Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CERITA MISTIS DAN MISTERI DI GUNUNG SUMBING JAWA TENGAH

CERITA MISTIS DAN MISTERI DI GUNUNG SUMBING JAWA TENGAH

 Gunung Sumbing merupakan Gunung yang terletak di wilayah Jawa Tengah. Gunung ini masuk dalam daftar gunung tertinggi di Jawa Tengah dan banyak pendaki yang memanfaatkan Gunung ini untuk memacu adrenalinnya. Gunung Sumbing Jawa Tengah, merupakan kembaran Gunung Sindoro yang dulu sering diibaratkan kembar. 

  Menurut mitos, Gunung Sumbing melawan Gunung Sindoro hingga bibirnya menjadi sumbing. Dari atas puncak bukit terlihat tanda-tanda retakan yang menyerupai bibir sumbing.  

 Lalu, apa saja hal yang menarik mengenai Gunung sumbing ini, tentu saja hal yang dimaksud adalah hal-hal dibalik keindahannya yaitu Misteri Gunung Sumbing. jika kalian penasaran, yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.  

 1. Peri Gunung Sumbing 

 Sosok peri biasanya sering kita lihat dan dengar ada di dalam dongeng yang di putar di layar televici.Namun saat mendaki Gunung Sumbing, peri akan menjadi bagian dari mitos Gunung Sumbing ini.

Para pendaki mengatakan peri itu adalah makhluk astral yang bercahaya, namun dia sebenarnya tidak ingin ada orang melihat wujudnya. Versi lain mengatakan bahwa peri adalah peri jin-jin Gunung Sumbing yang dapat menyesatkan pendaki jika pendaki tidak mengikuti tata krama saat mendaki. 

 2. Kakek tua dan rokok kemenyan

 Rokok menyan seringkali dikaitkan dengan hal-hal misterius. Bau kemenyan seringkali dikaitkan dengan hal-hal mistis. Biasanya tercium aroma harum ketika melihat sesajen tersebut. Dan ketika mendaki Gunung Sumbing, sering kali kita melihat kakek-kakek tua yang sedang merokok kemenyan. 

 Jika kita melihat kakek-kakek tersebut sebaiknya biarkan saja karena para pendaki percaya bahwa lelaki tua itu hanyalah penjaga Gunung Sumbing, dan jangan kaget jika melihatnya ketika kita mendaki ke puncak Gunung Sumbing. 

 3. Orang berpakaian putih 

 Gunung sumbing memang memiliki nuansa mistis. Jika kalian pernah mendengar cerita  kakek tua, kali ini cerita tersebut datang dari orang yang berada di Gunung Sumbing namun mengenakan baju berwarna putih. Orang berjubah putih seringkali diakui sebagai orang baik, namun jika ditemui di tengah pendakian pasti akan takut jadinya. 

 Jangan khawatir jika kita melihat orang berjubah putih saat mendaki Gunung Sumbing. Artinya,kita akan melihat orang-orang pintar yang sedang bermeditasi atau berbincang dengan alam, karena Gunung Sumbing dipercaya sebagai tempat mendekatkan diri kepada Tuhan. 

 4. Orang berbaju hitam 

 Ada pula pendaki yang melihat orang berpakaian serba hitam saat mendaki di sepanjang jalan menuju Puncak Gunung Sumbing. Tentu saja hal tersebut akan membuat kita merinding, apalagi jika jumlah kita hanya sedikit dalam grup pendakian. 

 Menurut masyarakat setempat, orang berpakaian hitam yang bertapa di Gunung Sumbing sering ditemui oleh para pendaki gunung. Entah apa tujuan pertapaannya, namun terlihat seorang lelaki berbaju hitam itu mengumandangkan mantra atau doa. Jika kamu melihatnya, diam saja dan jangan menyapanya.  

 5. Tempat Pesugihan 

 Kadang kala ada orang yang menjadikan gunung sebagai tempat untuk meminta harta kekayaan dalam waktu yang singkat.

Orang-orang ini nantinya akan memberikan tumbal sebagai balasannya.

 Dan cerita tersebut tidaklah hanya dongeng belaka karena banyak orang yang sengaja datang ke kawah Gunung sumbing untuk meminta kekayaan pada penunggu gunung tersebut. Tentu saja di kawah gunung sumbing, kalian akan menjumpai banyak orang yang sedang melakukan perjanjian dengan makhluk ghaib.Maka tidak heran jika nantinya kita banyak menjumpai sesaji di Kawah Sumbing, karena konon ceritanya ini adalah permintaan dari penjaga Sumbing. 

6. Jangan melihat ke belakang 

 Mitos ini rupanya menjadi salah satu mitos yang  sering terlupakan ketika para pendaki mendaki Gunung Sumbing. Para pendaki percaya jika tidak menengok ke belakang, pendakian  ke puncak akan lancar. 

 Namun, ketika mereka menoleh ke belakang, perjalanan pendakian akan lambat karena jin penunggu Gunung sumbing sengaja menyesatkan. ya jika kita menyadarinya. Akan tetapi jika kita nyasar dan tidak dapat menemukan rute yang benar, maka nyawa akan menjadi taruhannya. Jadi, ingat betul teruslah menghadap ke depan agar perjalanan menuju puncak Gunung sumbing menjadi semakin dekat. _(100)


Posting Komentar untuk "CERITA MISTIS DAN MISTERI DI GUNUNG SUMBING JAWA TENGAH"