Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KISAH KEUTAMAANYA ROSULULLOH

KISAH KEUTAMAANYA ROSULULLOH

 Pada hari yang utama dan dibulan ini,bulan dimana seorang manusia yang paling Agung dilahirkan kedunia dalam keadaan Yatim. ditengah tengah tengan kegelapan zaman, hingga ketika beliau diutus menjadi Rasul maka zaman kegelapan berubah menjadi zaman terang benderang, dan nikmat terbesar yang kita terima Adalah Islam ,Islam telah merubah diri manusia  dari kegelapan menjadi terang benderang, inilah kita dianjurkan agar bergembira atas kelahiran Baginda nabi besar Muhammad salallahu alaihiwas salam,karna beliaulah pembawa Islam yang sampai hari ini,Islam masih memenuhi segala sendi sendi kehidupan kita. 

Allah berfirman dalam Al Qur'an Surat Ali Imran:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

Artinya:"Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepadaNya dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan beragama Islam:"(QS Ali Iron :102).

 Pada hari ini kita akan mengenal beberapa keutamaan yang dimiliki oleh Rasulullah salallahu 'alaihi wassalam dan diantara sebagian keutama'an tersebut adalah:

1. KEUTAMAAN RASULULLAH DIANTARA PARA NABI NABI YANG LAIN, 

Dalam sebuah hadits disebutkan:

عن أبي هريرة رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال:  فُضِّلْتُ عَلَى الْأَنْبِيَاءِ بِسِتٍّ أُعْطِيتُ جَوَامِعَ الْكَلِمِ وَنُصِرْتُ بِالرُّعْبِ وَأُحِلَّتْ لِيَ الْغَنَائِمُ وَجُعِلَتْ لِيَ الْأَرْضُ طَهُورًا وَ مَسْجِدًا  وَأُرْسِلْتُ إِلَى الْخَلْقِ كَافَّةً وَخُتِمَ بِيَ النَّبِيُّونَ

 Artinya:"Dari Abu Hurairah radhiyallahu `anhu bahwa rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,” Aku diberi kelebihan dari Nabi yang lain dengan enam hal: Aku diberi jawami’ul kalim (kata-kata yang padat makna) , Aku diberi kemenangan dengan rasa takut para musuh, harta rampasan perang dihalalkan untukku, permukaan bumi bisa digunakan sebagai alat bersuci dan tempat shalat, Aku diutus kepada seluruh umat manusia dan Aku penutup para nabi:"(HR  Muslim).

Sementara riwayat lainnya mengatakan:

عن أبي هريرة رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: ( مَثَلِي وَمَثَلُ الْأَنْبِيَاءِ مِنْ قَبْلِي كَمَثَلِ رَجُلٍ بَنَى بُنْيَانًا فَأَحْسَنَهُ وَأَجْمَلَهُ إِلَّا مَوْضِعَ لَبِنَةٍ مِنْ زَاوِيَةٍ مِنْ زَوَايَاهُ فَجَعَلَ النَّاسُ يَطُوفُونَ بِهِ وَيَعْجَبُونَ لَهُ وَيَقُولُونَ هَلَّا وُضِعَتْ هَذِهِ اللَّبِنَةُ قَالَ فَأَنَا اللَّبِنَةُ وَأَنَا خَاتَمُ النَّبِيِّينَ ) متفق عليه

 Artinya:"Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda," perumpamaanku dan perumpamaan para nabi sebelumku bagai seseorang yang membangun bangunan, dimana dia mebangunnya dengan indah dan bagus, tinggal lagi satu batu yang belum terpasang di salah satu sudutnya, orang-orang mengitari bangunan tersebut menikmati keindahannya, mereka berkata," Duhai andai saja satu batu ini dipasang ! akulah batu tersebut dan aku penutup para Nabi:"(Muttafaq 'alaih).

2.KEUTAMAAN 

Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dari segala Makhluk.

Dikatakan dalam sebuah hadits:

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ( أَنَا سَيِّدُ وَلَدِ آدَمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَأَوَّلُ مَنْ يَنْشَقُّ عَنْهُ الْقَبْرُ وَأَوَّلُ شَافِعٍ وَأَوَّلُ مُشَفَّعٍ ) أخرجه مسلم

 Artinya:"Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda," Aku adalah pimpinan anak-cucu Adam di hari kiamat nanti, Aku orang yang pertama dibangkitkan dari kubur, Aku orang yang pertama memberi syafa’at dan Aku orang yang pertama diberi syafa’at:"(HR Muslim).

3.KEUTAMA'AN NASAB Nabi shallallahu 'alaihi wasallam.

Dikatakan dalam sebuah hadits:

عن واثلة بن الأسقع رضي الله عنه قال : سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَقُولُ ‏ “‏ إِنَّ اللَّهَ اصْطَفَى كِنَانَةَ مِنْ وَلَدِ إِسْمَاعِيلَ وَاصْطَفَى قُرَيْشًا مِنْ كِنَانَةَ وَاصْطَفَى مِنْ قُرَيْشٍ بَنِي هَاشِمٍ وَاصْطَفَانِي مِنْ بَنِي هَاشِمٍ – أخرجه مسلم

 Artinya:"Dari Watsilah bin Al Asqa’ radhiyallahu 'anhu , ia berkata," aku mendengar Nabi shallallahu `alaihi wasallam berkata,” sesungguhnya Allah memilih Kinanah dari keturunan Nabi Ismail, dan memilih Quraisy dari Kinanah, dan memilih Bani Hasyim dari Quraisy, dan memilihku dari Bani Hasyim:"(HR Muslim).

4.KEUTAMAAN MU'ZIZAT NABI SALALLAHU ALAIHIWAS SALAM

beliau bersabda:

مَا مِنْ الْأَنْبِيَاءِ نَبِيٌّ إِلَّا أُعْطِيَ مِنْ الْآيَاتِ مَا مِثْلُهُ أُومِنَ أَوْ آمَنَ عَلَيْهِ الْبَشَرُ وَإِنَّمَا كَانَ الَّذِي أُوتِيتُ وَحْيًا أَوْحَاهُ اللَّهُ إِلَيَّ فَأَرْجُو أَنِّي أَكْثَرُهُمْ تَابِعًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ

 Artinya:"Dia diberi beberapa mukjizat yang tak bisa diserupai oleh apapun sehingga manusia mengimaninya atau dengan redaksi 'sehingga manusia dijadikan beriman', namun yang diberikan kepadaku hanyalah berupa wahyu yang Allah wahyukan kepadaku, maka aku berharap menjadi manusia yang paling banyak pengikutnya di hari kiamat:"(HR  Bukhari). 

 Sungguh Alquran merupakan mukjizat terbesar, yang menjadi bukti abadi pada zamannya, setelahnya, hingga hari kebangkitan. Ini merupakan kitab yang tidak ada habisnya, keajaibannya, dan manfaatnya tidak akan berakhir. Kitab suci yang dipelihara Allah SWT dari perubahan dan distorsi.

Demikianlah sebagian keutama'an yang dimiliki Rasulullah salllallahu alaihi wassalam,dan masih banyak lagi keutamaan keutamaan yang lainnya yang dimiliki beliau,disamping mu'zizat membelah bulan,

Keutamaan Bersolawat kepadanya, keutamaan nama dan lain lainnya.

Semoga momen Dibulan Maulid ini, bisa menjadikan kita lebih mencintai beliau lagi dalam bentuk pembuktian cinta yang sesungguhnya yaitu :

Menghidupkan Sunnah Sunnah beliau dalam kehidupan sehari hari.

Aamiin Allahumma Aamiin

Posting Komentar untuk "KISAH KEUTAMAANYA ROSULULLOH"