ وَاخْتِلاَفِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لآيَاتٍ لأُولِي الأَلْبَابِ الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللهَ قِيَاماً وَقُعُوداً وَعَلَى جُنُوبِهِمْ

 Artinya:"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring:"(QS Ali Imran: 190-191).

 Selanjutnya hindari marah marah, karna marahlah yang membuat lisan sulit dikendalikan.

Semoga Allah selalu memberikan kekuatan kepada kita semua agar bisa istiqomah menjaga Lisan,perbuatan dan hati Aamiin Allahhumma Aamiin.

Posting Komentar untuk "JAGALAH LISAN UNTUK PERSIAPAN MASUK RAMADHAN"