Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CERITA DAYA TARIKNYA WISATA DI GUNUNG GUNTUR GARUT JAWA BARAT

CERITA DAYA TARIKNYA WISATA DI GUNUNG GUNTUR GARUT JAWA BARAT

 Gunung Guntur adalah salah satu gunung yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung Guntur pernah menjadi salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia pada abad ke-18. 

 Sebagai gunung berapi aktif, Gunung Guntur pernah meletus sebanyak 23 kali antara tahun 1800 dan 1847. 

 Bukit Gunung Guntur juga memiliki berbagai daya tarik dan pesona alam yang indah dan memanjakan mata para pendaki gunung dan wisatawan. kenali sejarah dan pesona Bukit Gunung Guntur di bawah ini. 

 Sekilas tentang Bukit Gunung Guntur 

 Gunung Guntur terletak di Kabupaten Garut, Desa Dukuh, Desa Pananjung, Kecamatan Tarogong Kaler. 

 Berdasarkan penuturan badan-penghubung.jabarprov.go.id, Gunung Guntur berada pada ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut dan memiliki kawah besar di salah satu puncaknya. 

  Gunung Guntur merupakan salah satu jenis gunung berapi yang mempunyai bentuk kerucut seperti limas, lebih curam di bagian atas dan landai di bagian bawah. 

  Hal ini menjadikan Gunung Guntur sebagai kawasan yang cukup ekstrim dan sulit bagi para pendaki. 

 Gunung Guntur berlokasi hanya berjarak sekitar 5 km dari Terminal Garut Kota. Wisatawan bisa mencapai kaki bukit Gunung Guntur dengan mobil pribadi atau angkutan kota jalur Garut-Cipanas. 

 Sejarah Bukit Gunung Guntur 

 Nama Bukit Gunung Guntur konon diambil dari suara letusannya yang dahsyat dan menggelegar seperti petir. 

 Pasalnya, Gunung Guntur dikenal sebagai salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia dan pernah meletus beberapa kali antara tahun 1800 hingga 1847. 

 Dalam kurun waktu tersebut, Gunung Guntur meletus sebanyak 23 kali. Letusannya terjadi dalam jangka waktu singkat yaitu 1-3 tahun, dan jangka waktu terlama 6-7 tahun.  Salah satu letusan Gunung Guntur yang paling dahsyat tercatat pada tahun 1840. 

  Saat itu gunung Guntur tiba-tiba mengeluarkan lava dan bebatuan yang membara dengan suara yang sangat keras. 

  Langit menjadi gelap sehingga pada siang hari masyarakat yang tinggal di sekitar kawah Gunung Guntur harus menyalakan obor untuk penerangan. 

  Letusan Gunung Guntur juga merusak ribuan hektar lahan pertanian, menghancurkan beberapa desa, dan memakan puluhan korban jiwa. 

 Namun, Gunung Guntur belum pernah meletus lagi sejak tahun 1847 sampai kini.dan sudah tidak aktif selama bertahun-tahun.

 Pesona Bukit Gunung Guntur 

 Bukit Gunung Guntur merupakan salah satu bukit yang juga menjadi tempat liburan favorit para wisatawan karena terkenal dengan udara pedesaan yang sejuk dan ilalang yang asri. 

 Berikut daya tarik Bukit Gunung Guntur.  

 1.Terdapat empat puncak dengan pemandangan yang indah 

 Meski kawasan Gunung Guntur bukanlah kawasan populer seperti Gunung Rinjani dan Bromo, namun gunung ini juga memiliki pemandangan alam yang sangat indah. 

 Bukit Guntur mempunyai 4 puncak yaitu Puncak Guntur, Puncak Kabuyutan, Puncak Parayupan dan Puncak Masigit yang masing-masing mempunyai pesona keindahan alam yang berbeda-beda. Hal ini membuat banyak wisatawan yang tertarik untuk menjelajahi keempat puncak Bukit Gunung Guntur. 

 2.Spot foto yang menarik bagi wisatawan 

 Kawasan pegunungan Guntur umumnya memiliki tanah berpasir dan berbatu, sehingga kawasan tersebut tidak  ditumbuhi pepohonan lebat seperti pegunungan lainnya di Indonesia. 

 Namun kawasan bukit gunung Guntur dikelilingi oleh ilalang indah yang tidak lain seperti panorama gurun Afrika. 

 Oleh karena itu, kawasan Gunung Guntur kerap dijadikan lokasi sesi foto prewedding yang unik bagi para wisatawan.  

3.Kaldera yang mempesona 

 Bukit Gunung Guntur juga menyuguhkan keindahan alam berupa kaldera yang indah. 

 Kaldera adalah kawah yang terbentuk akibat letusan gunung berapi. Bentuknya menyerupai kuali besar, diameternya mencapai 2 kilometer. 

  4.Pesona indahnya air terjun curug Citilis  

 Salah satu tempat favorit yang dikunjungi wisatawan di Bukit Guntur adalah Air Terjun Citilise. 

 Aliran air dingin dari air terjun ini tingginya kurang lebih 10 meter. Wisatawan bisa bersantai di area air terjun sambil berfoto bersama. 

  5.Tersedia pemandian sumber air panas 

 Bukit Gunung Guntur merupakan gunung stratovolcano yang diberkati dengan sumber air panas yang melimpah.Setelah lelah mendaki, pengunjung juga bisa menikmati relaksasi di pemandian air panas tersebut. 

 Beberapa sumber air panas yang sering dikunjungi  wisatawan  adalah Telaga Darajat, Sumber Alam Tirta Gangga dan masih banyak lagi yang lainnya. 

 Nah, itulah sekilas sejarah dan daya tarik Gunung Guntur Garut (Jawa Barat) sebagai destinasi wisata untuk mengingatkan kita akan kebesaran Allah SWT. 

 Allah menciptakan gunung-gunung yang menguatkan bumi agar tidak bergoyang atau miring. Allahlah yang mengalirkan sungai-sungai untuk kamu minum, memberi minum binatang dan tumbuh-tumbuhan kalian, Allahlah yang membelah di bumi jalan-jalan yang kamu lalui di muka bumi agar kamu dapat mencapai tujuan tanpa tersesat. 

Allah subhanahu wata'ala berfirman:

وَأَلْقَىٰ فِى ٱلْأَرْضِ رَوَٰسِىَ أَن تَمِيدَ بِكُمْ وَأَنْهَٰرًا وَسُبُلًا لَّعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

Artinya:"Dan Dia menancapkan gunung-gunung di bumi supaya bumi itu tidak goncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk:"(QS An Nahl :15)._(95)


Posting Komentar untuk "CERITA DAYA TARIKNYA WISATA DI GUNUNG GUNTUR GARUT JAWA BARAT"