Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Sederhana Bola Singkong Isi Gula Jawa Enaknya Juara

Resep Sederhana Bola Singkong Isi Gula Jawa Yang Enak Rasanya

Jenis jajanan tradisional yang tidak punah selalu di gemari oleh semua kalangan. mulai dari anak-anak, orang remaja sampai orang dewasa tidak ada bosanya dengan jajanan tradisional ini, karena yang istimewa rasanya.

Cemilan ini enak di luaran, manis di dalamnya, pas ketika disajikan dalam segala cuaca baik dalam cuaca panas-panas maupun dingin,Bola singkong ini tentunya bisa menjadi jajanan enak yang  diidolakan saat musim hujan dan saat perut lapar. Apalagi jika jajanan tersebut di hidangkan ketika masih hangat rasanya nendang mantap luar biasa. Jajanan ini bisa diolah sendiri  bersama keluarga di rumah dengan resep yang sangat sederhana, dan bahan-bahannyapun murah serta mudah didapat yaitu bahan yang benama Singkong yang banyak di jual di pasar Tradisional.

Resep ondol-ondol singkong renyah dan nikmat dengan  gula jawa yang nikmat.Penasaran dengan resepnya?? yuk cari tahu berikut ini. 

Dan jangan lupa anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep berikut ini.

  • Bahan-bahan yang di perlukan:

- 500 gram singkong (parut halus atau di blender diperas untuk diambil ampasnya) 

- 100 gram kelapa parut 

- Gula pasir dan Garam (menurut selera) 

- Gula jawa (di iris halus, sesuai selera) 

- Minyak sayur (secukupnya) ) 


  • Cara Pembuatanya..

Parutlah atau di blender singkongnya lalu peras diambil cairannya wadaih baskom kecil. Jika sari singkong pada air perasan singkong sudah mengendap, buang air singkongnya dan ambil tepung singkongnya saja.

 Campurkan sari pati singkong dengan singkong yang sudah di parut, kelapa parut, garam dan  gula pasir dalam satu wadah.setelah itu campurkan semua bahan aduk hingga rata biar rasanya merata.

Ambil sesendok singkong, pipihkan di tangan, masukan irisan /butiran gula jawa, gulung bulat-bulat.

Pastikan ada gula jawa di dalam ondol-ondol singkongnya buat memastikan menambah cita rasa terasa jebakan mak nyus rasanya.

setelah proses di bikin ondol-ondol yang sudah di isi gula jawa.

Langkah selanjutnya. Panaskan minyak, siap-siap menggoreng ondol-ondol singkong ini dengan api sedang hingga berwarna coklat keemasan.. 

Ambil bola-bola singkong yang sudah digoreng tadi lalu di tiriskan agar minyaknya tidak banyak terbawa, sajikan selagi masih panas.Agar bola-bola singkong  lebih harum dan nendang rasanya, tambahkan margarin pada minyak goreng agar rasa lebih gurih.

 Selamat mencoba resep  jebakan ondol-ondol isi gula jawa ini dan semoga keluarga di rumah bahagia dalam menikmatinya.

Posting Komentar untuk "Resep Sederhana Bola Singkong Isi Gula Jawa Enaknya Juara"