Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KEBERKAHAN DI WAKTU FAJAR

KEBERKAHAN DI WAKTU FAJAR

 Islam selalu memberikan petunjuk yang baik bagi umatnya, termasuk mengenai waktu bangun pagi, Islam menganjurkan untuk bangun pagi secara rutin, karena disini ada kewajiban bagi umat muslim yaitu sholat subuh.

 Tahukah kalian bahwa shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat) sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Surat Al Isra ayat 78:

أَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَ لِدُلُوكِ ٱلشَّمۡسِ إِلَىٰ غَسَقِ ٱلَّيۡلِ وَقُرۡءَانَ ٱلۡفَجۡرِۖ إِنَّ قُرۡءَانَ ٱلۡفَجۡرِ كَانَ مَشۡهُودا

 Artinya:"Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sungguh shalat subuh itu disaksikan oleh malaikat:"(QS Al Isra 78).

 Pada ayat di atas, Allah menjelaskan perintah shalat lima waktu, dan secara khusus menyebut keistimewaan shalat fajar atau shalat subuh, bahwa pada saat itu, doa semua orang yang melaksanakannya diamini para malaikat yang bertugas secara bergantian siang dan malam, dan melaporkan kebaikan mereka kepada Allah SWT. Nabi Muhammad saw bersabda:

وَتَجْتَمِعُ مَلَائِكَةُ اللَّيْلِ وَمَلَائِكَةُ النَّهَارِ فِى صَلَاةِ الصُّبْحِ

 Artinya:"Malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada saat shalat shubuh itu:"(HR  Bukhari dari Abu Hurairah r.a).

 Akan lebih baik, jika kita bangun sebelum subuh, sebab pada saat itu kita tidak hanya mendapat doa dan apresiasi malaikat, tapi juga menambah kesehatan dan kecerdasan. Otak bekerja lebih baik dan mudah untuk mengingat sesuatu pada tengah malam sampai pagi hari. Allah SWT berfirman:

اِنَّ نَا شِئَةَ الَّيْلِ هِيَ اَشَدُّ وَطْـاً وَّاَقْوَمُ قِيْلًا 

 Artinya:"Sungguh, bangun malam itu lebih kuat (untuk mengisi jiwa) dan (bacaan di waktu itu) lebih berkesan:"(QS  Al Muzzammil :6).

 Udara yang bersih dan kaya oksigen saat itu dapat mengoptimalkan metabolisme tubuh, mengurangi resiko serangan jantung, dan mencegah kerusakan paru-paru. Nabi saw berdoa:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا

 Artinya:"Wahai Allah, berkahilah umatku pada pagi hari mereka".

 Orang yang bangun terlambat agak siang berarti kehilangan jatah udara bersih dan jatah doa dari Nabi saw.

 Dahsyatnya waktu fajar, menjelang subuh, sampai Allah menamakan salah satu surah al-Quran dgn nama Al-Fajr. Allah bersumpah dengan waktu tersebut. Walfajr.

Banyak sekali diantara kita mengejar materi dunia yang tak seberapa dengan susah payah, dengan keletihan dan kesulitan yang besar. Tapi sering kita abaikan waktu fajar yang diberkahi dan disaksikan oleh para malaikat itu. Ibadah sholat yg hanya 2 rokaat itu ternyata lebih berat dari langkah kaki dan kendaraan bermotor kita yang melaju memburu materi.

Bahkan , banyak diantara kita yg tega membiarkan anak-anak yg sudah akil balig dan dewasa tidak sholat. Tidak mengerjakan kewajiban fardu ain mereka. Kita biarkan mereka tertidur hingga subuh berlalu. Mereka dibangunkan dan orang tuanya risau ketika anak2 mereka terlambat ke sekolah. Dua-duanya penting. Tapi, sholat adalah urusan keselamtan dunia akhirat.

 Keistimewaan mereka yang subuh jamaah di masjid banyak sekali. Diantara fadilah yang Allah berikan adalah:

مَنْ صَلَّى الْعِشَاءَ فِي جَمَاعَةٍ فَكَأَنَّمَا قَامَ نِصْفَ اللَّيْلِ وَمَنْ صَلَّى الصُّبْحَ فِي جَمَاعَةٍ فَكَأَنَّمَا صَلَّى اللَّيْلَ كُلَّهُ

 Artinya:"Barangsiapa yang shalat isya` berjama’ah maka seolah-olah dia telah shalat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat shubuh berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya:"(HR Muslim :656).

 Ketika bangun tidur, minumlah dengan posisi duduk segelas air putih sedikit demi sedikit sebelum sikat gigi untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang sewaktu tidur. Sebab, selama tidur, aktivitas tubuh kita sejatinya tidak berhenti. Bacalah basmalah sebelum minum, dan hamdalah setelah minum. Lakukan yang sama untuk tegukan kedua dan ketiga. Minum dengan sekali tegukan dapat merusak liver dan ginjal. Nabi saw selalu minum segelas air dengan tiga kali tegukan:"(HR Muslim dari Anas bin Malik r.a). 

 Dengan cara itu, maka selama masih ada air yang tersisa dalam tubuh, kita akan dijauhkan dari perbuatan dosa. Demikian menurut Syekh Mutawalli As Syarawi ketika menjelaskan tafsir Al Quran Surat Al Baqarah ayat 152:

فَٱذۡكُرُونِيٓ أَذۡكُرۡكُمۡ وَٱشۡكُرُواْ لِي وَلَا تَكۡفُرُونِ

 Artinya:"Maka, ingatlah Aku, niscaya Aku akan mengingatmu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.”

Pergilah ke masjid untuk shalat subuh dengan berjalan kaki atau bersepeda, sambil menghirup udara segar. Bacalah shalawat nabi, “Allahumma shalli wasallim ‘ala sayyidina Muhammad wa ‘ala ali sayyidina Muhammad".

 Ketika masuk dan keluar masjid dengan memohon ampunan dan dibukanya semua pintu rahmat Allah “Allahummaftah li abwaba rahmatik”.

Setelah itu sholatlah sunnah fajar atau qabliyah Subuh. Shalat ini jangan sampai terlewatkan. Ia termasuk kategori shalat sunnah yang muakkadah, yang Rasulullah saw tidak pernah meninggalkannya.

Sebagaimana sabda beliau :

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا

 Artinya:"Dua rakaat shalat sunnah Fajar lebih baik dari pada dunia beserta segala isinya:"(HR Ahmad dan Tirmidzi).

 Mudah-mudahan kita semua termasuk orang yang diberikan taufik dan hidayah untuk dapat menghidupkan waktu subuh dengan ibadah-ibadah kita kepada Allah SWT…

Aamiin

Posting Komentar untuk "KEBERKAHAN DI WAKTU FAJAR"