Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Mengapa Umat Islam Indonesia Membela Palestina - ISLAM NUSANTARA

Alasan Mengapa Umat Islam Indonesia Membela Palestina - ISLAM NUSANTARA

Pernyataan yang sangat provokatif dan berlebihan. Sekilas mengandung kebenaran, namun pada hakikatnya nilai-nilai kemanusiaan terpendam. Jika Anda melihat orang-orang kelaparan atau kehilangan anggota tubuh akibat serangan roket atau bom, Anda pasti akan merasa kasihan.

Meskipun banyak komunitas dan organisasi di seluruh negeri meminta sumbangan dan bantuan untuk warga Palestina di Gaza, beberapa organisasi dan individu berkomentar: Ada banyak orang di negara Anda yang kekurangan hal ini dan membutuhkan bantuan. ”

Mengapa kita harus melindungi Palestina? Pertanyaan ini sering ditanyakan di berbagai forum diskusi dan media sosial. Bahkan ada pihak yang bersikap skeptis dan menganggapnya tidak penting.💁

Keadaan Indonesia dan Palestina hari ini tidaklah sama. Indonesia bukan negara yang sedang dilanda konflik dan perang. Kita di masih bisa tidur nyenyak, makan dan minum sepuasnya, jalan-jalan dan menikmati liburan. Sedangkan warga Palestina tak bisa tidur. Ketika mereka membuka jendela, bukan gemerlap bintang yang mereka lihat di kala malam, melainkan serangan roket yang menghiasi langit Gaza.

Yang mengejutkan, india memiliki populasi Muslim terbesar di dunia, diikuti oleh Pakistan, India, dan Bangladesh. Total penduduk Indonesia adalah 86,7% beragama Islam. Artinya, wajar jika Indonesia memberikan bantuan kepada warga Palestina yang menjadi korban perang dan agresi Israel.

Dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina tidak hanya didasarkan pada faktor agama. Namun yang lebih penting adalah sikap empati terhadap apa yang terjadi di Palestina. Apalagi Indonesia telah lama menjalin hubungan baik dengan Palestina. Dan rakyat Palestina mempunyai hak untuk merdeka dari kolonialisme Israel.

  • Berikut INI ENAM alasan mengapa Indonesia harus membela dan mendukung kemerdekaan Palestina 

1. Di Dalamnya Terdapat Kiblat Pertama Umat Islam 

Masjidil Aqsha yang terletak di kota tua Yerusalem merupakan kiblat pertama umat Islam sebelum beralih ke Masjidil Haram di Makkah. Baik Masjid Al-Aqsa dan Masjid Al-Haram, keduanya merupakan masjid suci yang dibangun pertama kali oleh Nabi Ibrahim 'alaihissalam.

"....Kami tidak menjadikan kiblat yang (dahulu) kamu (berkiblat) kepadanya melainkan agar Kami mengetahui siapa yang mengikuti Rasul dan siapa yang berbalik ke belakang. Sungguh, (pemindahan kiblat) itu sangat berat, kecuali bagi orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah. Dan Allah tidak akan menyia-nyiakan imanmu. Sungguh, Allah Maha Pengasih, Maha Penyayang kepada manusia." (QS. Al-Baqarah Ayat 143)

2. Di Dalamnya Terdapat Masjid Suci yang Disunnahkan untuk Dikunjungi

Dalam satu Hadis, Rasulullah ﷺ menganjurkan umatnya untuk mengunjungi tiga tempat di dunia. Beliau bersabda:

"Tidak boleh bersusah-payah bepergian, kecuali ke tiga masjid, (yaitu) Masjidil Haram (Makkah), Masjid Rasulullah (Madinah), dan Masjidil Aqsha (Baitul Maqdis Palestina." (HR Al-Bukhari dan Muslim)


3. Saksi Perjalanan Isra Mi'raj Nabi Muhammad ﷺ 

Allah berfirman tentang keistimewaan Masjid Al-Aqsha

"Maha Suci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat." (QS. Al-Isra Ayat 1)

4. Negara Islam Pertama yang Mendukung Kemerdekaan Indonesi

Ketika Indonesia masih berjuang untuk merebut kemerdekaannya, pada September 1944, Mufti dari Palestina bernama Syaikh Muhammad Amin al-Husaini dengan semangat dan suara lantangnya memberikan dukungan untuk kemerdekaan Indonesia. Dukungan untuk Indonesia ini disiarkan melalui radio Jerman berbahasa Arab yang kemudian menyebar ke penjuru negara lainnya.

5. Karena Penduduk Palestina yg Sedang dijajah israel Merupakan Suku Finiki dan Kanan. Dua suku Arab ini asalnya dri palestina.

6. Karena Sesama muslim yg tdk mungkin membiarkan saudaranya tersakiti, dalam hadist Rasulullah SAW berkata,

"orang muslim seperti satu jasad, kalau satu luka, sedikit luka, maka akan membuat seluruh itu demam." (HR Bukhari dan Muslim).


Selain keempat alasan di atas, sebenarnya masih banyak alasan lain mengapa Indonesia harus membela dan mendukung kemerdekaan Palestina. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Alasan Mengapa Umat Islam Indonesia Membela Palestina - ISLAM NUSANTARA "