Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CERITA MISTERI GUNUNG WILIS DAN PENAMPAKAN MAKHLUK GAIB

CERITA MISTERI GUNUNG WILIS DAN PENAMPAKAN MAKHLUK GAIB

 Negara indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki jumlah gunung terbanyak di dunia, lebih dari 400 pegunungan biasa, dan yang lainya termasuk 100 gunung api yang aktif.

 Banyak sekali pilihan gunung yang indah untuk di datangi dan didaki, bukan hanya keindahan alamnya saja yang menjadi daya tariknya namun juga legenda-legenda cerita mistis yang melingkupinya.

 Misalnya saja Gunung Wilis, gunung tidur yang terletak di antara enam kabupaten di Provinsi Jawa Timur, yang punya sejarah mistis.Atau bisa juga disebut urban legenda.

 Bagi wisatawan dan para calaon pendaki, berikut lima mitos dan cerita mistis seputar Gunung Wilis.

 1_Penampakan  Putri Kerajaan 

Masyarakat sekitar Gunung Wilis mengaku pernah melihat seorang putri cantik dan banyak diantara mereka yang percaya bahwa ia berasal dari  kerajaan zaman dahulu.

 Kesaksian ini banyak disaksikan warga dan  pendaki yang pernah mendaki Gunung Wilis.

 Gambar sang putri mengenakan pakaian yang sama dengan kerajaan Mataram saat muncul.

 Wanita keraton mengenakan jarik bermotif coklat muda dan pola klitik kuning gading, Konon pakaian tersebut hanya dikenakan oleh  bangsawan atau putri kerajaan Mataram dulu kala.

 2_Ular Naga Baru Klinting 

 Legenda selanjutnya seputar Gunung Wilis adalah tentang makhluk aneh dan misterius, yang critanya sudah merakyat namanya baru klinting, baruklinting adalah makhluk raksasa yang konon menghuni daerah sekitar Danau Ngebel.

 Danau alam ngebel ini letaknya di lereng Gunung Wilis, tepatnya di kerajaan Ponorogo, makhluk berbentuk ular berkepala naga ini sering menampakkan diri kepada nelayan dan warga setempat.

 Kemunculan makhluk itu di permukaan menimbulkan gelombang air yang besar.

 Konon kehadiran makhluk gaib raksasa ini kerap nyaris menenggelamkan perahu nelayan yang sedang mencari ikan di danau tersebut.

 3_Monyet dan Gua Ajaib 

Agak aneh memang, karena menurut warga setempat kawasan Wilis terdapat gua ajaib yang kalo di datangi dan dilihat secara kasat mata tidak kelihatan.Gua ini mempunyai suasana mistis dan misterius.

 Gua misterius ini konon terletak di antara dua air terjun.

 Tak hanya itu, menurut masyarakat sekitar dan pendaki yang pernah melihat Gua tersebut hanya sekali itu saja bisa melihatnya, ketika sepulang dari pendakian atau keesokan harinya atau lusa ketika melewati daerah tersebut Gua tersebut tidak bisa dilihat kembali secara kasat mata, Dan terlihat ada juga seorang pria yang sedang bermeditasi (bertapa).

 Anehnya, makhluk ini terlihat seperti monyet dengan wajah hitam seperti ular menggonggong.

 Dan Gua ajaib, siluet makhluk tersebut hanya dapat dilihat oleh orang-orang tertentu yang memiliki kemampuan khusus. dan fenomena ini tidak dapat dilihat dengan mata telanjang orang biasa.

 4_Kuburan Massal PKI 

Semua orang tahu bahwa negara kita punya sejarah kelam kejahatan PKI.Salah satu tempat yang menyimpan kenangan buruk dari kekejaman PKI adalah lereng Gunung Wilis, tempat makam korban G 30 S PKI berada.

 Tepatnya di Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, di lokasi inilah dibangun Tugu Kresek.

 Singkat cerita, ketika PKI dipukul mundur oleh pasukan TNI, mereka maju ke timur menuju Gunung Wilis namun langkahnya terhenti di tepi sungai di desa Kresek.

 Karena ketakutan, mereka akhirnya membunuh tahanan yang mereka bawa dan menguburkannya di sana.

 5_Misteri padepokan Ki Ageng Ngaliman 

 Ki Ageng Ngaliman dikenal sebagai seorang pertapa sakti yang membangun padepokan Sadepok di lereng Gunung Wilis.

 Tepat di atas air terjun Singokromo Nganjuk, konon Ki Ageng Ngaliman sering bertapa bersama murid-muridnya untuk melatih jiwa dan raga sebelum melawan Belanda.

 Nama besar Ki Ageng Ngaliman kemudian menjadi nama puncak gunung ini yaitu Puncak Ngaliman.

Untuk mengingatkan kita semua bahwa jin dan manusia diciptakan oleh Allah subhanahu wata'ala, tak lain untuk  mengabdi kepada Allah secara bersama-sama seperti yang tertulis dalam Al-Qur'an.

 Dan Aku hanya menciptakan jin dan manusia agar mereka menyembah Aku saja.
 Saya tidak berharap mendapat penghidupan dari mereka, karena saya kaya. mereka juga tidak boleh memberiku makanan, karena aku adalah pemberi rezeki semua makhluk hidup, dan aku mempunyai kekuatan dan wewenang yang besar.

 Allah subhanahu wata'ala berfirman: 

وَمَا خَلَقْتُ ٱلْجِنَّ وَٱلْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ


 Artinya:"Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia kecuali agar mereka mengabdi kepada-Ku:"(ayat QS Az Zariat : 56). _(1) 

Posting Komentar untuk "CERITA MISTERI GUNUNG WILIS DAN PENAMPAKAN MAKHLUK GAIB"