Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MISTERI DAN LEGENDA GUNUNG KELUD JAWA TIMUR

MISTERI DAN LEGENDA GUNUNG KELUD JAWA TIMUR

 Leluhur kita telah mewariskan cerita misterius yang melegenda. salah satunya yaitu tentang misteri Gunung Kelud secara turun temurun. Kisah-kisah lama ini tetep masih menarik untuk kita dengarkan hingga saat ini. yuk kita ikutin kisahnya.  

 Dalam misteri dan legenda Gunung Kelud, masyarakat setempat meyakini bahwa dari letusan dahsyat gunung ini terungkap sebuah cerita peninggalan benda puasaka yaitu sebuah keris Mpu Gandring, karena amarahnya dari keris tersebut yang diyakini ada di dalam gunung itu.  

 Melalui misteri dan legenda Gunung Kelud, manusia telah menciptakan hubungan yang mendalam dengan alam. Mereka mengkeramatkan gunung ini sebagai tempat yang penuh energi spiritual dan kekuatan alam yang menakjubkan. Berikut ini informasi mengenai misteri dan legenda Gunung Kelud yang diambil dari masyarakat yang tinggal di lereng kaki Gunung Kelud. 

1_Misteri dan Legenda Gunung Kelud 

 Gunung Kelud merupakan gunung berapi yang terletak di Provinsi Jawa Timur, tepatnya di perbatasan Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang. 

 Gunung Kelud meski tidak setinggi Gunung Merapi dan Gunung Semeru, namun ketika meletus menimbulkan letusan yang sangat dahsyat.

Letusan tersebut konon ceritanya karena kemarahan dari Keris mpu Gandring, yang berada di dalam kawah Gunung Kelud sehingga semua lahar panas awan panas pasir dan bebatuan di keluarkanya semua.  

 2_Legenda Lembu Suro 

Legenda ini merupakan cerita paling populer di kalangan masyarakat yang tinggal di  kaki Gunung Kelud. Kisah ini  tentang pengkhianatan dan kisah cinta antara dua orang korban sayembara. 

 Kisah legenda Lembu Suro bermula dari sayembara yang diadakan oleh Raja Brawijaya untuk mencari jodoh bagi seorang putri cantik bernama Diah Ayu Pusparani. 

 Yang mana dalam Perlombaan ini dimenangkan oleh Lembu Suro yang berkepala mirip banteng (kerbau). Namun karena wajahnya yang buruk, sang putri menolak menikah dengannya dan memberikan syarat agar pernikahannya dengan Lembu Suro di gagalkan. mendengar hal tersebut Lembu Suro sangat marah kecewa geram dan murka akhirnya lembu suro bersumpah serapah dengan marah-marah yang akhirnya pertempuran di lanjut dengan cara membabi buta semua yang ada di tempat tersebut diterjangnya dengan tragis.

 3_Misteri Buaya Putih 

 Menurut legenda yang diyakini masyarakat, pada zaman dahulu kala ada dua bidadari dari kayangan yang mandi di danau kawah Gunung Kelud. 

  Karena mereka tidak mampu mengendalikan diri, kedua bidadari tersebut melakukan tindakan yang menurut aturan kayangan tidak baik dan kemudian diketahui oleh para dewa Alhasil akhirnya kedua bidadari tersebut dikutuk menjadi buaya putih dan di jadikan penjaga danau kawah Gunung Kelud. 

 Konon saat Gunung Kelud meletus dan memakan korban jiwa, jika korbannya laki-laki maka ia akan menjadikan suaminya, dan jika korbannya perempuan maka ia menjadikan saudara dari buaya putih tersebut. 

 4_Sebuah jalan misteri 

 Apa yang disebut jalan misterius di Gunung Kelud belum  terpecahkan hingga kini. Pengunjung yang saat berkunjung ke Gunung Kelud dan kita yang melewati jalur misterius bisa membuktikan sendiri bahwa kendaraan kita bisa bergerak dengan sendirinya, meski mesin dimatikan.Padahal kalo di lihat secara kasat mata dan logika keadaan jalan tersebut horizontal rata tidak ada kemiringan. Dan akhirnya warga sekitar mengasosiasikan peristiwa misterius ini dengan hal-hal yang mistis. 

Beberapa ilmuwan percaya bahwa jalan tersebut memiliki medan magnet yang cukup kuat untuk menarik kendaraan, namun sumber magnet tersebut belum ditemukan.

 5_Misteri keris Peninggalan Karya Mpu Gandring 

 Keris Mpu Gandring merupakan pusaka sakti yang mempunyai aura negatif dan kekuatan magis yang kuat, karena konon ceritanya dalam proses pembuatanya belum rampung dan sempurna tetapi oleh ken arok sudah di ambil secara paksa dari empu Gandring. Ken Arok menggunakan keris ini untuk membunuh Mpu Gandring itu sendiri, Sang pembuat keris tersebut, sebelum ken arok menggunakannya untuk merebut kekuasaan Tumapel di Kerajaan Kediri. 

Yang pada akhirnya Ken Arok pun mati oleh keris Mpu Gandring, karena cara memilikinya yang tidak benar dan dengan cara yang jahat akhirnya mati dengan tragis meninggal dunia akibat kekejaman Keris empu Gandring itu sendiri, yang di kutuk oleh sang pembuat Keris tersebut. 

 Dan pada waktu itu, Raja Hayam Wuruk dari Kerajaan Majapahit pernah berencana untuk menghilangkan aura negatif dan kutukan dari keris Mpu Gandring dengan cara melemparkannya ke kawah Gunung Kelud. 

 Dengan demikian, konon ceritanya walaupun Gunung Kelud tidak setinggi Gunung Merapi dan Gunung Semeru, namun ketika meletus akan menghasilkan letusan yang sangat dahsyat akibat kekuatan dari keris Mpu Gandring. 

 6_Misteri Ramalan Jayabaya dan Ritual Gunung Kelud 

 Menurut ramalan Jayabaya, meletusnya Gunung Kelud merupakan pertanda akan terjadi pergantian kekuasaan atau akan terjadi sesuatu  yang besar. Menurut legenda yang turun temurun, masyarakat setempat mengadakan ritual di Gunung Kelud setiap bulan Suro untuk menangkal bala kutukan sumpah yang diberikan Lembu Suro dan sekaligus sebagai ucapan terima kasih kepada Sang Hyang Widhi.  

 Misteri dan legenda Gunung Kelud terus memikat hati masyarakat, menggambarkan pesona magis dan kekayaan budaya yang menyelimuti gunung megah ini.

wallohu 'alam. _(100)

Posting Komentar untuk "MISTERI DAN LEGENDA GUNUNG KELUD JAWA TIMUR "