Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

AMALANMU DIDUNIA ADALAH TEMANMU KELAK DIALAM KUBUR


 Alam pertama yang kita singgahi adalah alam ruh kemudian Allah pindahkan kita kealam rahim lantas Allah pindahkan lagi kealam dunia. yang mana pada hari ini kita semua berada didalamnya. Dialam rahim Allah perintahkan kepada malaikat untuk mencatat 4 hal:

1_Rizki kita

2_Amal perbuatan kita

3_Ajal kita

4_Adalah nasib kita ketika berusia 4 bulan dalam kandungan.

 Adapun diantara keempat hal tersebut yang pasti dan pasti menjadi sahabat kita dialam kubur adalah prilaku kita, atau kelakuan kita atau amal perbuatan kita selama berada dialam dunia, dan seandainya prilaku kita, amal perbuatan kita baik, ketika dialam dunia, maka sahabat kita juga dialam kubur nanti baik, karna dia adalah sahabat kita yang pasti ikut kealam kubur, namun seandainya prilaku kita, kelakuan kita,perbuatan kita buruk selama berada di alam dunia, maka sahabat kita yang akan menemani nanti adalah sahabat yang buruk rupa berbau busuk dan selalu merepotkan kita dialam kubur.

 Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

يَتْبَعُ الْمَيِّتَ ثَلاَثَةٌ ، فَيَرْجِعُ اثْنَانِ وَيَبْقَى مَعَهُ وَاحِدٌ ، يَتْبَعُهُ أَهْلُهُ وَمَالُهُ وَعَمَلُهُ  ، فَيَرْجِعُ أَهْلُهُ وَمَالُهُ ، وَيَبْقَى عَمَلُهُ

 Artinya:"Yang mengikuti mayit sampai ke kubur ada tiga, dua akan kembali dan satu tetap bersamanya di kubur. Yang mengikutinya adalah keluarga, harta dan amalnya. Yang kembali adalah keluarga dan hartanya. Sedangkan yang tetap bersamanya di kubur adalah amalnya:"(HR  Bukhari :6514; Muslim :2960).

 Mari kita tentukan mulai hari ini sahabat yang akan menemani kita dialam kubur, tetapi syarat menentukannya adalah dengan amal perbuatan kita selama hidup dan bukan dengan lisan dan hanya keinginan belaka.

 Diterangkan dalam sebuah hadits, bahwa amalan saleh akan datang kepada pemiliknya dalam wujud seorang laki-laki yang sangat tampan. Dengan mengenakan pakaian yang sangat indah dan aroma semerbak mewangi, lalu dia mengatakan:

فَيَقُولُ: أَبْشِرْ بِالَّذِي يَسُرُّكَ، هَذَا يَوْمُكَ الَّذِي كُنْتَ تُوعَدُ، فَيَقُولُ لَهُ: مَنْ أَنْتَ؟ فَوَجْهُكَ الْوَجْهُ يَجِيءُ بِالْخَيْرِ، فَيَقُولُ: أَنَا عَمَلُكَ الصَّالِحُ، فَيَقُولُ: رَبِّ أَقِمِ السَّاعَةَ حَتَّى أَرْجِعَ إِلَى أَهْلِي، وَمَالِي

 Artinya:"Bergembiralah dengan kesenangan yang kamu dapatkan. Inlah harimu yang dahulu dijanjikan kepadamu."Maka dia berkata (pemilik amalan), "Siapakah kamu? Seakan wajahmu adalah wajah orang yang datang membawa kebaikan."Kemudian pria itu berkata, "Aku adalah amalan salehmu." Lalu si pemilik amalan berkata, "Wahai Rabbku, tegakkanlah hari kiamat agar aku bisa kembali berjumpa dengan keluargaku dan hartaku:"(HR Ahmad :18534, shahih).

 Dan seandainya amal perbuatan kita berupa

Amal Buruk Maka dia akan Berwujud Lelaki yang buruk rupa, dan akan datang dalam rupa seorang yang sangat menjengkelkan kita,wajah yang buruk dengan pakaian yang buruk pula dan beraroma yang sangat bau. Masih di dalam hadits yang sama, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

فَيَقُولُ: أَبْشِرْ بِالَّذِي يَسُوءُكَ، هَذَا يَوْمُكَ الَّذِي كُنْتَ تُوعَدُ، فَيَقُولُ: مَنْ أَنْتَ؟ فَوَجْهُكَ الْوَجْهُ يَجِيءُ بِالشَّرِّ، فَيَقُولُ: أَنَا عَمَلُكَ الْخَبِيثُ، فَيَقُولُ: رَبِّ لَا تُقِمِ السَّاعَةَ 

 Artinya:"Rasakanlah kejelekan yang kamu dapatkan. Inilah harimu yang dulu dijanjikan kepadamu."Maka dia berkata (pemilik amalan), "Siapakah kamu? Seakan wajahmu adalah wajah orang yang datang membawa kejelekan." Kemudian dia berkata (amalan buruknya), "Aku adalah amalanmu yang jelek."Maka si pemilik amalan berkata, "Wahai Rabbku, jangan tegakkan hari kiamat:"(HR  Ahmad :18534, sahih).

 Boleh jadi selama ini kita gemar memperbanyak,sahabat kita didunia,namun boleh jadi juga kita sudah lupa siapa sahabat kita yang akan menemani dialam kubur,untuk itu jangan sampai nanti kita minta tunda kepada malaikat maut karna mau sadaqoh.

Allah SWT berfirman:

رَبِّ لَوْلَا أَخَّرْتَنِي إِلَى أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ

 Artinya:"Wahai Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematianku) sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah:"(QS Al Munafiqun :10).

 Shadaqoh hanyalah salah satu bentuk amal soleh yang akan kita bawa kealam kubur sebagai teman, yang mana pada waktu itu tiada seorangpun yang sanggub menemani.

Disinilah Allah telah memperingatkan kita semua,agar jangan sampai Kemewahan harta benda dunia, melalaikan kita,hingga lupa bersadaqoh dan lupa bahwa malaikat maut sudah sejak lama mengintai.

Allah SWT berfirman:

اَلْهٰىكُمُ التَّكَاثُرُۙ

حَتّٰى زُرْتُمُ الْمَقَابِرَ

كَلَّا سَوْفَ تَعْلَمُوْنَۙ

ثُمَّ كَلَّا سَوْفَ تَعْلَمُوْنَ

كَلَّا لَوْ تَعْلَمُوْنَ عِلْمَ الْيَقِيْنِۗ

لَتَرَوُنَّ الْجَحِيْمَۙ

ثُمَّ لَتَرَوُنَّهَا عَيْنَ الْيَقِيْنِۙ

ثُمَّ لَتُسْـَٔلُنَّ يَوْمَىِٕذٍ عَنِ النَّعِيْمِ

 "Tafsir ayat Bermegah-megahan telah melalaikan kamu,sampai kamu masuk ke dalam kubur.Sekali-kali tidak! Kelak kamu akan mengetahui (akibat perbuatanmu itu) kemudian sekali-kali tidak! Kelak kamu akan mengetahui. Sekali-kali tidak! Sekiranya kamu mengetahui dengan pasti, niscaya kamu benar-benar akan melihat neraka Jahim, kemudian kamu benar-benar akan melihatnya dengan mata kepala sendiri, kemudian kamu benar-benar akan ditanya pada hari itu tentang kenikmatan (yang megah di dunia itu).

Demikianlah apa yang telah kita pelajari bersama, Semoga bisa menjadi pelajaran kedepan agar kita semua mendapati sahabat yang menyenangkan ketika dialam kubur.

Aamiin ya robbal 'alamiin.

Posting Komentar untuk "AMALANMU DIDUNIA ADALAH TEMANMU KELAK DIALAM KUBUR"