Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MISTERI GUNUNG RINJANI LOMBOK

CERITA MISTERI GUNUNG RINJANI LOMBOK

 Kisah misterius di balik pesona Gunung Rinjani yang populer di kalangan pendaki gunung. Siapa yang tidak mengagumi kemegahan pesona Gunung Rinjani? Salah satu gunung tertinggi di Indonesia ini banyak digandrungi oleh para pendaki lokal maupun mancanegara, karena potret indahnya seolah memiliki daya tarik tersendiri. 

 Ditambah lagi dengan adanya wacana Gunung Rinjani yang berencana akan memiliki kereta gantung terpanjang di dunia.yang di harapkan oleh pemerintah nantinya dalam menikmati keindahan pegunungan dan sekitarnya pun semakin mudah untuk wisatawan. 

 Gunung Rinjani yang terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, namun selain keindahan panorama indahnya pemandangan di gunung itu ada cerita yang tersembunyi di balik legenda menarik dan kisah misterius serta mitos misterius yang hingga kini belum terungkap. 

 Ada Sederet Fakta dan Kisah Misterius di Gunung Rinjani:

 1.Misteri Legenda Dewi Anjani 

 2.Asal Usul Gunung Rinjani 

 3.Selama pendakian, jangan mengeluh atau memikirkan hal-hal yang negatif 

 4.Seorang pendaki yang menghilang karena tersesat di dunia Jin 

 5.Misteri larangan memasuki kawasan tertentu 

 Sederet fakta dan kisah misterius di Gunung Rinjani itulah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dan para pendaki khususnya karena semua itu menjadi suatu tantangan yang fenomenal tentunya.

 Salah satu mitos yang paling populer adalah masyarakat Lombok menganggap Gunung Rinjan sebagai sumber kekuatan. Maka tak heran jika mereka selalu menjaga Gunung Rinjani dengan baik.  

 Berikut sederet kisah misterius dan mitos di balik indahnya pesona Gunung Rinjani. 

1.Misteri Legenda Dewi Anjani 

 Banyak warga Lombok yang percaya bahwa Gunung Rinjani adalah kediaman ratu jin yang sedang berkuasa Dewi Anjani. Menurut warga sekitar Istana Ratu di Kawah Segara Muncar bisa terlihat gaib pada waktu-waktu tertentu. 

 Menurut cerita rakyat, Dewi Anjani adalah putri seorang raja yang tidak diperbolehkan menikah dengan pria biasa yang dicintainya. Alhasil Dewi anjani memutuskan untuk bertapa di atas Gunung. Dan jin-jin yang tinggal di gunung tersebut akhirnya mengangkat Dewi Anjani sebagai ratu penguasa Gunung Rinjani. Selain itu, ada banyak versi mengenai kisah Dewi Anjani. Ada dalam kisah Ramayana, Babad di Lombok dan Babad di Sakra. Dan Gunung Rinjani tetep menjadi Misteri sampai saat ini.   

2.Asal Usul Gunung Rinjani 

 Adapun asal usulnya, kisah Gunung Rinjan tidak pernah lepas dari legenda misterius Dewi Anjani. Menurut legenda, asal muasalnya diyakini sebagai tempat tinggal jin. Namun lain halnya jika di lihat asal muasalnya berasal dari fakta dan bahasa. 

 Secara linguistik (bahasa) Gunung Rinjani berasal dari kata "Rara Anjani". Di Lombok Timur Anda akan menemukan sebuah desa bernama Desa Anjani. Kedua kata itu kemudian  menjadi "Renjani" dan kemudian "Rinjani".  

Nama gunung tersebut juga berasal dari nama Dewi Rinjani, anak dari Datu Taun dan Dewi Mas. Selain itu ternyata kerajaan Lombok mempunyai sultan yaitu  Sultan Rinjani putra Gaoz Abdul Razak. 

 Kisah lain dilansir  Badan Bahasa Sultan Rinjan adalah putra Segara Katon Rambitan. Menurut kita nama Gunung Rinjani berasal dari Dewi Anjani atau Sultan Rinjani ya? itu semua tidak di ambil pusing oleh masyarakat sekitar yang terpenting sekarang taunya tetep Gunung rinjani kata salah satu warga sekitar. dan faktanya Gunung Rinjani tetap terlihat berdiri kokoh di Pulau Lombok.

3.Selama pendakian, jangan mengeluh atau memikirkan hal-hal yang negatif 

 Saat mendaki Gunung Rinjani, ingatlah untuk bersikap sopan,jangan berkata sembarangan.dan ketika mau hajat pun harus pakai adab.misalnya, jika Anda ingin buang air kecil, Anda harus meminta izin, meskipun tidak ada yang memperhatikan Anda di tempat sekitar. 

 Berdasarkan pengalaman pendaki, ada seorang pendaki di tempat tersebut yang diketahui terpeleset ke dalam jurang setelah buang air kecil sembarangan. Ingatlah juga untuk tidak mengumpat atau mengejek teman Anda. Saat ingin memanggil nama temen, gunakan kode suara dan teman Anda akan menjawab dengan kode yang sama.  

Jika kamu terus memanggil dengan nama itu, maka ada makhluk yang mirip dengan nama orang itu. Anda juga harus hindari dari mengeluh, seperti mengeluh barang bawaan Anda terasa berat dll.

 Semua pantangan tersebut wajib diketahui para pendaki. agar selama dalam perjalanan bisa berjalan dengan aman dan lancar tidak di ganggu oleh makhluk-makhluk yang ada di sekitar tempat tersebut.

4.Seorang pendaki yang menghilang karena tersesat di dunia Jin 

 Masyarakat setempat mempercayai misteri ini bahwa orang-orang tersebut tidak benar-benar hilang, melainkan tersesat masuk selamanya di dunia Jin.Sayangnya, jiwa dan raga  orang yang hilang tidak dapat kembali. Cerita ini faktanya Nggak sedikit pendaki yang dikabarkan menghilang saat mendaki Gunung Rinjani.

 Dan itu cerita fakta yang di alami dan di laporkan oleh pendaki ke timsar dan beberapa warga yang tinggal di sekitar gunung rinjani setelah ada kejadian seusai pendakian.

Faktanya, setiap Gunung memiliki sejarah misterius cerita yang berbeda-beda, yang di alami oleh para pendaki yang berpengalaman,karena beberapa pegunungan yang ada di beberapa daerah di Indonesia telah mereka taklukan, begitu pula Gunung Rinjani cerita alamnya pun berbeda dengan alam di pegunungan lain.

5.Misteri larangan memasuki kawasan tertentu 

 Satu lagi kisah misteri tentang beberapa kawasan Gunung Rinjani. Konon ada beberapa tempat di Gunung tersebut yang tidak boleh dimasuki orang umum (awam). konon katanya bangsa hanya jin yang bisa mengunjunginya. 

 Masyarakat setempat meyakini para pendaki tersebut hilang atau meninggal karena mencoba memasuki kawasan terlarang. Jika berani memasuki area tersebut, kita akan terjebak di dunia Astral yang tidak bisa di tembus alamnya oleh manusia biasa.

 Maka alangkah baiknya sebelum pendakian kordinasi terlebih dahulu dengan kuncen (juru kunci) pegunungan tersebut minta petunjuk mengenai seluk beluk daerah tersebut mana saja area yang di perbolehkan dan terlarang. yang sudah di pahami oleh masyarakat setempat. Jangan lupa berdoa sebelum melakukan pendakian. 

 Terlepas berbagai fakta cerita misteri dan mitos yang misterius. Gunung Rinjani tetap menjadi tempat wisata populer di Lombok. Yang terpenting, jika kita berkunjung ke sana bijaklah dan selalu hormati alam, ikuti peraturan dan ketentuan yang ada._(100)

Posting Komentar untuk " MISTERI GUNUNG RINJANI LOMBOK "