Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KISAH MISTIS DAN MISTERI GUNUNG PRAU JAWA TENGAH

 KISAH MISTIS DAN MISTERI GUNUNG PRAU JAWA TENGAH

 Mitos dan misteri Gunung Prau sepertinya belum banyak diketahui para pendaki. Gunung Prau sebagai salah satu gunung yang berada di kawasan daratan tinggi Dieng.

Daratan tinggi ini sebagai batas diantara empat kabupaten, yakni Kabupaten Tangkai, Kendal, Temanggung dan Wonosobo.

Gunung Prau berada di ketinggian 2.565 mdpl hingga terhitung gunung yang ramah untuk pendaki terutama buat pendaki pemula.

Mitos dan Misteri Gunung Prau: Legenda Kuno Dipercaya Masyarakat

Banyak pendaki yang menilai bahwa panorama matahari terbit atau sunrise di Gunung Prau sebagai yang terbaik se-Asia Tenggara.

Tetapi, dibalik keindahannya itu, Gunung Prau rupanya mempunyai mitos dan misteri yang dipercaya oleh warga setempat sampai turun temurun.

1_Terdapat pintu gaib

 Mitos dan misteri yang pertama yang masih terkenal hingga saat ini adalah di mana terdapat pintu gaib Oyot Rimpang.

 Misteri pintu gaib ini berada di kawasan bunga daisy yang memiliki 4-5 pohon yang saling berdekatan. Pohon-pohon yang tumbuh berdekatan itu seolah membentuk kotak yang dikenal dengan nama Oyot Rimpang.

 Berdasarkan rumor yang beredar kalangan pendaki dan di masyarakat setempat, Oyot Rimpang di yakini merupakan pintu gaib yang mengantarkan orang untuk masuk ke dimensi lain. Banyak yang mengatakan, orang yang memasuki Oyot Rimpang ini tidak akan bisa kembali ke dunia nyata alias hilang tanpa jejak apapun.

Sampai saat ini mitos tersebut belum terbukti. Namun, sebagai langkah antisipasi, para pendaki diimbau untuk tidak meremehkan kepercayaan dan mitos yang berlaku di kawasan tersebut.

Selain itu, pendaki juga disarankan untuk membuang pikiran dan niat kotor serta selalu menjaga perkataan saat melakukan pendakian.

2_Disebut Gunung Mayit

 Misteri Gunung Prau yang kedua adalah gunung Prau disebut Gunung Mayit. Hal ini karena jika dilihat dari atas, puncak Gunung Prau berbentuk seperti perahu dan lembah-lembah yang berada di sekitarnya akan terlihat seperti gelombang laut sehingga masyarakat setempat menyebutnya Gunung Prau.

Namun, gunung ini juga memiliki sebutan lain yaitu Gunung Mayit. Dalam bahasa Jawa. Mayit berarti mayat atau jenazah.

Dilihat dari kejauhan, bentuk Gunung Prau seperti menyerupai jenazah atau mayat yang dibaringkan, bahkan ada beberapa masyarakat yang menyebutnya seperti pocong sedang rebahan. Penamaan inilah, yang membuat aura mistis di Gunung Prau semakin kuat.

3_Tempat persemayaman dewa

 Dieng Plateau dikenal dengan sebutan hunian para dewa dan Gunung Prau berada dalam jajaran kawasan Dieng Plateau dan menjadi salah satu tempat persemayaman para dewa-dewa kuno.

Mitos dan misteri dari masyarakat setempat, para dewa ini dipercaya masih sering berkumpul dan titik kumpulnya ada di Candi Arjuno saat turun dari kayangan. Turunnya dewa biasanya juga terjadi saat diadakan semacam ritual, seperti ritual pemotongan rambut gimbal pada anak-anak yang ada di kawasan Dieng.

Posting Komentar untuk "KISAH MISTIS DAN MISTERI GUNUNG PRAU JAWA TENGAH"