Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MERAHASIAKAN AMAL KEBAIKAN KEPADA SESAMA

 MERAHASIAKAN AMAL KEBAIKAN KEPADA SESAMA

Nabi Shallallaahu 'alaihi wasallam bersabda:

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْعَبْدَ التَّقِىَّ الْغَنِىَّ الْخَفِىَّ

 Artinya:"Sesungguhnya Allah mencintai hamba yang bertakwa, hamba yang hatinya selalu merasa cukup dan yang suka mengasingkan diri:"(HR  Muslim :2965, dari Sa’ad bin Abi Waqqash).

Mengasingkan diri yang di maksud amalannya sering tidak ditampakkan pada orang lain.

Coba kita bersikap jujur dan bertanya pada diri sendiri:

 Sudahkah amal sholeh kita bisa kita sembunyikan, bisakah tidak ada seorang pun yang mengetahuinya, bahkan istri dan anak-anak sekalipun.

 Ataukah setiap kali kita beramal sholeh hati dan lidah menjadi gatal ingin segera memperlihatkan dan menceritakannya kepada orang lain?"

 Sungguh tidaklah mudah menyembunyikan amalan sholeh, karena sesungguhnya manusia adalah makhluk yang senang untuk di puji dan di hormati. Dengan menampakan kebaikan dan amal sholehnya maka orang-orang pun akan menjadi menghormati, menghargai, dan memujinya.

MANFAAT MENYEMBUNYIKAN AMAL SHOLEH:

1). Menyembunyikan amal sholeh lebih menjauhkan seseorang dari penyakit riya' dan sum'ah_

Dalam hal riya Alloh SWT berfirman:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تُبْطِلُوْا صَدَقٰتِكُمْ بِالْمَنِّ وَالْاَذٰىۙ كَالَّذِيْ يُنْفِقُ مَالَهٗ رِئَاۤءَ النَّاسِ وَلَا يُؤْمِنُ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۗ

 Artinya: Wahai orang-orang yang beriman, jangan membatalkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan penerima), seperti orang yang menginfakkan hartanya karena riya (pamer) kepada manusia, sedangkan dia tidak beriman kepada Allah dan hari Akhir:"(QS  Al Baqoroh :264).

Dalam hal Sum'ah di terangkan:

Sum'ah adalah sikap atau sifat gemar memperdengarkan menunjukkan amal perbuatan yang telah dilakukan kepada orang lain. Harapannya untuk mendapat sanjungan dan pujian.

Rasulullah SAW bersabda,

مَنْ سَمَّعَ سَمَّعَ اللَّهُ بِهِ، وَمَنْ يُرَائِي يُرَائِي اللَّهُ بِهِ

 Artinya:"Siapa yang memperdengarkan amalanya (kepada orang lain), Allah akan memperdengarkan (bahwa amal tersebut bukan untuk Allah). Dan siapa saja yang ingin mempertontonkan amalnya, maka Allah akan mempertontonkan aibnya (bahwa amalan tersebut bukan untuk Allah):"(HR  Bukhari).

2). Amal sholeh yang tersembunyi adakalanya lebih baik dari pada amal sholeh yang di nampakan seperti halnya dalam bersedekah_

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

إِن تُبْدُوا الصَّدَقَاتِ فَنِعِمَّا هِيَ ۖ وَإِن تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا الْفُقَرَاءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ

 Artinya:"Jika kalian menampakkan sedekah, maka itu adalah hal yang baik sekali. Dan jika kalian menyembunyikannya dan kalian berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik lagi bagi kalian:"(QS  Al-Baqarah :271).

 3). Amal sholeh yang tersembunyikan bisa menjadikan seseorang jauh dari penyakit ujub. Karena ia sadar bahwasanya ia telah berusaha menyembunyikan amalan sholehnya sebagaimana ia telah mati-matian berusaha untuk menyembunyikan kemaksiatan-kemaksiatan dan keburukannya. Jika orang-orang tidak mengetahui kebaikannya maka sebagaimana mereka tidak mengetahui keburukan-keburukannya.

Seperti wasiat para salaf Sebagaimana perkataan Abu Hazim Salamah bin Dinar:

اكتم حسناتك كما تكتم سيئاتك

“Sembunyikanlah kebaikan-kebaikanmu sebagaimana engkau sembunyikan keburukan-keburukanmu.

4). Amal sholeh yang tersembunyikan melatih seseorang terbiasa hanya mencari muka di hadapan Allah dan tidak memperdulikan komentar manusia, karena yang terpenting adalah penilaian Allah dan bukan penilaian manusia_

Allah SWT berfirman:

إِنْ تُبْدُوا الصَّدَقٰتِ فَنِعِمَّا هِىَ  ۖ وَإِنْ تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا الْفُقَرَآءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ  ۚ وَيُكَفِّرُ عَنْكُمْ مِّنْ سَيِّئَاتِكُمْ  ۗ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

 Artinya:"Jika kamu menampakkan sedekah-sedekahmu, maka itu baik. Dan jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang-orang fakir, maka itu lebih baik bagimu dan Allah akan menghapus sebagian kesalahan-kesalahanmu. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan:"(QS  Al-Baqarah :Ayat 271).

Ayat ini menunjukkan bahwa menyembunyikan amalan sholih itu lebih utama secara umum. Karena itu lebih dekat kepada keikhlasan.

5). Menyembunyikan amal sholeh menjadikan seseorang bahagia(baik), karena meskipun tidak ada orang yang menghormatinya ia akan merasa bahagia karena Penguasa alam semesta ini mengetahui amal sholehnya_

Allah SWT berfirman:

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً

 Artinya:"Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik:"(QS  An Nahl :97).

Posting Komentar untuk "MERAHASIAKAN AMAL KEBAIKAN KEPADA SESAMA"