Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KATA "SYIRIK DAN SIRIK" KELIHATANYA SAMA TETAPI ARTINYA TIDAK SAMA

KATA "SYIRIK DAN SIRIK" KELIHATANYA SAMA TETAPI  ARTINYA TIDAK SAMA

 (SYIRIK - SIRIK) Pernahkah Kita mengucapkan kata-kata tersebut, atau mendengar, menulis dan membaca kedua istilah di atas? Apakah penempatan atau penggunaan kata ini benar dalam percakapan atau tulisan? Mari kita bahas dengan jelas agar kita paham dan tidak salah dalam penggunaan kata tersebut.

 1. Syirik adalah perbuatan mempersekutukan Allah subhanahu wata'ala. dengan kata lain Percaya terhadap suatu benda atau barang yang mempunyai kekuatan ghoib (kesaktian).

 Allah subhanahu wata'ala berfirman:

إِنَّ اللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدِ افْتَرَى إِثْمًا عَظِيمًا

 Artinya:"Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni (dosa) karena mempersekutukanya (syirik), dan Dia mengampuni dosa selain (syirik) itu bagi siapa saja yang Dia kehendaki. Barangsiapa mempersekutukan Allah, maka sungguh dia telah berbuat dosa yang besar:"(QS An-Nisa :48).

 2.Sirik adalah Iri hati dengki ketidakpuasan terhadap anugrah yang di punyai orang lain.

 Dalam surat An-Nisa ayat 32 dijelaskan tentang (Sirik):

Alloh subhanahu wata'ala berfirman:

وَلَا تَتَمَنَّوْا۟ مَا فَضَّلَ ٱللَّهُ بِهِۦ بَعْضَكُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ ۚ لِّلرِّجَالِ نَصِيبٌ مِّمَّا ٱكْتَسَبُوا۟ ۖ وَلِلنِّسَآءِ نَصِيبٌ مِّمَّا ٱكْتَسَبْنَ ۚ وَسْـَٔلُوا۟ ٱللَّهَ مِن فَضْلِهِۦٓ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ بِكُلِّ شَىْءٍ عَلِيمًا

 Artinya:"Dan janganlah kamu iri  terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (Sebab) bagi orang laki-laki ada bahagian daripada apa yang mereka usahakan, dan bagi perempuan (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan.dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunianya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu:"(QS An-Nisa:32).

 Istilah syirik mengikuti istilah-istilah agama Islam dan  juga ditemukan di kamus-kamus besar bahasa Indonesia (KBBI).

 sedangkan istilah sirik hanya ada di kamus-kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), sehingga jika kita mencari istilah sirik menurut istilah-istilah agama Islam maka kita tidak akan menemukannya karena dalam agama Islam istilah Sirik _ di ganti dengan istilah iri dan dengki.

Mungkin ada di antara kita yang pernah mendengar bahwa dalam sinetron televisi-televisi di Indonesia terdapat dialog-dialog yang menggunakan kata istilah sirik, misalnya dialog berikut ini:

"sirik aja kamu, aku ini orang kaya jadi terserah aku mau makan di mana aja.”

 “Kamu Sirik ya pada orang itu yang paling cantik di desa ini.”

 "Dia Sirik padamu karena punya pacar tampan."

 dan masih banyak lagi percakapan lainnya yang sering kita dengar baik di TV maupun di kehidupan sehari-hari, bahkan  ada  yang mengatakan "sirik itu tandanya tak mampu bersaing".

 Mohon hati-hati dalam menulis kata ini, jika ditambah kata  "Y  "artinya akan berbeda, dan jika itu terjadi, bersiaplah untuk perdebatan panjang yang menurut kami sungguh tidak ada gunanya jika berdebat tanpa itu mengetahui dasar dalilnya, terkadang orang hanya mendengarkan sepintas dan langsung menilai bahwa apa yang mereka katakan salah dan sebaginya.

wallohu 'alam bisshowaab..


Posting Komentar untuk "KATA "SYIRIK DAN SIRIK" KELIHATANYA SAMA TETAPI ARTINYA TIDAK SAMA"