Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CERITA MISTIS DAN MITOS GUNUNG IJEN BANYUWANGI

CERITA MISTIS DAN MITOS GUNUNG IJEN BANYUWANGI

 Menengok akan kesohoran Gunung Ijen terkenal dengan panorama kawahnya yang mempesona serta misteri disekitarnya. yuk kita kita simak sejarah dan misteriusnya Gunung Ijen banyuwangi, destinasi wisata yang terkenal dengan keindahan alamnya dikenal dengan nama Kawah Gunung Ijen.

 Gunung Ijen Banyuwangi mempunyai beberapa hal yang menarik untuk dikunjungi, yaitu dengan kawah Ijen yang sangat mempesona dan mempunyai api biru yang dianggap satu-satunya di dunia.

 Di balik keindahan alamnya yang terkenal, ternyata Gunung Ijen Banyuwangi menyimpan banyak cerita misterius mistis yang bisa bikin sesorang tercengang atau merinding sekujur tubuhnya.

 Apa saja cerita mistis dan mistirius tersebut yang bikin penasaran?

 Mari kita simak lebih dekat sejarah misterius mistisnya Gunung Ijen Banyuwangi, seperti yang sering kita dengar dari cerita mulut ke mulut.

 1)_Kisah misterius Gunung Ijen di Banyuwangi yang pertama adalah kemunculan nenek penyelamat para pendaki yang baik di Gunung Ijen.

 Dipercaya dari cerita turun temurun bahwa nenek yang sering membantu pendaki adalah seorang penjaga gunung yang meninggal ratusan tahun silam.

 Kisah Nenek Penyelamatan Jiwa Pendaki Gunung Ijen, diawali dari kisah seorang pendaki yang tersesat di Gunung Ijen.Saat itu dia tersesat di hutan belantara.Saat dia kebingungan, seorang nenek menghampiri dan menanyakan kondisinya.

 Meski sangat terkejut, pendaki tersebut akhirnya menjelaskan keadaan kebingungannya saat tersesat di dalam hutan belantara.

 Tanpa basa-basi lagi, sang nenek meminta pendaki itu memejamkan mata dan memegangi bahunya dan berwasiat jangan membuka mata sebelum di perintahkanya.

 Ketika pendaki sudah sampai dan di perintahkan membuka matanya, tiba-tiba dia mendapati dirinya berada di puncak gunung. Dan anehnya sang nenek yang ditemuinya tadi sudah tidak ditemukan lagi disampingnya.

 Dari kejadian inilah kisah penyelamatan nenek mistirius dan mistis masih sangat akrab menjadi bahan cerita di telinga para pendaki.

Meskipun sudah meninggal ratusan tahun yang silam, para pendaki Gunung Ijen mengakui hingga saat ini ia masih menjadi penyelamat para pendaki yang tersesat di Gunung Ijen.

 2)_Kisah misterius yang kedua adalah kemunculan sosok prajurit gaib berseragam militer di Gunung Ijen.

 Pada bulan Desember 2016, seorang pendaki di Probolinggo  dilaporkan hilang saat melakukan pendakian.

 Setelah  beberapa hari pencarian oleh warga, timsar dan sama-sama para pendaki, pendaki itu ditemukan sudah dalam keadaan linglung dan pucat.

 Setelah dievakuasi dan di gali informasi lebih lanjut, pendaki tadi menceritakan mengaku tersesat di dalam hutan. Di alam liar, ia mengaku dikejar sekelompok sosok pria berseragam mengacungkan parang.

 Pendaki itu berteriak sekuat tenaga minta tolong sambil berlari,namun tidak ada yang mendengar apalagi datang untuk menolongnya.

 Rumornya, kemunculan sosok makhluk berseragam ini kerap membuat para pendaki was-was akan kemunculanya.

 Gangguan ini yang kadang menyesatkan para pendaki sehingga membuat mereka berlarian,bingung, hilang konsentrasi lupa diri dan akhirnya lupa akan arah tujuan semula dan lupa akan arah arah pulang karena ketakutan di kejar- kejar sosok gaib berseragam tadi.

 3)_Kemudian kisah misterius yang ketiga adalah keberadaan Bunga Abadi berdasarkan legenda asal muasal banyuwangi, dimana kemudian Gubernur Sidapaksa diperintahkan oleh raja untuk mencari Bunga Abadi tersebut.

Pada zaman dahulu, orang percaya bahwa bunga abadi akan membuat orang awet muda dengan karakteristik keberadaan dari bunga tersebut yang sifatnya tidak cepat layu setelah di petik beberapa hari kemudian, di banding dengan bunga yang lainya.

 Tetapi bunga Everflower ternyata adalah bunga Edelweis yang banyak tumbuh di perbukitan pegunungan Ijen.

 Bunga ini mempunyai nama latin Anaphalis Javanica, keistimewaanya adalah warnanya tidak cepat pudar setelah lama dipetik.

 Namun saat ini jumlah bunga Edelweis di Gunung Ijen semakin berkurang.

 Penyebabnya adalah oknum yang tidak bertanggung jawab memetik bunga Edelweis secara ilegal untuk dijual atau dibuat kerajinan tangan.

 Jadi pesan untuk wisatawan, para pendaki dan masyarakat sekitar jika ingin mengunjungi dan menikmati kelestaria hutan yang sudah Alloh berika kepada kita semua, jagalah kekayaan flora di sana.

 Itulah kisah misterius,mistis,mitos seputar Gunung Ijen yang bakal bikin bulu kuduk seluruh badan bakalan berdiri apalagi kalo berkunjungnya di malam hari pasti tambah serem lagi.

 Di balik keindahan Gunung Ijen terdapat kisah misterius yang sangat menarik untuk disimak bagi para wisatwan dan para pendaki khususnya.

Terlepas dari cerita mistik yang ada disekitar kita, kita harus selalu waspada, bahwa makhluk berjenis jin itu ada namun kita yakin bahwa harus patuh dan taat kepada Allah SWT saja.

 Dalam Al-Quran disebutkan demikian.

 Iblis berkata: “Ya Tuhanku, karena Engkau telah menetapkan aku bersalah dan sesat, niscaya aku akan memaksa keturunan Adam untuk melihat indah-keburukanku kepada-mu di muka bumi, dan sungguh aku akan menyesatkan mereka semua dari jalan petunjukmu,kecuali hamba-hambamu yang diberi hidayah, mereka hanya beribadah kepadamu dengan ikhlas dan bukan pada makhlukmu yaitu bangsa_(Jin ).

 Allah subhanahu wata'ala berfirman: 

قَالَ رَبِّ بِمَآ أَغْوَيْتَنِى لَأُزَيِّنَنَّ لَهُمْ فِى ٱلْأَرْضِ وَلَأُغْوِيَنَّهُمْ أَجْمَعِينَ

Artinya: Iblis berkata: "Ya Tuhanku,oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat,pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik ('perbuatan maksiat)' di muka bumi, dan pasti Aku akan menyesatkan mereka semuanya:"(QS Al Hijr 39).

 Semoga kisah ini bermanfaat untuk kita semua, Aamiin._(94)

Posting Komentar untuk "CERITA MISTIS DAN MITOS GUNUNG IJEN BANYUWANGI "