Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CONTOH IBADAH MAHDHOH YANG HARUS KITA KETAHUI

CONTOH IBADAH MAHDHOH YANG HARUS KITA KETAHUI

 Ibadah merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. dengan secara tidak langsung kita memuji-nya sama halnya mentaati perintah-nya dan menjauhi segala larangan-nya. Ibadah Mahdhah adalah ibadah yang ditentukan menurut syarat,rukun,waktu dan kondisinya. Jadi ibadah mahdhoh ini tidak sah apabila ibadahnya tidak dilakukan sesuai prinsip dan syaratnya. Landasan seseorang menjalankan ibadah tercantum dalam Al-Quran Surat Az-Zariyat.

Allah subnahanahu wata'ala berfirman:

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْاِنْسَ اِلَّا لِيَعْبُدُوْنِ

 Artinya:"Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku:"(QS Az-Zariyat :56).

 Terkadang masyarakat belum mengetahui pengertian atau jenis ibadah, ada pula yang hanya fokus pada ibadah tertentu saja seperti shalat, zakat, haji atau puasa. Padahal terdapat berbagai klasifikasi ibadah dalam agama Islam dan pendapat para ulama. Berikut ini telah kami rangkum untuk kita semua.

 Jenis Ibadah Dalam agama Islam, dibedakan menjadi dua jenis dengan bentuk dan ciri yang berbeda, antara lain:

 Ibadah Mahdhah dan ibadah Ghaira Mahdhah. Kali ini kita akan membahas dua ibadah, yang pertama kita akan membahas ibadah mahdhah. Ibadah mahdhah artinya ibadah yang murni, hanya  berhubungan langsung antara hamba dengan Allah SWT. Hal ini tercermin dalam tiga fungsi, yaitu:

 1)_ Pertama, ibadah mahdhah adalah perbuatan dan perkataan yang merupakan bentuk ibadah karena ditentukan asal usulnya berdasarkan dalil syariat.

 2_Kedua, beribadah mahdhah menunjukkan tujuan utama orang yang melakukannya, yaitu tercapainya kemaslahatan di akhirat.

 3_Ketiga ibadah Mahdhah hanya dapat diketahui melalui  wahyu, tidak ada cara lain termasuk melalui akal atau budaya.

 Sedangkan ibadah ghiru mahdhah merupakan salah satu bentuk ibadah dan segala bentuk amal yang bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wata'ala, namun Allah subhanahu wata'ala tidak mengatur tempat dan waktunya  secara rinci.

 Hal ini tercermin dalam tiga fungsi, yaitu:

 1)_Pertama, ibadah ghiru mahdhah yang semula bukan ibadah namun berubah status menjadi ibadah, karena melihat dan mempertimbangkan niat sang pelaku ibadahnya.

2)_ Kedua, memenuhi urusan atau kebutuhan duniawi, bukan untuk mendapatkan pahala di akhirat saja.

3)_ketiga amalan tersebut dapat dikenal dan diketahui meskipun nabi dan rasul tidak mewayuhkanya. 

Berikut beberapa contoh ibadah Mahdhah:

 Ibadah mahdhah terdiri dari beberapa jenis, dibawah ini kami uraikan beberapa contoh ibadah mahdhah yang selalu kita jalani dan kita lakukan, antara lain:

 1.Bersuci

 Bersuci atau wudhu adalah salah satu cara membersihkan bagian tubuh dengan air. Setiap muslim wajib membersihkan dirinya setiap kali mau melaksanakan shalat, karena bersuci merupakan salah satu syarat sahnya shalat yang tidak bisa di tinggalkan.

 2.Tayammum 

 Suatu tindakan ntuk membersihkan diri dari hadats besar atau hadats kecil tanpa air, tayamum dalam Islam menggunakan pasir atau debu sebagai pengganti air wudhu.

 3.Puasa

 Puasa merupakan ibadah  yang mendasar dan ditetapkan sebagai salah satu rukun Islam. Puasa berarti tidak makan, minum, dan berbicara tanpa guna dari sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari sesuai sarat dan rukun tertentu.

 4.Sholat

 Sholat adalah pilarna (tiang) agama Islam. Sholat adalah tempat kita berdoa untuk mengungkapkan segala keluh kesah. Sholat juga mendatangkan kedamaian,ketentraman jiwa bagi yang mengamalkannya.

5.Mandia wajib

 Mandi hadas atau mandi wajib, adalah mandi yang menuangkan air ke seluruh tubuh dengan tata cara tertentu untuk menghilangkan hadas besar menurut hukum Islam.

6.Haji

 Haji adalah salah satu rukun Islam, dilaksanakan jika mampu. Haji adalah pergi ke Ka'bah untuk melakukan beberapa ibadah di dalam dan sekitar masjidil haram baik berupa haji atau umrah.

 7.Umroh

 Umrah merupakan rangkaian kunjungan ke Ka'bah dengan prosesi khusus disekitarnya. Perbedaan haji dan umrah adalah tidak ada wukuf di arafah, berhenti di muzdalifah, melempar jumrah dan bermalam di mina. Dengan demikian, ini adalah bentuk ibadah haji  yang sederhana, sering disebut sebagai Umrah atau Haji Kecil.

 8.Zakat

 Zakat merupakan salah satu ibadah terpenting dan salah satu rukun Islam yang dapat diartikan sebagai penyucian, pertumbuhan dan keberkahan. Ada dua jenis zakat, yaitu zakat mal atau biasa disebut zakat harta. Dan yang dikeluarkan pada akhir bulan Ramadhan disebut zakat pribadi yang disebut juga zakat fitrah.

9.Adzan

 Untuk mengetahui waktu shalat, Allah SWT menetapkan azan sebagai tanda datangnya waktu shalat dan persiapan menunaikannya.

10.Iqamah

 Iqamah merupakan salah satu ibadah mahdhah yang artinya menegakan shalat dengan dzikir tertentu.

  Ibadah mahdhoh adalah ibadah yang tata cara: waktu, jumlah dan aktivitasnya sudah ditetapkan (Baku). Syarat dan rukunya jika diubah disebut_BID'AH DOLALAH_BID'AH YANG SESAT). _(682.97)

Posting Komentar untuk " CONTOH IBADAH MAHDHOH YANG HARUS KITA KETAHUI"