Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MOMENTUM BULAN MAULID MERAIH HIKMAH

MOMENTUM BULAN MAULID MERAIH HIKMAH

MOMENTUM BULAN MAULID MERAIH HIKMAH KETELADANAN NABI

 Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam adalah teladan yang baik dalam berbagai aspek kehidupan, tidak ada manusia yang demikian sempurna dapat diteladani karena di dalam dirinya terdapat berbagai sifat mulia.

 Setiap manusia perlu mencari figur untuk dijadikan contoh agar hidupnya terarah dan sesuai dengan tuntunan Allah subhanahu wata'ala, maka agar memudahkan manusia diciptakanlah prototype dari jenis manusia bukan dari jenis Jin atau binatang tetapi dari jenisnya yaitu manusia sebagaimana Allah subhanahu wata'ala tuliskan an dalam Al-Qur'an Surat Ali 'Imran ayat 164:

Alloh subhanahu wata'ala berfirman:

لَقَدْ مَنَّ اللّٰهُ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ اِذْ بَعَثَ فِيْهِمْ رَسُوْلًا مِّنْ اَنْفُسِهِمْ يَتْلُوْا عَلَيْهِمْ اٰيٰتِهٖ وَيُزَكِّيْهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتٰبَ وَالْحِكْمَةَۚ وَاِنْ كَانُوْا مِنْ قَبْلُ لَفِيْ ضَلٰلٍ مُّبِيْنٍ

 Artinya :“Sungguh Allah telah memberi karunia kepada orangorang yang beriman ketika Allah mengutus diantara mereka seorang rasul dari golongan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat Allah, membersihkan (jiwa) mereka, dan mengajarkan kepada mereka Al-Kitab dan Al-Hikmah. Dan sesungguhnya sebelum (kedatangan Nabi) itu, mereka adalah benar-benar dalam kesesatan yang nyata:"(QS Ali "Imron :164).

 Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam adalah teladan yang baik dalam berbagai aspek kehidupan, tidak ada manusia yang demikian sempurna dapat diteladani karena di dalam dirinya terdapat berbagai sifat mulia, disamping itu, Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam juga pernah mengalami berbagai keadaan dalam hidupnya, beliau pernah merasakan hidup sebagai orang yang susah sehingga dapat menjadi teladan bagi orang orang yang sedang mengalami kesulitan hidup bahkan beliau juga pernah jadi orang kaya sehingga dapat jadi teladan bagaimana seharusnya menggunakan kekayaan dan beliau pernah jadi pimpinan diberbagai bidang sehingga kita dapat meneladani kepemimpinannya.

 Sebelum menyuruh para sahabat untuk melakukan suatu perbuatan, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam selalu memberi contoh lebih dahulu bagaimana melakukan perbuatan itu, metode pemberian contoh atau teladan ini tampak sangat efektif, karena para sahabat langsung dapat melihat sendiri bagaimana ajaran Nabi shallallahu 'alaihi wasallam itu dipraktikkan.

 Selain itu, bahasa tindakan lebih efektif dibandingkan bahasa lisan, artinya bukan sekadar memberi contoh, melainkan contoh yang menciptakan pesan, nasihat yang tepat sasaran, cocok untuk audiens/komunikator/jamaah.

 Di antara kaidah moral dakwah Nabi Shallallahu 'alayhi wasallam tidak memisahkan perkataan dan perbuatan. Bahkan kode etik akhlak ini diterapkan Nabi Shallallahu 'alayhi wasallam dengan memberikan contoh kepada para sahabatnya. Contoh dalam soal sholat.

Nabi shollallohu 'alaihi wasallam bersabda:

صَلُّوْا كَمَا رَأَيْتُمُونِيْ أُصَلِّيْ

“Sholatlah sebagaimana kalian melihatku sholat:"(HR  Bukhari :631).

 Keteladanan dan pemberian contoh merupakan cara yang efektif untuk mencapai tujuan dan sasaran, menyampaikan hadis dengan cara ini bahkan dapat cepat dipahami oleh para sahabat. Sifat-sifat mulia yang melekat pada diri sang Nabi yang kita kenal dengan  sifat siddiq, amanah, tabligh dan fathanah, bahkan Nabi Muhammad Shallallahu 'alayhi wasallam pun dianugerahi gelar amanah Al-Amin yang dapat dipercaya.

 Dari sifat sabarnya didalam membimbing Umat, Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam termasuk para nabi yang diberikan gelar Ulul Azmi yaitu yang memiliki ketabahan dan kesabaran didalam menghadapi ujian dan cobaan orangorang yang membencinya bahkan sampai melampaui batas.

 Begitulah keluhuran sifat-sifat yang dapat diteladani dari Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam didalam meraih kesuksesan hidup, bahkan Nabi mengajarkan kepada kita umatnya bahwa hidup ini penuh dengan perjuangan, jika ingin meraih kesuksesan membutuhkan nilai-nilai luhur didalam kepribadian.

 Buah dari keteladana Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam didalam mengenalkan sifat-sifatnya adalah dapat merubah sebuah peradaban dunia dari kegelapan menuju cahaya hidayah Islam hanya dalam waktu yang begitu singkat 13 Tahun di Mekkah merubah aqidah dan 10 Tahun di Madinah dapat merubah keadaan akhlaq dan muamalah yang terbaik di muka bumi ini.

 Dalam sejarah dakwah Nabi di Thaif menerima tekanan dan penghinaan bahkan sampai dilempari batu hingga sang Nabi berdarah namun demikian nabi tidak membalas dengan keburukan bahkan ditawarkan malaikat untuk ditimpakan gunung agar binasa kaum yang durjana, justru nabi mendoakan kaun Tsaqif di Thaif dengan doa hidayah agar suatu saat anak keturunannya mau menerima Islam, ternyata doa nabi dikabulkan sekarang,Thaif menjadi wilayah yang penuh cahaya keimanan.

 Wallahu a'lam. 

Posting Komentar untuk "MOMENTUM BULAN MAULID MERAIH HIKMAH"