Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CERITA MISTIS GUNUNG IJEN PENDAKI DISELAMATKAN ARWAH NENEK JURU KUNCI

CERITA MISTIS GUNUNG IJEN PENDAKI DISELAMATKAN ARWAH NENEK JURU KUNCI

Gunung Ijen atau Kawah Ijen  merupakan salah satu gunung berapi yang masih eksis dan terletak di perbatasan wilayah kabupaten Banyuwangi dan kabupaten Bondowoso Propinsi Jawa Timur. Gunung atau Kawah Ijen mempunyai ketinggian 2.386 meter di atas permukaan laut. Gunung ini pernah terjad letusan menyemburkan lava panas terakhir terjadi pada tahun 1999.

 Salah satu fenomena alam yang menjadi daya tarik utama dari kawah Gunung Ijen yang paling terkenal adalah "blue fire" (Api Biru) kawah dengan nyala api berwarna biru inilah yang tidak ada di dimiliki oleh kawah Gunung Merapi lainnya, Nyala api Biru ini terletak di kawah puncak gunung.

Untuk para pendaki yang kepngin sampai puncak kawah Gunung ijen pemandu trekking untuk menuju kawah ijen bisa dimulai dari dua lokasi yaitu dari pos banyuwangi atau dari pos bondowoso.

 Bagi wisatawan khususnya pendaki Gunung Ijen, sebelum mendaki Gunung Ijen atau Kawah Ijen harus mengetahui terlebih dahulu beberapa misteri tentang Kawah Ijen atau Gunung Ijen, untuk mengantisipasi bagi keselamatan dan kelancaran selama pendakian banyak-banyak berdoa kepada Alloh subhanhu wata'ala.

 Jadi berhati-hatilah saat berwisata menuju kawah gunung ini.

 Menurut warga sekitar dan salah satu pendaki kawah Ijen, sering terlihat seorang nenek misterius membantu pendaki yang tersesat.

   Misalnya ada cerita tentang seorang pendaki gunung yang mengaku pernah bertemu dengan sosok nenek misterius yang menurut cerita adalah penjaga Gunung Ijen yang tiba-tiba muncul dan menghilang secara misterius dan sudah tidak ada lagi di samping kita.

 Konon juga pernah ada seorang pendaki kawah Ijen yang terpisah dari rombongan dan berakhir di hutan tanpa disadari dan tersesat disana.

 Pendaki tersebut sangat kebingungan ketika sendirian di dalam hutan dan merasa tersesat ketika tiba-tiba ia dikejutkan dengan kemunculan seorang nenek tua yang menanyakan keberadaannya.

 Setelah pendaki itu memberitahunya bahwa dia tersesat, sang nenek memintanya untuk memejamkan mata dan memegang bahunya.sang nenek berpesan jangan membuka matanya  sampai dia memerintahkannya.

 Setelah sang nenek tadi memerintahkan dia untuk membuka matanya, dia tiba-tiba menemukan dirinya berada di puncak kawah Ijen dan sebelum dia sempat mengucapkan terima kasih kepada sang nenek tadi, sang neneknya sudah menghilang secara misterius.

 Konon, menurut cerita turun temurun warga setempat, nenek tersebut  merupakan warga sekitar penjaga kawah Ijen yang meninggal ratusan tahun  lalu.

 Dan saat ini konon arwah sang nenek masih menjadi penyelamat para pendaki yang tersesat di kawah ijen._(100)

Posting Komentar untuk "CERITA MISTIS GUNUNG IJEN PENDAKI DISELAMATKAN ARWAH NENEK JURU KUNCI"