Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PINTU RAHASIA CARA SETAN MENGGODA

PINTU RAHASIA CARA SETAN MENGGODA

 Sesungguhnya Allah telah memberitahukan kepada kita semua melalui lisan Nabinya. Dikatan dalam berbagai hadits tentang pintu pintu rahasia setan dalam menggoda umat manusia di antara kerjaan setan dalam menggoda umat manusia di antaranya:

1.MIMPI BURUK

Dalam sebuah hadits telah dikatakan

عن أبي قتادة رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : «الرُّؤْيَا الصَّالِحَةُ -وفي رواية: الرُّؤْيَا الحَسَنَةُ- من الله، والحُلُمُ من الشيطان، فمن رأى شيئًا يَكْرَهُهُ فَلْيَنْفُثْ عن شماله ثلاثا، وَلْيَتَعَوَّذْ من الشيطان؛ فإنها لا تضره». وعن جابر رضي الله عنه عن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: «إذا رأى أحدكم الرُّؤْيَا يَكْرَهُهَا، فَلْيَبْصُقْ عن يساره ثلاثا، ولْيَسْتَعِذْ بالله من الشيطان ثلاثا، ولْيَتَحَوَّلْ عن جَنْبِه الذي كان عليه».[صحيح] - [حديث أبي قتادة: متفق عليه. حديث جابر: رواه مسلم]

 Artinya:"Dari Abu Qatadah radiyallahu 'anhu, ia berkata, Rasulullah shallallohu 'alaihi wasallam bersabda, "Mimpi baik itu, dalam riwayat lain di katakan mimpi indah itu datangnya dari Allah dan mimpi buruk itu dari setan. Siapa bermimpi tentang sesuatu yang ia benci, hendaklah ia meludah ke sebelah kirinya tiga kali dan berlindung dari setan; sesungguhnya hal tersebut tidak akan membahayakannya." Dari Jabir radhiyallohu 'anhu dari Rasulullah shallallohu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, "Jika salah seorang di antara kalian bermimpi sesuatu yang ia benci, hendaklah ia meludah ke sebelah kirinya tiga kali dan berlindung kepada Allah dari setan tiga kali, dan hendaklah ia mengubah posisi tidurnya:"(HR  Muslim).

 Seandainya mimpi buruk itu menimpa kita, maka jangan pernah diceritakan kepada siapapun, cukup baca ta'awudz atau berdoa berlindung kepada Allah dan meludah kekiri tiga kali maka akan terhindar dari apa apa yang ada di mimpi jeleknya .

2. MENGUAP

 Dalam sebuah hadis dikatakan, beliau Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

التَّثَاؤُبُ مِنَ الشَّيْطَانِ، فَإِذَا تَثَاءَبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَرُدَّهُ مَا اسْتَطَاعَ

 Artinya:“Menguap itu dari setan, jika seorang menguap hendaklah dia tahan semampunya:"(HR  Bukhari :3289, dan Muslim :7682).

 Dalam riwayat lain dikatakan “Menguap itu dari setan. Maka bila seseorang dari kalian menguap hendaklah sedapat mungkin ditahannya karena bila seseorang dari kalian menguap dengan mengeluarkan suara haa, setan akan tertawa:"(HR  Bukhari, Al-JAmi' Al-Sahih).

 Jika seorang menguap maka hendaklah dia menahannya, atau kalau tidak bisa hendaklah menutup mulutnya dengan tangannya, Dalam sebuah hadits dikatakan

 Jika seseorang di antara kalian menguap, hendaklah ia menempelkan tangan pada mulutnya, karena sesungguhnya setan akan masuk:"(HR Muslim :2995).

3. TERGESA GESA

 Dalam hal tergesa gesa atau terburu buru ,telah disabdakan oleh Rosulullah shalallahu 'alaihi wasallam, Dari Anas.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

التَّأَنيِّ مِنَ اللهِ وَ العُجْلَةُ مِنَ الشَّيْطَانِ

 Artinya:“Sifat perlahan-lahan (sabar) berasal dari Allah. Sedangkan sifat ingin tergesa-gesa itu berasal dari setan:"(HR Abu Ya’la dalam musnadnya dan Baihaqi dalam Sunanul Qubro Hadits Hasan).

 Sungguh hampir tiada kebaikan didalam ketergesa'an 

Karna sifat ini berasal dari setan. Sebaiknya mulai saat ini hindari dari ketergesa'an atau buru buru kepingin cepet rampung dalam hal sedang berbuat baik.

4. WAS WAS

 Was was adalah bisikan jiwa dan setan yang tidak mengandung manfaat dan kebajikan, Sebagai contoh.

 Ibnu al-Jauzi berkata syaitan menjalankan tipu daya pada manusia ketika sholat, diantaranya dengan cara mengganggu seseorang ketika sedang berniat untuk sholat. Sebahagian mereka melafazkan usolli. kemudian lalu mengulanginya kerana menyangka niatnya adalah batal sedangkan niatnya aslinya tidak batal. Sebahagian yang lain mengangkat takbir kemudian membatalkan lalu mengulang-ulanginya kesemula, maka apabila imam rukuk barulah orang yang was-was itu mengangkat takbir lalu rukuk bersama imam. Hal ini tidaklah melainkan kerana iblis mau menghilangkan kelebihan (fadilah takbir bersama imam) bagi orang yang was-was tersebut:"(Talbis Iblis, hal :169).

 Telah dikatakan dalam sebuah hadits

Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wasallam bersabda :

 Yang artinya:"(was-was) Itu adalah pekerjaan setan yang dinamakan Khinzib. Apabila engkau merasakannya maka berlindunglah kepada Alloh (ta’awudz) darinya dan tiuplah ke sebelah kirimu sebanyak tiga kali:"(HR Muslim).

5. MARAH

 Dalam sebuah hadits telah dikatakan.

Rosululloh shollallohu 'alaihi wasallam bersabda:

إِنَّ الْغَضَبَ مِنْ الشَّيْطَانِ وَإِنَّ الشَّيْطَانَ خُلِقَ مِنْ النَّارِ وَإِنَّمَا تُطْفَأُ النَّارُ بِالْمَاءِ فَإِذَا غَضِبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَتَوَضَّأْ

 Artinya:"Sesungguhnya amarah itu dari setan dan setan diciptakan dari api. Api akan padam dengan air. Apabila salah seorang dari kalian marah, hendaknya berwudhu:"(HR Ahmad).

 Sungguh seseorang jika sudah mulai marah marah maka dia akan berani

- Memfitnah

- Mencaci

- Menghina

- Memukul bahkan dia berani

- Membunuh 

Inilah dampak negatif dari Marah marah, sehingga Rosulullah salallahu alaihi wasalam bersabda:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم، قال: "لَيْسَ الشَّدِيدُ بِالصُّرُعة، وَلَكِنَّ الشَّدِيدَ الَّذِي يَمْلِكُ نَفْسَهُ عِنْدَ الْغَضَبِ"

 Artinya:"Dari Abu Hurairah RA, dari Nabi Saw. yang telah bersabda: Orang yang kuat itu bukanlah karena jago gulat, tetapi orang kuat ialah orang yang dapat menahan dirinya di kala sedang marah:"(HR Bukhari dan Muslim).

Dalam riwayat lain dikatan dari Abu Hurairah RA.

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَجُلًا قَالَ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : أَوْصِنِيْ ، قَالَ :( لَا تَغْضَبْ ). فَرَدَّدَ مِرَارًا ؛ قَالَ : ( لَا تَغْضَبْ ). رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ

 Artinya:"Dari Abu Hurairah RA bahwa ada seorang laki-laki berkata kepada Nabi SAW, "Berilah wasiat kepadaku." Sabda Nabi SAW: "Janganlah engkau mudah marah." Maka diulanginya permintaan itu beberapa kali. Sabda beliau, "Janganlah engkau mudah marah:"(HR  Bukhari).

Sesungguhnya Allah azawajalla telah berfirman:

قَالَ فَبِعِزَّتِكَ لَأُغْوِيَنَّهُمْ أَجْمَعِينَ. إِلَّا عِبَادَكَ مِنْهُمُ ٱلْمُخْلَصِينَ

 Artinya:"Iblis (setan) menjawab, "Demi kekuasaan Engkau, aku akan menyesatkan mereka semuanya, kecuali hamba-hambamu yang mukhlis di antara mereka:"(QS Shad :82-83).

 Jadilah hamba hamba Allah yang Ikhlas agar setan tak sanggup menjerumuskan kita semua.

 Kesimpulan yang dapat kita tanamkan pada diri kita semua untuk bisa terhindar dari pintu-pintu rahasia setan adalah:

1. Jika terjadi mimpi buruk pada diri kita, langsung ingat Allah, meludah kekiri tiga kali dengan membaca A'udzubillahi minas syaitonurrojim, dan jangan pernah diceritakan pada siapapun.

2. Kalau kita menguap buru buru tahan atau tutup mulut kita pakai tangan,jangan sampai mulut kita jadi pintu masuk setan.

3. Ingat tidak ada kebaikan dalam tergesa gesa atau terburu-buru pingin cepet selesai ketika kita dalam pekerjaan yang baik (beribadah kepada Alloh) maka ketika itu terjadi pada diri kita hindarilah.

4.Jika was was datang apa lagi didalam sholat maka ambil yang mendekati, jika merasa kurang atau ada yang salah dalam satu rukun tambahlah satu roka'at kemudian sujud syahwi.

5.Jika hati mulai kesal ,benci,emosi ,bersegeralah Baca ta'awudz atau berdoa minta perlindungan kepada Allah, jika sedang berdiri duduklah agar reda amarah kita.

Semoga Allah memberikan kita kemampuan dan kesabaran agar bisa terhindar dari tipu data setan yang sesat dan menyesatkan. Aamiin Allahhumma Aamiin.

Posting Komentar untuk "PINTU RAHASIA CARA SETAN MENGGODA"