Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

AMALAN DAN KEUTAMAAN BULAN RAJAB

AMALAN DAN KEUTAMAAN BULAN RAJAB

 Sesunguhnya pada bulan ini banyak keutamaan yg bisa kita raih untuk bisa mendapatkan nya.
Diantara keutamaan keutamaan tersebut adalah:

1. Berpuasa

Berpuasa pada bulan rajab adalah amalan yang paling baik. Rasulallah saw selalu berpuasa di bulan rajab ini. Diriwayatkan dalam hadis sohih bahwa Rasulallah saw berpuasa di Bulan Rajab.

حدثنا عثمان ابن حكيم الانصاري قال سالت سعيد ابن جبير عن صوم رجب نحن يومێذ في رجب فقال سمعت ابن عباس رضي الله عنهما يقولان كان رسول الله صلى الله عليه واله وسلم يصوم حتى نقول لا يفطر ويفطر حتى نقول لا يصوم

 Artinya:"Telah menceritakan kepada kami ‘Utsman ibn Hakim al-Anshari berkata, aku bertanya kepada Sa’id ibn Jubair tentang puasa rajab, padahal pada waktu itu di bulan rajab, dia menjawab, aku pernah mendengar Ibnu Abbas berkata, Rasulullah saw berpuasa (rajab) terus hingga kami berkata, beliau tidak berbuka, dan (pada waktu yang lain) beliau berbuka hingga kami berkata, nabi tidak puasa:"(HR Muslim).

Hadis ini secara eksplisit menjelaskan bahwa nabi Muhammad saw sering puasa terus menerus di bulan rajab, hingga para sahabat mengira bahwa nabi Muhammad saw tidak pernah berbuka, namun kadang Nabi Muhammad saw tidak berpuasa hingga para sahabat mengira nabi tidak berpuasa di Bulan Rajab.

Adanya beberapa riwayat yang dhoif dan maudhu’ tentang keutamaan puasa rajab bukan berarti puasa sunnah di bulan rajab tidak ada. "Puasa rajab sangat dianjurkan oleh Rasulallah saw walau hanya beberapa hari saja."

2. Istigfar

Bulan rajab adalah bulan permohonan ampun kepada Allah Ta’ala. Bulan rajab disebut “syahr al-istigfar”, maka perbanyaklah istigfar di bulan ini. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Rajab artinya ‘mencurahkan,’ karena pada bulan rajab, Allah Ta’ala mencurahkan rahmat-nya kepada umat-nya. Setiap manusia mempunyai salah dan khilaf, maka perbanyaklah memohon ampun di bulan ini.

Al-Suyuthi dalam tafsirnya berkata; dalam menafsirkan surat al Tawbah/9: 36. “Maka Janganlah pada bulan haram berbuat zalim terhadap dirimu sendiri”, maksudnya adalah sesungguhnya berbuat zalim pada bulan haram merupakan kesalahan yang besar dan lebih berat dosanya daripada di bulan lain.

Diriwayatkan oleh Ibn Abi Hatim dari ibn Zaid, firman Allah Ta’ala, “janganlah kalian berbuat zalim terhadap diri sendiri di bulan haram,” maksudnya adalah perbuatan maksiat dan meninggalkan ketaatan.
Pada bulan haram, termasuk bulan rajab.

Allah Ta’ala mengajak kaum muslimin untuk memperbanyak “istigfar” atas dosa dan khilaf yang pernah dilakukannya pada masa lalu. Allah Ta’ala memerintahkan agar menghentikan perbuatan zalim terhadap diri sendiri dan orang lain.

3. Bersedekah

Salah satu jalan yang ditempuh oleh orang2 soleh untuk mencapai kemuliaan adalah bersedekah. Namun yang paling utama adalah memilih waktu yang mulia untuk bersedekah. Dan salah satu bulan yang mulia untuk memperbanyak amal soleh termasuk bersedekah di bulan Rajab.

قال النبي صلى الله عليه وسلم : من تصدق في رجب باعده الله من النار كمقدار غراب طار فرخا حتى مات هرما

 Artinya:"Nabi Muhammad saw bersabda, siapa yang sedekah di bulan Rajab maka Allah Ta’ala menjauhkan dirinya dari neraka sejauh jarak terbang seekor burung elang yang terbang dari kecil hingga mati."

قال النبي صلى الله عليه وسلم : من فرج عن مؤمن كربة في رجب أعطاه الله في الفردوس قصرا مد بصره

 Artinya:"Nabi Muhammad saw bersabda, siapa yang melapangkan kesulitan seorang mukmin di bulan Rajab, maka Allah Ta’ala akan memberikan istana di surga Firdaus seluas pandangan matanya."

Hadirnya bulan rajab yang menyapa hamba merupakan isyarat dan kesempatan agar setiap hamba meningkatkan seluruh amalnya termasuk di dalamnya bersedekah.

Bersedekah banyak keutamaannya:

_Pertama, bersedekah dapat memadamkan murka Allah Ta’ala.

_Kedua, bersedekah dapat menolak bala.

_Ketiga, bersedekah dapat memperlancar dan memperbanyak rizki.

_Kempat, bersedekah akan memperpanjang umur.

_Kelima, bersedekah akan memberikan keberkahan hidup di dunia dan akhirat.

4. Zikir dan berdoa
 
"Doa dan zikir” adalah amalan yang mulia. Perbedaan orang yang mati dan yang hidup adalah terletak pada zikirnya. Bulan rajab yang penuh dengan kemuliaan hendaknya diisi dengan zikir dan berdoa.
Zikir dan doa yang dilakukan di bulan rajab adalah;

Membaca doa ini saat memasuki Bulan Rajab.

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَـعْبَانَ وَبَلِّـغْنَا رَمَضَانَ

 Artinya:"Ya Allah berkahilah kami di bulan rajab dan sya’ban, dan sampaikan kami hingga bulan ramadhan."

Kemudian diutamakan kita Memperbanyak selawat:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

 Artinya:"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya:"(QS  Al-Ahzab/33:56).

Selanjutnya dianjaurkan untuk Membaca doa:

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَارْحَمْنِيْ وَتُبْ عَلَيَّ

اَسْـتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ الَّذِي لآ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ، تَوْبَةَ عَبْدٍ ظَالِمٍ لاَ يَمْلِكُ لِنَفْسِهِ ضَرًّا وَلاَ نَفْعًا وَلاَ مَوْتًا وَلاَ حَيَاةً وَلاَ نُشُوْرًا

سُـبْحَان الله الْحَيِّ الْقَيُّوْمِ

 Wallohu 'alam bisshowab.

Posting Komentar untuk "AMALAN DAN KEUTAMAAN BULAN RAJAB"