Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KENAPA KITA HARUS MENJAGA LINGKUNGAN



JAGALAH LINGUNKUNGAN KARENA ITU TERMASUK PRINTAH AGAMA

Kita semua tahu bahwa sebagai manusia, kita harus perduli terhadap lingkungan. Kenapa begitu? Sebab lingkungan yang aman bersih akan membawa kita hidup sehat  dan  suasana hati  nyaman. Seperti halnya dengan lingkungan yang sehat.

 Lingkungan yang sehat adalah lingkungan yang bebas dari kerusakan ekosistem hutan dan laut akibat berbagai  limbah, limbah, pencemaran dan faktor-faktor lain yang dapat mencemari lingkungan. Lingkungan yang sehat akan membawa kita pada pola hidup yang baik, seperti kebutuhan MCK,_ mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, menjaga kebersihan sandang,badan,papan,dan lain-lain.

 Bagaimana cara menjaga kebersihan lingkungan? Setiap hari kita harus membersihkan rumah dan lingkungan rumah, membuang sampah pada tempatnya, membersihkan tempat basah dan tempat lainnya agar terbebas dari hal-hal yang mencemari lingkungan. Dengan begitu, lingkungan kita akan  bersih dan nyaman.

 Pentingnya menjaga lingkungan hidup  masyarakat adalah untuk membantu masyarakat menjadi lebih tertib dan teratur, sehingga tercipta keseimbangan dan keselarasan antara lingkungan dalam ruangan dengan lingkungan alam, serta dapat dihindari sedini mungkin kemungkinan terjadinya bencana tanah longsor, banjir, perkembangbiakan nyamuk dan serangga lainnya yang menyebabkan munculnya banyak penyakit dan wabah pageblug. 

Dimulai dari hal terkecil, Mulailah dengan membersihkan semua selokan dan tempat sampah di sekitar kita. Menjadikan lingkungan  lebih bersih dan mendapat  oksigen  lebih banyak, terhindar dari serangan polusi udara yang berbahaya, menjadikan suasana lebih segar dan nyaman (aman), agar dapat lebih konsentrasi dalam beraktivitas.Aktivitas sehari-hari, dan disertai untuk beribadah kepada Alloh subhanahu wata'ala..

 Dan jika kita melihatnya dari sudut pandang agama islam, kita bisa menemukan dalil yang kaitanya dengan printah Alloh subhanahu wata'ala,dalam hal pembahasan terkait dengan printah menjaga lingkungan.bisa kita lihat bersama di bawah ini.

 Di antara perintah-perintah yang Allah berikan kepada umat manusia sebagai wakilnya di muka bumi ini adalah merawat dan menjaga lingkungan hayati tempat kita  hidup, tempat kita untuk beribadah kepada Allah SWT. dan menjaga ekosistem hayati tetap lestari. Sebab bagaimanapun juga lingkungan merupakan faktor penting dalam terlaksananya ritual kehidupan. Inilah sebabnya Allah  melarang terjadinya kerusakan pada permukaan bumi. 

 Allah subhanahu wata'ala berfirman dalam surat Al-A'raf ayat 56:

 وَلَا تُفْسِدُوْا فِى الْاَرْضِ بَعْدَ اِصْلَاحِهَا وَادْعُوْهُ خَوْفًا وَّطَمَعًاۗ اِنَّ رَحْمَتَ اللّٰهِ قَرِيْبٌ مِّنَ الْمُحْسِنِيْنَ

 Artinya, “Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah (diciptakan) dengan baik. Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang yang berbuat kebaikan.”(QS  Al A'rof :56).

 Pada ayat di atas, Allah SWT melarang manusia khususnya umat Islam untuk melakukan kerusakan pada permukaan bumi. Kerusakan yang dimaksud pada ayat di atas meliputi kerusakan terhadap lingkungan hidup yang merupakan bagian dari tempat berlangsungnya kehidupan  manusia untuk melakukan berbagai ritual kehidupan dan keagamaan. Menjaga lingkungan adalah bagian dari melindungi agama juga.

 Dan penjelasan Imam Ibnu Katsir dalam tafsirnya terhadap ayat di atas menjelaskan bahwa larangan di atas akan berdampak besar bagi umat manusia yang melanggarnya. Karena apabila masyarakat melanggar larangan di atas dan menimbulkan kerugian yang besar, maka mereka juga yang harus menanggung akibatnya. Misalnya saja terjadi tanah longsor yang salah satu penyebabnya adalah penebangan pohon secara liar tanpa dilakukan penghijauan, atau  banjir yang disebabkan oleh masyarakat yang sembarangan membuang sampah. Hal-hal tersebut hanyalah sebagian kecil dari sekian banyak bencana yang terjadi karena ulah  manusia sendiri yang tidak mau menjaga lingkungan alam.

 Allah Subhanahu wata'ala berfirman:  

 ظَهَرَ الْفَسَادُ فِى الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ اَيْدِى النَّاسِ لِيُذِيْقَهُمْ بَعْضَ الَّذِيْ عَمِلُوْا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُوْنَ 

  Artinya, “Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)”. (QS Ar-Rum :41).

 Pada ayat di atas Allah menjelaskan bahwa sebenarnya kerusakan yang terjadi di permukaan bumi, baik di laut,udara maupun di darat, sebenarnya disebabkan oleh ulah manusia itu sendiri. Oleh karena itu, jika terjadi bencana alam, pada hakikatnya hal itu disebabkan oleh ulah mereka sendiri. Jadi mari kita mulai dari diri kita sendiri untuk merawat dan menjaga lingkungan tempat kita tinggal. Anda bisa memulainya dengan melakukan hal-hal yang terlihat sepele namun sebenarnya bermanfaat. Seperti membiasakan  membuang sampah pada tempatnya atau kegiatan lain yang pada dasarnya merupakan bagian dari menjaga lingkungan. 

Hal ini pada hakikatnya juga merupakan wujud ungkapan rasa syukur kita atas nikmat yang dilimpahkan kepada kita dan merupakan bagian dari upaya kita untuk menciptakan kenyamanan dan keamanan dalam beribadah kepada Allah SWT.

Posting Komentar untuk "KENAPA KITA HARUS MENJAGA LINGKUNGAN"