Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cerita Mitos Gunung Merbabu: Waspada Setan Minta Gendong?

5 Cerita Mitos Gunung Merbabu

 Pemandangan dan kepulan asap tampak begitu jelas di lereng Gunung Merbabu yang berlokasi di Desa Lencoh, Kecamatan Selo, Boyolali. Secara administratif gunung ini meliputi tiga wilayah di Jawa Tengah yaitu Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Semarang. 

  Gunung Merbabu mempunyai tempat pertapaan yang terkenal dan pernah dikunjungi oleh  sastrawan Sunda Bujangga Manik yang berkeliling Jawa dan Bali.Gunung Merbabu juga dikenal sebagai jalur pendakian yang menjadi tujuan para pendaki gunung dan pecinta alam. Namun Gunung Merbabu juga memiliki unsur mistis yang kuat dan banyak pendaki yang mengalami kejadian misterius di jalur pendakian Gunung Merbabu. 

 Tertulis dari beberapa sumber yang telah digali. Konon ada lima hal misterius dalam perjalanan mendaki Gunung Merbabu, yaitu: 

 1)_Harimau Merbabu 

 Harimau Merbabu, yang juga dikenal sebagai harimau hantu belang, konon kadang mengganggu manusia dengan aumannya yang tidak berwujud. Bahkan pernah terjadi kematian seorang perempuan yang diduga diserang makhluk gaib berupa harimau pada tahun 2008. Saat ditemukan, perempuan tersebut sudah meninggal akibat digigit binatang buas. Kabar ini menjadi kontroversial karena masyarakat meyakini tidak ada lagi hewan buas atau harimau di Gunung Merbabu selain Harimau ghaib tersebut. 

 2)_Watu Gubug 

 Kemegahan Batu Gubug sudah diketahui oleh para pendaki yang pernah atau rutin menempuh jalur Thakelan. Tumpukan bebatuan menyerupai gua-gua kecil di sepanjang jalur ini konon merupakan pintu masuk alam gaib Gunung Merbabu dan konon sering dikunjungi untuk ritual serta sering digunakan para pendaki untuk berteduh. 

  3)_Setan minta gendong

  Pasar Setan yang dikenal dengan Pasar Gunung Merbabu.konon sering ada setan yang meminta pendaki untuk menggendongnya sampai atas. Si setan duduk di atas pendaki dan membimbingnya ke puncak gunung tanpa sepengetahuan pendaki. Biasanya kalau setan minta digendong, dia memilih pendaki yang suka mengeluh dan berbau wewangian menyengat.  

 4)_Genduruwo 

 Masyarakat mengetahui kisah makhluk besar dan tinggi yang disebut genderuwo karena sosoknya yang tinggi menakutkan, bermata merah, dan badannya berbulu lebat. Bercerita tentang mitos yang sering beredar di kalangan warga dan pendaki  Gunung Merbabu pada malam hari. Makhluk ini dijadikan peringatan bagi para pendaki gunung agar selalu menghormati gunung dengan tetap menjaga perilaku dan lingkungan disekitarnya. 

 5)_Kerajaan Puncak Gunung 

kraton ghaib inilah yang diyakini kebanyakan orang. Konon Gunung Merbabu, tepatnya di Puncak Kenteng Songo, pernah dijadikan pusat pemerintahan pada masa Dinasti Mataram berkuasa. Namun bersamaan ada juga kerajaan ajaib. kerajaan ghaib mempunyai sarana dan prasarana seperti alun-alun,  gerbang, jalan, pasar dan lainnya. Alun-Alun kerajaan ghaib Gunung Merbabu ini konon terletak di Pos IV Lempong Sampan. Lalu ada dua pasukan  berseragam merah dan hijau. 

 Mitosnya siapa saja yang memakai pakean yang warnanya menyerupai seragamnya Pasukan Merah maka akan diusir, sedangkan Pasukan Hijau akan menyambutnya dan sebaliknya. Oleh karena itu, pendaki diimbau untuk tidak mengenakan pakaian berwarna merah atau hijau saat mendaki Gunung Merbabu untuk menghindari terjadinya hal-ahal yang tidak diinginkan.  

Mengenai fenomena alam yang ada di sekitar kita, baik yang berhubungan dengan alam ghaib dan alam nyata itu semua memang ada,dan kepada Alloh lah semua itu kita kembalikan.karena alam ini baik yang ada di bumi dan di langit semuanya milik Alloh.

 Allah subhanahu wata'ala berfirman:

وَلِلَّهِ غَيْبُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَإِلَيْهِ يُرْجَعُ الْأَمْرُ كُلُّهُ فَاعْبُدْهُ وَتَوَكَّلْ عَلَيْهِ ۚ وَمَا رَبُّكَ بِغَافِلٍ عَمَّا تَعْمَلُونَ

Dan kepunyaan Allah-lah apa yang ghaib di langit dan di bumi dan kepada-Nya-lah dikembalikan urusan-urusan semuanya, maka sembahlah Dia, dan bertawakkallah kepada-Nya. Dan sekali-kali Tuhanmu tidak lalai dari apa yang kamu kerjakan:"(QS Hud:123).

Wallohu 'alam._(89)

Posting Komentar untuk "5 Cerita Mitos Gunung Merbabu: Waspada Setan Minta Gendong?"