Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Misteri Paling Aneh Gunung Merapi, Larangan yang Pendaki Wajib Tahu

CERITA MISTERI MISTIS GUNUNG MERAPI JAWA TENGAH

Gunung Merapi yang berada di perbatasan Jogja dan Jawa Tengah, merupakan salah satu gunung yang banyak menyimpan cerita mistis yang masih dipercaya hingga saat ini.

 Legenda ini mengiringi sejarah dan perkembangan kehidupan warga sekitar Gunung Merapi.

 Gunung Merapi merupakan salah satu gunung paling teraktif yang paling dikenal masyarakat Indonesia karena sifatnya yang sangat aktif.

 Gunung yang berada di ketinggian 2.968 meter di atas permukaan laut ini sering mengeluarkan asap yang menimbulkan kesan seram dan menakutkan.

 Selain dikenal sebagai gunung paling aktif, Gunung Merapi juga dikenal menyimpan banyak mitos yang diyakini masyarakat secara turun-temurun.

Baik asal usul maupun cerita mistisnya, legenda-legenda tersebut mengiringi sejarah keberadaan Gunung Merapi hingga saat ini.

 Simak mitos Gunung Merapi Jogja berikut ini yang disadur dari buku “Penanganan Tanah Merapi Pasca Letusan Antara Berkah dan Bencana” (2019) karya Beny Harjadi dan kawan-kawan.

 Mitos Gunung Merapi Sebagai Titik Keseimbangan Pulau Jawa Asal muasal Gunung Merapi konon diciptakan untuk menyeimbangkan pegunungan di Jawa Barat, karena diyakini Pulau Jawa  akan miring ke arah barat dan bagian yan sebelah barat akan tenggelam.

 Penciptaan Gunung Merapi dilakukan dengan memindahkan suatu gunung ke Jawa Tengah.

 Gunung yang dipindahkan dinamakan Gunung Jamurdipa.

 Gunung ini merupakan rumah bagi dua empu pembuat keris, Empu Permadi dan Empu Rama.

 Para empu memperbolehkan para dewa memindahkan gunung jika keris yang mereka bikin sudah jadi di atas gunung sana.

 Namun para dewa tidak sabar, sehingga ketika keris tersebut baru setengah jadi, gunung dan keris tersebut dipindahkan oleh para dewa ke tengah Pulau Jawa.

 Sehingga tungku perapan si empu kini menjadi kawah yang mengeluarkan api terus menerus dan jika kerisnya bergoyang  maka akan terjadi letusan.

 Karena tungkunya terus menerus mengeluarkan api dan selalu mengeluarkan lahar yang membara, maka gunung tersebut dinamakan Gunung Merapi.

 Istana Merapi Gunung Merapi dipercaya mempunyai kerajaan gaib yang biasa dikenal dengan Istana Merapi.

 Kerajaan gaib ini konon sudah ada sejak zaman Kerajaan Mataram, namun dihuni dan dikuasai oleh  jin.

 Dahulu Keraton Merapi dikenal mempunyai hubungan yang erat dan mesra dengan Keraton Mataram.

 Istana Merapi bahkan disebut-sebut membantu tentara Kerajaan Mataram  memenangkan perang dengan meletuskan Gunung Merapi.

 Seperti istana pada umumnya, Istana Merapi juga konon merupakan tempat tinggal sejumlah tokoh kondang hingga warga kawasan Merapi.

 Tokoh-tokoh tersebut mempunyai tugas masing-masing dalam menjaga keberadaan Gunung Merapi, antara lain Eyang Merapi, Eyang Sapu Jagad, Eyang Megantara, Eyang Antaboga, Kyai Petruk, Kyai Sapu Angin, Kyai Wola Wali, Nyi Gadung Melati dan Kartadimejo.dan sampai sekarang masih ada yang menyakini akan keberadaan hal tersebut.

 Pasar Bubrah 

 Pasar Bubrah merupakan legenda paling terkenal tentang Gunung Merapi.

 Pasar Bubrah sendiri merupakan nama pasar ajaib (Ghoib) yang terletak di lereng dekat kawah Merapi.

 Lokasinya yang datar dan sebagian besar berbatu menjadikannya tempat favorit para pendaki untuk beristirahat, bermalam dan menunggu fajar.

 Legenda pasar Bubrah  lahir dari cerita warga dan pendaki yang bermalam di tempat ini.

 Pada malam hari, masyarakat yang beristirahat di tempat ini sering mendengar suara-suara ramai seperti di pasar pada umumnya.

 Banyak orang yang percaya bahwa tempat ini adalah pasar besar Istana Merapi.

 Batu-batu besar tersebut konon melambangkan kios, meja dan kursi para makhluk halus.

 Mitos lain tentang Merapi Selain dikatakan sebagai penyeimbang Pulau Jawa, Gunung Merapi juga menyimpan misteri dan mitos yang diyakini oleh masyarakat sekitar Merapi, antara lain: Suara Tangisan Manusia sering terdengar  dari dalam Bunker Kaliadem.

 Batu di Puncak Garuda terletak di puncak Gunung Merapi.

 Keberadaan Patung Nyai Gadung Melati di Gunung Wutoh atau Gerbang Istana Merapi.

 Kyai Petruk dianggap sebagai pemberi pertanda letusan dahsyat Merapi tahun 2010.

 Sebagian besar kawasan Gunung Merapi, mulai dari hutan, bukit, danau hingga gua, konon angker.

 Gunung Merapi penuh dengan  mitos dan misteri yang menyertainya.

 Bagi kita yang berencana berkunjung ke kawasan Gunung Merapi, ingatlah untuk selalu menjaga sopan santun dan mengikuti  adat istiadat setempat agar terhindar dari hal-hal yang tidak terduga dan tidak di inginkan.

 Mengenai hal-hal ghaib, ada kalanya manusia kurang memahaminya, karena hanya Allah yang dapat memberitahukannya tentang hal-hal ghaib.

 Segala sesuatu yang tidak kelihatan di langit dan di bumi adalah milik Tuhan. dan Kepada-Nya segala sesuatu kembali.

 Maka sembahlah Dia (Sholat) dan berimanlah kepada-Nya.

 Tuhanmu tidak akan lengah terhadap apa yang kamu lakukan di dunia ini.

 Allah subhanahu wata'ala berfirman: 

وَلِلَّهِ غَيْبُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ وَإِلَيْهِ يُرْجَعُ ٱلْأَمْرُ كُلُّهُۥ فَٱعْبُدْهُ وَتَوَكَّلْ عَلَيْهِ ۚ وَمَا رَبُّكَ بِغَٰفِلٍ عَمَّا تَعْمَلُونَ

Artinya: Dan kepunyaan Allah-lah apa yang ghaib di langit dan di bumi dan kepada-Nya-lah dikembalikan urusan-urusan semuanya, maka sembahlah Dia, dan bertawakkallah kepada-Nya. Dan sekali-kali Tuhanmu tidak lalai dari apa yang kamu kerjakan:"(QS Hud :123).



Posting Komentar untuk "Misteri Paling Aneh Gunung Merapi, Larangan yang Pendaki Wajib Tahu"