Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PASTI ADA JALAN KELUARNYA SETIAP PROBLEMATIKA DALAM KEHIDUPAN

 PASTI ADA JALAN KELUARNYA SETIAP PROBLEMATIKA DALAM KEHIDUPAN

 Setiap manusia yang hidup dimuka bumi ini, pasti mengalami berbagai macam problematika kehidupan. Tidak ada satupun diantara manusia yang tidak mengalami persoalan didalam hidup ini. Allah SWT menciptakan manusia, memang sarat dengan yang namanya ujian dan cobaan hal ini tercantum dalam Al Qur'an.

Allah SWT berfirman:

لَقَدۡ خَلَقۡنَا ٱلۡإِنسَـٰنَ فِی كَبَدٍ

 Artinya:"sungguh manusia diciptakan oleh Allah  berada dalam kesulitan:"(QS Al-Balad :4).

 Maka, orang-orang yang beriman memiliki cara lain dalam memandang dan menghadapi setiap kesulitan yang ada didalam hidup ini. 

Manusia yang diuji oleh Allah dengan kekurangan harta, dengan kekayaan dan yang menyenangkan,tetapi ada yang diuji dengan yang tidak menyenangkan.

 Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَنَبۡلُوكُم بِٱلشَّرِّ وَٱلۡخَیۡرِ فِتۡنَةࣰۖ

 Artinya:"Dan kami akan menguji kalian dengan sesutau yang buruk dan sesuatu yang menyenangkan sebagai ujian bagi kalian:"(QS Al-Anbiya’ :35).

 Allah sendiri, didalam Al qur’an telah mengingatkan kita dengan firmanya:

وَلَنَبۡلُوَنَّكُم بِشَیۡءࣲ مِّنَ ٱلۡخَوۡفِ وَٱلۡجُوعِ وَنَقۡصࣲ مِّنَ ٱلۡأَمۡوَ ٰ⁠لِ وَٱلۡأَنفُسِ وَٱلثَّمَرَ ٰ⁠تِۗ وَبَشِّرِ ٱلصَّـٰبِرِینَ

 Artinya:"Dan sungguh kami akan menguji kalian dengan sedikit rasa takut dan lapar. Dan kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang bersabar:"(QS Al-Baqarah :155).

 Hari ini, ditengah kehidupan moderen. Kita mendapati orang-orang yang putus asa karena menghadapi berbagai problematika kehidupan. Ada seorang yang bunuh diri hanya karena suaminya bermasalah. Atau sebaliknya. Bahkan ada yang membunuh putra-putrinya, yang berujung dengan bunuh diri, gara-gara khawatir tentang masa depan mereka. Khawatir dengan makan mereka. Khawatir dengan rezki mereka. Ada yang sampai mengakhiri kehidupannya hanya karena permasalahan yang kecil.

 Kenapa semua itu terjadi? Karena kosongnya iman dan lemahnya iman.

 Adapun orang-orang yang beriman dalam menghadapi berbagai permasalahan hidup, yang pasti akan didapatkan oleh orang yang beriman itu selama hidup didunia, maka tidak pernah kita yang namanya beristrahat dari berbagai macam persoalan. Orang yang beriman, diberikan oleh Allah jalan. 

 Pertama, dengan merasa optimis. Orang yang beriman selalu optimis. Ketika dia miskin, dia tetap beriman dalam keadaan kemiskinannya. Dan dia punya harapan, bahwa kedepan akan lebih baik. Dia tidak putus asa. Dia tidak pernah berburuk sangka kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Bahkan dia menjalani apa yang dia hadapi saat itu dengan sebaik-baiknya sebagai orang yang beriman.

 Kita punya optimisme. Berbeda denga orang-orang yang kurang keimanannya. Apalagi orang-orang yang memang tidak punya iman, tidak punya sandaran kepada Allah. Orang yang beriman memiliki sandaran yang kuat.

 Alloh SWT berfirman:

وَتَوَكَّلۡ عَلَى ٱلۡحَیِّ ٱلَّذِی لَا یَمُوتُ

 Artinya:"Dan bertawakkallah keepada Allah yang selalu hidup dan tidak akan pernah mati:"(QS Al-Furqan :58).

Dan dalam firman yang lainya:

ٱللَّهُ لَاۤ إِلَـٰهَ إِلَّا هُوَۚ وَعَلَى ٱللَّهِ فَلۡیَتَوَكَّلِ ٱلۡمُؤۡمِنُونَ

 Artinya:"(Dialah) Allah, tidak ada Tuhan, (yang berhak disembah) selain Dia. Dan kepada Allah lah hendaknya orang-orang yang beiman itu bertawakkal:"(QS At-Taghabun :13).

 Orang yang beriman memiliki keyakinan bahwa setelah kesulitan pasti ada kemudahan.

 Seperti yg di firmankanya:

فَإِنَّ مَعَ ٱلۡعُسۡرِ یُسۡرًا(5),إِنَّ مَعَ ٱلۡعُسۡرِ یُسۡرࣰا(6)

 Artinya:"Maka sesungguhnya beserta kesulitan ada kemudahan,(5) Sesungguhnya beserta kesulitan itu ada kemudahan.(6):"(QS  Alam Nasroh :5-6).

 Dalam skala pribadi, dalam skala keluarga, dalam skala negara, dalam skala ummat, Islam mengajarkan kepada kita untuk selalu optimis dalam keadaan apapun. Dan tidak boleh putus asa, seberat apapun itu masalahnya. Baik yang dihadapi dalam skala pribadi, dalam keluarga, dalam masyarakat. Bahkan dalam skala ummat, dalam kondisi apapun kita tidak boleh putus asa. Karena sejarah telah membuktikan, bagaimana Allah SWT menolong orang-orang yang beriman, menolong para Nabi dan rasul serta orang-orang yang beriman didalam keadaan yang sangat sulit. Justru keyakinan orang yang beriman ketika dia menghadapi problem yang sudah semakin berat, berarti kemudahan itu semakin dekat. Ketika malam sudah sangat gelap gulita, berarti fajar akan segera datang.

Itulah keyakinan, yang diyakini orang-orang yang beriman.

Posting Komentar untuk "PASTI ADA JALAN KELUARNYA SETIAP PROBLEMATIKA DALAM KEHIDUPAN"