Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SABAR ADALAH SEPARUH DARI IMAN

SABAR ADALAH SEPARUH DARI IMAN

Apa yang diajarkan oleh Islam tatkala menghadapi musibah? Ya, bersabar. Hal ini sering ditemui saat menyinggung tentang cobaan atau ujian hidup. Baik itu terkait masalah keluarga, atau interaksi sosial bersama orang lain. Atau, menderita suatu penyakit, mengalami kecelakaan serta kehilangan benda berharga,Sesungguhnya.

Allah Swt telah berfirman:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ مَعَ الصّٰبِرِيْنَ

 Artinya:"Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar:"(QS  Al-Baqarah :153).

Firman Allah yang telah kita baca di atas menegaskan kepada manusia bahwa hidup harus selalu diiringi dengan kesabaran dalam segala keadaan.

 Secara istilah, sabar adalah menahan diri dari segala bentuk kesulitan dan kesedihan atau menahan diri dalam menghadapi sesuatu yang tidak kita sukai.

 Dalam sebuah hadis, Rasulullah saw bersabda: "Sabar itu ada empat macam; sabar dalam menjalankan fardu, sabar dalam menghadapi musibah, sabar menghadapi gangguan manusia, dan sabar dalam kefakiran.

Sabar dalam menjalankan kewajiban (fardu) adalah taufik, sabar dalam menghadapi musibah berpahala, sabar dalam menghadapi gangguan manusia adalah cinta, dan sabar dalam kefakiran adalah ridha Allah taala."

Dijelaskan oleh Imam Nawawi dalam kitab Matan Tanqihul Qaul.

Dengan perincian

1. Sabar dalam menjalankan fardu

Terkadang, sesuatu yang diwajibkan bagi kita umat Islam bisa saja memberatkan seperti shalat, zakat, puasa begitu pula dengan haji.

Akan tetapi, meski terkadang terasa berat, kita umat muslim harus selalu bersabar dengan apa yang diwajibkan tersebut.

Nabi saw bersabda: "Sabar itu salah satu wasiat dari beberapa wasiat Allah ta'ala di bumi ini, barang siapa menjaganya maka dia selamat dan barang siapa menyia-nyiakannya maka dia celaka."

2. Sabar dalam menghadapi musibah

Tingkat sabar yang kedua ini pasti akan dihadapi setiap orang dan tentu berat bagi kita untuk melalui suatu musibah. Musibah ini bisa berupa bencana alam, kehilangan suatu benda, kecelakaan begitu pula dengan suatu wabah.

 Rasulullah bersabda: "Jika Allah mencintai seorang hamba maka dia akan mencobanya dengan cobaan yang tidak ada obatnya. Jika dia sabar maka Allah memilihnya dan jika dia ridha maka Allah menjadikannya pilihan."

3. Sabar dalam menghadapi gangguan manusia

Bisa jadi meski sesama manusia yang seharusnya hidup berdampingan, tetapi terkadang seseorang bisa saling membenci karena suatu hal. Oleh sebab itu, dalam situasi demikian kita perlu bersabar karena di baliknya ada ridha dari Allah taala.

Rasulullah saw bersabda, "Tidaklah seorang hamba menahan sesuatu yang lebih utama di sisi Allah selain menahan kemarahan karena mengharapkan ridha Allah ta'ala."

4. Sabar dalam kefakiran

Hampir semua orang pasti tidak menginginkan hidupnya dalam keadaan miskin apalagi fakir. Namun, jika sudah digariskan Allah, ada kalanya seseorang sudah berusaha semaksimal mungkin tetapi hasilnya tetap jauh dari harapannya.

Oleh sebab itu, jika kita sudah berusaha tapi hasilnya tetap dalam keadaan sulit, jika kita bisa melaluinya, niscaya pahala besar dari Allah bakal menantinya.

Nabi Muhammad saw bersabda, "Sabar sesaat itu lebih baik dari dunia seisinya."

Sedikit kita tambahkan

Bahwa sabar yang termasuk sabar 

Bukanlah sabar yang baru dilakukan setelah ke esokan harinya

Contoh dalam musibah kematian

Seorang bersabar ketika mengetahui musibah tersebut langsung mengucapkan Innalillahi wa Inna ilaihi riji'un

Dia pasrah kepada Allah

Ridho atas musibah tersebut

Kalau sudah ngenap satu hari 

Padahal hari pertama ketika dpt musibah dia meratap meraung tidak terima atas ketentuan Allah

Baru besoknya dia bisa bersabar

Ini tidak sesuai dengan sabar yg dimaksud 

Dalam sebuah penggalan hadits dikatakan:

إِنَّمَا الصَّبْرُ عِنْدَ الصَّدْمَةِ الْأُولَى

Sesungguhnya kesabaran yang hakiki adalah

Saat pukulan pertama (musibah itu terjadi pertama kali:"(HR Bukhari no.1203 dan Muslim, no.1535).

Sebagai kesimpulan

Sabar adalah separuh Iman

Sedangkan separuhnya lagi ada didalam syukur

Sabar ketika menerima benturan pertama

Dan yang cukup sulit

Adalah sabar dalam menahan Amarah.

Semoga kita semua

Dikaruniakan Allah

Sifat sabar

Aamiin ya robbal 'alamiin...

Posting Komentar untuk "SABAR ADALAH SEPARUH DARI IMAN"