Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BERADA DI 3 WAKTU SEKARANG KEMARIN DAN ESOK

 BERADA DI 3 WAKTU SEKARANG KEMARIN DAN ESOK

 Setiap manusia kita akan berada diantara 3 waktu yang sama,  Allah sebaik baik pemberi waktu, Allah sebaik baik pemberi modal. Kemarin bahkan tahun tahun kemarin lagi setiap kita ,diberi modal yang sama yaitu setiap harinya kita punya modal 24 jam, dan belum pernah terjadi diantara kita yang diberi modal lebih dari 24 jam/ hari, tapi dengan modal yang sama tersebut ada yang untung ada yang rugi, sungguh mereka yang beruntung adalah mereka yang bisa memanfa'atkan waktunya untuk mencari  bekal agar jika terjadi pindah mendadak, maka rumah abadinya dialam barzakh insyaa Allah aman, nyaman, dan makmur serta selamat.

 Boleh jadi masih ada diantara kita pada masa masa tahun yang lalu atau tahun kemarin,bulan kemarin bahkan hari kemarin ini,kita masih ada yang asyik asyik bermaksiat kepada Allah,dzolim kepada sesama,atau bahkan sering menyakiti orang tua kita, boleh jadi diantara kita masih ada yang rajin meninggalkan shalat Fardu, meninggalkan puasa Ramadan, boleh jadi masih ada diantara kita yang masih menerima sesuatu yang haram, baik makanan,minuman atau pakaian, boleh jadi masih ada diantara kita yang suka berbohong, mencela, memfitnah, dan menggunjing, mari sama sama kita tobatkan dosa dosa tahun kemarin, mohon ampunan Allah, dan berjanji tidak mengulangi lagi, insyaa Allah kita akan mendapati ampunan Allah jauh lebih besar dari pada dosa dosa kita yang menggunung.

Allah berfirman dalam Al Qur'an 

اَلَمْ يَعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ هُوَ يَقْبَلُ التَّوْبَةَ عَنْ عِبَادِهٖ وَيَأْخُذُ الصَّدَقٰتِ وَاَنَّ اللّٰهَ هُوَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

 Artinya:"Tidakkah mereka mengetahui, bahwa Allah menerima tobat hamba-hamba-Nya dan menerima zakat(nya), dan bahwa Allah Maha Penerima tobat, Maha Penyayang:"(QS At Taubah 104).

 Hari ini atau tahun ini yang tinggal beberapa waktu lagi kita nantikan, mari sama sama kita bercermin, sudah sekelam apa kira kira hati kita,jika kita enggan bertobat kepada Allah,boleh jadi titik hitam telah melingkupi hati kita, tapi jika tobat yang kita lakukan semata mata karna Allah, niscaya hati kita akan kembali bersih dari noda noda hitam meskipun hampir berkarat. Mulai hindari diri kita dari pergaulan yang menyebabkan kita bertambah jauh dari Allah, datangi majelis ta'lim,dan bergaullah dengan orang orang Soleh, jangan pernah merasa malu untuk  meninggalkan maksiat,jangan takut dikatakan kampungan demi keta'atan kita kepada Allah, dan jangan pernah merasa minder untuk mendatangi Masjid dan shalat berjam'ah. Biarkan apa kata orang, biarkan apa kata teman lama yang selalu menyita waktu kita,tetaplah bertegur sapa,karna mereka sesungguhnya tinggal menunggu hidayah.

 Yang terakhir adalah Esok, sungguh tiada seorangpun yang tau diantara kita, tentang apa yang kita kerjakan besok, kita boleh buat rencana,boleh buat jadwal, tapi meski demikian yang akan terjadi adalah rencana Allah, kita berbuat sesuai apa yang telah Allah tetapkan untuk kita, 

Rasulullah salallahu alaihiwas salam bersabda

إنَّ أَحَدَكُم يُجْمَعُ خلقُهُ فِيْ بَطْنِ أُمِّهِ أَرْبَعِيْنَ يَوْمًا نُطْفَةً، ثُمَّ يَكُوْنُ عَلَقَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يَكُوْنُ مُضْغَةً مِثلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يُرْسَلُ إِلَيْهِ الْمَلَكُ فيَنْفُخُ فِيْهِ الرُّوْحَ، وَيُؤْمَرُ بِأَرْبَعِ كَلِمَاتٍ: بِكَتْبِ رِزْقِهِ، وَأَجَلِهِ، وَعَمَلِهِ، وَشَقِيٌّ أَوْ سَعِيْدٌ

 Artinya:"Sesungguhnya salah seorang diantara kalian dipadukan bentuk ciptaannya dalam perut ibunya selama empat puluh hari (dalam bentuk mani) lalu menjadi segumpal darah selama itu pula (selama 40 hari), lalu menjadi segumpal daging selama itu pula, kemudian Allah mengutus malaikat untuk meniupkan ruh pada janin tersebut, lalu ditetapkan baginya empat hal: rizkinya, ajalnya, perbuatannya, serta kesengsaraannya dan kebahagiaannya:"(HR Bukhari dan Muslim).

 Padahal nasib Orang yang  benar benar beriman dan orang yang mau mengikuti Rosululllah Shallallahu 'alaihi wassalam adalah baik dikatakan dalam sebuah hadits.

كُلُّ أُمَّتِي يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ إِلَّا مَنْ أَبَى ، قَالُوا : يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَنْ يَأْبَى ؟ قَالَ : مَنْ أَطَاعَنِي دَخَلَ الْجَنَّةَ وَمَنْ عَصَانِي فَقَدْ أَبَى

Artinya:"Setiap umatku akan masuk surga, kecuali orang-orang yang enggan untuk memasukinya. Ada seseorang yang bertanya, siapakah orang yang enggan tersebut wahai Rasulullah ? Beliau bersabda, "Barangsiapa mentaatiku akan masuk surga, barangsiapa tidak taat kepadaku sungguh dia orang yang enggan masuk surga:"(HR  Bukhari).

 Inilah janji Allah dan Rasulnya, jika kita ingin merubah nasib agar menjadi bahagia didunia dan diakhirat maka mari sama sama kita ikuti Rasulullah shallallahu 'alaihi wassalam ta'at kepada Allah dan ta'at kepada Rasulullah.

 Demikianlah pembahasan kita bersama dan Semoga diawal tahun ini Allah selalu melimpahkan Rahmat dan kasih sayangnya kepada kita semua,sehingga kita menjadi hamba hamba pecinta Allah dan dicintai Allah

Aamiin ya Robbal Aalamin

Posting Komentar untuk "BERADA DI 3 WAKTU SEKARANG KEMARIN DAN ESOK"