Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CERITA MISTERI GUNUNG CERMAI YANG MELEGENDA

CERITA MISTERI GUNUNG CERMAI YANG MELEGENDA

 Gunung cermai memuat banyak berbagai kisah misteri dan mistis yang melegenda sampai turun temurun. Gunung dengan ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut,Gunung ini terletak di antara tiga wilayah yaitu; Cirebon, Kuningan dan Majalengka. 

  Selain diselimuti misteri, Taman Nasional Gunung Ciremai ini juga menyimpan banyak cerita legendaris yang masih diceritakan oleh masyarakat setempat. Inilah ceritanya: 

1_Suara gamelan 

 Pendaki pasti akan merasakan suara gaib dari sebuah Gamelan di Gunung Ceremai. Suara gamelan tersebut tidak bisa di ketahui asal sumbernya semakin di dekati semakin tidak ketemu,selalunya suara gamelan tersebut kelihatan terdengar dekat tapi begitu di ikutin semakin jauh.itulah yang bisa menyebabkan para pendaki bisa tersesat di hutan Gunung cermai.

 Orang-orang percaya bahwa suara gamelan ini merupakan ucapan selamat datang yang berasal dari penghuni gunung ini.

 Namun di sisi lain ada juga yang berpendapat suara tersebut merupakan bunyi yang berasal dari makhluk halus dengan tujuan menyesatkan pendaki maka ketika mendengar suara gamelan tersebut abaikan saja jangan sampai di cari dan di ikuti dari mana sumber suara gamelan tersebut. 

2_Tanjakan Bapa Tere 

 Tanjakan Bapa Tere atau Tanjakan Bapa Tiri, tanjakan ini merupakan salah satu tanjakan yang sangat terjal, hingga sering disebut sebagai tanjakan terextrim bagi para pendaki yang melintasinya.

 Konon ceritanya jalur pendakian ini dinamakan Bapa Tere karena dalam cerita dahulu kala pernah ada seorang ayah tiri yang kejam mengajak anaknya mendaki gunung ini. Namun tiba-tiba, sang anak tersebut di bunah dan meninggal saat berada di tanjaka tersebut sehingga kadang muncul sosok seorang anak yang minta tolong. 

3_Nyi Lingga dan Macan Tutul Nyi Lingga  

 Nyi Lingga dan Nyi Lingga Macan Tutul merupakan salah satu tokoh yang dianggap sebagai penjaga kawasan Batu Lingga Gunung Cermai. Tokoh ini juga dikaitkan dengan salah satu tokoh Wali Songo yaitu Sunan Gunung Jati. Nyi Lingga konon adalah sosok yang melanjutkan persemedian Sunan Gunung Jati di atas batu besar bernama Batu Lingga. Bahkan, ia ditemani oleh dua jenis macan tutul yang kemungkinan besar memperoleh ilmu Kanuragan. 

 Namun di tengah meditasinya, Nyi Lingga gagal dan meninggal dunia. Dari situlah cerita mistis ini bermula ketika ada sesosok nenek tua dan macan tutul di kawasan Batu Lingga, kemungkinan besar itu adalah sosok gaib Nyi Lingga dan binatang buas kesayangannya yang waktu itu meninggal d lokasi tersebut. 

 4_Tradisi menghindari makhluk gaib 

 Gunung Cermai mempunyai tradisi ritual menghindari dari gangguan makhluk gaib. Hal itu dibenarkan oleh salah seorang penjaga Gunung Cermai bernama Maman. 

Ia kerap menyarankan para pendaki untuk sebelum menginjakan kaki lebih jauh di tanah Gunung cermai, para pendaki di sarankan untuk menghentakan kakinya sebanyak tiga kali ke tanah dan menyapa makhluk gaib minta selama pendakian jangan di ganggu. 

5_Larangan di Gunung Cermai 

 Jangan lupa Gunung Cermai juga mempunyai pantangan seperti di Gunung-Gunung yang lainya yaitu berhati-hatilah jika ingin mendaki Gunung Cermai karena ada beberapa pantangan yang perlu kita waspadai saat mau mendaki.

 Menurut juru kunci Gunung Ceremai, larangannya adalah tidak boleh memegang loofah, tidak boleh mengeluh, tidak boleh buang air kecil atau besar sembarangan, dan setiap kali pendaki ingin masuk atau keluar lokasi harus mengucapkan salam menyapa dengan sopan.

itulah sekelumit cerita tentang Gunung cermai baik secara mitos dan mistisnya semoga bisa bermanfaat dan menjadikan perhatian yang mau bertandang ke Gunung cermai._(100)

Posting Komentar untuk "CERITA MISTERI GUNUNG CERMAI YANG MELEGENDA"