Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan Akun Facebook yang Dihack /Dibajak /Terkena Phising /Kenonaktif, Jangan Panik!!


Cara Mengembalikan Akun Facebook yang Dihack, Terkena Phising, Kenonaktif dll || Jangan Panik ini solusinya!

Facebook merupakan keliru satu pelaksanaan media umum yg terkenal sampai waktu ini. Aplikasi besutan Mark Zuckerberg ini bahkan telah eksis semenjak 2004. Namun, tidak sporadis ada masalah akun Facebook yg dihack. Jangan panik, begini cara mengembalikan akun Facebook yg dihack.

Meski sporadis diincar sang generasi belia waktu ini, Facebook masih sebagai keliru satu pelaksanaan media umum terkenal pada dunia. Tak hanya buat update status, Facebook jua sanggup memperluas koneksi Anda menggunakan bergabung ke aneka macam grup. Bahkan, transaksi jual beli jua terjadi pada pelaksanaan ini.

Di lain sisi, kemudahan teknologi & kehadiran Facebook tidak luput menurut orang-orang yg tidak bertanggung jawab. Banyak peretas alias hacker yg meretas akun Facebook demi meraup laba pribadi.

  • Sejarah Singkat Facebook

Mark Zuckerberg merupakan sosok paling dikenal pada kembali  nama akbar  Facebook. Faktanya, beliau tidak sendirian & dibantu sang sahabat sekamarnya pada asrama kampus Harvard tempatnya berkuliah, yakni Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz, & Chris Hughes.

Facebook pertama kali diluncurkan dalam 4 Februari 2004. Sebagai programmer, Zuckerberg syahdan hanya butuh 2 minggu buat membangun Facebook menggunakan nama awal "Thefacebook" & alamat situs pada thefacebook.com.

Situs Thefacebook mulanya hanya diperuntukkan bagi mahasiswa Universitas Harvard. Dalam bulan pertama, lebih menurut 1/2 populasi mahasiswa pada Harvard telah terdaftar pada situs Thefacebook. Layanan Thefacebook akhirnya merambah ke Universitas lainnya di AS Maret 2004.


Selanjutnya dalam 1 Oktober 2005, layanan Thefacebook terbuka buat mahasiswa pada universitas lain pada banyak sekali penjuru dunia. Thefacebook jua memperluas layanannya buat karyawan pada beberapa perusahaan, termasuk Apple & Microsoft. Pada tahun ini, Zuckerberg jua membuang kata "the" dalam "Thefacebook" & berubah nama sebagai "Facebook" menggunakan domain facebook.com yg dibeli senilai US$200.000.

Layanan Facebook terbuka buat semua orang yg berusia 13 tahun ke atas menggunakan e-mail yg valid dalam September 2006. Jejaring sosial ini pun mulai terkenal diseluruh dunia sampai mengakuisisi WhatsApp dalam 2012 & Instagram dalam 2014. Sejak 2021, Facebook Inc resmi berganti nama sebagai Meta Platforms Inc.

  • Penyebab Akun Facebook Dihack

Setelah Anda memahami sejarah singkat Facebook, sekarang   saatnya mengetahui bagaimana mampu akun Facebook dihack. Ada beberapa cara yg dilakukan sang hacker buat meretas akun Facebook seseorang, berikut penjelasannya:

1. Phising

Metode yg paling tak jarang dipakai buat hack Facebook merupakan teknik phising. Anda mungkin kerap menerima link asing menggunakan iming-iming menerima bantuan gratis akbar  menurut pihak yg mengaku menjadi perwakilan Facebook atau perusahaan tertentu.

apabila mengklik link tersebut, Anda akan diminta mengisi data krusial akun Facebook berupa email & istilah sandi. Nah, menurut situlah hacker mampu masuk & meretas akun Facebook Anda.

2. Software Keylogger

Selanjutnya, hacker mampu memasang aplikasi keylogger dalam laptop atau PC milik korban. Software ini nanti akan merekam seluruh yg diketik korban & akan dikirimkan pada pelaku kejahatan. Pemasangan aplikasi keylogger jua mampu terjadi pada personal komputer  umum, misalnya pada warnet.

3. Melalui Ponsel

Banyak pengguna yg mengakses Facebook lewat ponsel. Hal ini dimanfaatkan hacker yg akan menyusupkan spyware ke ponsel supaya mampu merogoh alih akses ponsel korban. apabila berhasil, akun Facebook mampu dihack

  • Tanda-perindikasi Akun Facebook Dihack/Terkena Phising

Setelah mengetahui penyebab akun Facebook dihack, Anda wajib  paham perindikasi-perindikasi akun Facebook yg dihack. Ini krusial buat cepat merogoh tindakan demi menyelamatkan akun Facebook berdasarkan tangan yg nir bertanggung jawab. Ini perindikasi-perindikasi akun Facebook dihack:

1. Email atau Kata Sandi Berubah

Pertama, apabila akun Facebook Anda dihack akan ada notifikasi email atau istilah sandi yg sudah berubah. apabila Anda TIDAK merasa melakukannya, ini sanggup jadi ulah hacker. Ini dilakukan supaya Anda tidak sanggup mengakses pulang akun Facebook tersebut.

2. Nama atau Informasi Facebook Anda Berubah

Selanjutnya merupakan nama, tgl lahir, atau liputan Facebook lain milik Anda berubah. Selain membarui liputan login, hacker umumnya membarui liputan soal akun Anda. Cara ini bakal menciptakan Anda kesulitan melacak akun Facebook tersebut.

3. Mengirim Permintaan Pertemanan ke Orang Tidak Dikenal

Facebook mempunyai fitur buat bergaul menggunakan pengguna lain pada semua dunia. Namun, umumnya Anda akan bergaul menggunakan seorang yg dikenal pada kehidupan nyata. apabila datang-datang Anda mengirim permintaan pertemanan ke orang yg tidak dikenal, sanggup jadi itu merupakan ulah hacker.

4. Mengirim Pesan yg Tidak Anda Tulis

Terkadang hacker tidak eksklusif membarui liputan login akun Anda. Ada jua yg akan mulai menggunakan mengirim pesan-pesan aneh ke pengguna lain padahal Anda nir merasa melakukannya.

5. Ada Postingan yg Tidak Anda Buat

Tanda terakhir Facebook dihack merupakan terdapat postingan yg sebenarnya tidak Anda buat. Hacker kerap usil menciptakan unggahan aneh ketika meretas Facebook orang lain, mulai berdasarkan status tidak kentara sampai foto tidak senonoh/ saru jangan diklik linknya itu termasuk phising.

  • Cara/ Langkah-langkah memulihkan akun Facebook yang dibajak, dihack / Terkena Phising (bisa Lewat HP ataupun PC)

1. Gunakan opsi pemulihan yang masih tersedia

Biasanya hacker akan langsung ganti nomor HP, email dan kontak terpercaya akun Facebook kamu.

Tapi jika kamu beruntung, misalnya karena kamu cepat tau pesan notifikasi email, ada kemungkinan si hacker belum sempat ganti semuanya, misalnya dia belum sempat hapus kontak terpercaya kamu, nomer dll.

Kamu tinggal gunakan opsi yang tersedia tersebut untuk mendapatkan password baru. Kamu bisa baca halaman untuk proses reset sandi dengan no HP, email ataupun kontak terpercaya.

notifikasi facebook amankan akun anda

Hal ini dijelaskan dihalaman support Facebook disini facebook.com/help/203305893040179. Berikut aku kutip dibawah.

Catatan: Jika email yang terhubung dengan akun Facebook Anda berubah, Anda dapat mengembalikan perubahan ini. Ketika email diubah, kami mengirim pesan ke akun email lama dengan tautan khusus. "Anda dapat mengeklik tautan ini untuk mengembalikan perubahan email dan mengamankan akun Anda.

2. Batalkan perubahan password yang dilakukan hacker

Saat hacker mengubah password Facebook kamu, Facebook akan mengirimkan pemberitahuan terkait hal ini ke email kamu.

Yang perlu kamu lakukan adalah tap link “Secure your account” atau kalau dalam bahasa indonesianya “Amankan akun Anda”.

notifikasi facebook amankan akun anda

Dengan mengeklik link trsbt, Facebook akan membantu kamu memproses pembatalan perubahan password dan email dan membantu kamu dalam proses pengamanan akun tsbt.

Silahkan kalian diikuti langkah-langkah yang diminta Facebook yang kamu klik link tadi dri email pesanmu sampai selesai.

3. Menggunakan Facebook hacked

Tampaknya, Facebook benar-benar menyadari posisinya sebagai salah satu media sosial paling populer di dunia. Buktinya saja, Facebook sudah tahu bahwa kemungkinan para hacker berkeliaran di Facebook sangat tinggi. Makannya, Facebook menghadirkan fitur khusus bernama Facebook Hacked.

Lewat fitur ini, Anda bisa mengembalikan akun dengan mudah. Berikut beberapa langkah yang harus Anda ikuti.

  1. Pertama, masuk ke halaman Facebook Hacked https://www.facebook.com/hacked
  2. Kemudian, klik tombol  biru yang bertulis Akun Saya Dibobol
  3. Ketikkan email atau no hp akun facebook yang Anda gunakan
  4. Jawab beberapa pertanyaan dari pihak Facebook terkait akun Anda yang terkena hack
  5. Ganti password Facebook dan segera keluarkan perangkat lain dari akun Anda

  • Tips Mengamankan Akun Facebook dari Hacker

1. Ubah Setingan Data Pribadi

Biasanya, data-data pribadi Anda, seperti nama lengkap, tanggal lahir, riwayat pendidikan, dan lain sebagainya diatur untuk umum. Hal ini ternyata bisa menjadi informasi penting yang meningkatkan keberanian hacker untuk meretas akun Anda. Mulai sekarang, ubahlah pengaturan data pribadi agar hanya Anda sendiri yang bisa melihatnya.

2. Mengatur Keamanan Akun

Selanjutnya, Anda bisa memanfaatkan fitur pengaturan dengan mengaktifkan pemberitahuan dan persetujuan masuk ke akun Facebook. Dengan begitu, Anda bisa menolak siapa saja yang hendak masuk ke akun Anda.

3. Gunakan Password yang Rumit

Tips yang ketiga ini rasanya sangat cocok untuk diterapkan di semua sosial media. Agar akun Anda aman dari incaran para hacker, mengganti password ke yang lebih sulit juga cukup efektif. Jika biasanya Anda hanya menggunakan nama atau tanggal lahir sebagai password, kini mulai gabungkan beberapa angka penting, inisial nama, atau bahkan simbol-simbol yang sulit ditebak.


Selain itu, usahakan untuk tidak menyimpan password Facebook di browser. Selain berpotensi diretas, hal ini juga meningkatkan resiko virus masuk ke dalam perangkat.


Kasus hack memang cukup sering terjadi di Facebook. Padahal, sistem keamanan Facebook terbilang sudah sangat canggih dan mumpuni. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengembalikan akun Facebook yang di hack. Meskipun tidak semudah membalikkan telapak tangan, setidaknya Anda harus berusaha untuk mengembalikan kepemilikan akun Anda.

Itulah cara-cara yang bisa kamu coba untuk mengembalikan akun Facebook kamu yang dihack atau dibajak atau kena phising. Tidak mudah memang, tapi hanya itu metode yang tersedia untuk saat ini. untuk jasa kang sesi akun kesesi bisa menghubungi ke email pilih pojok kiri atas Contact Us

Demikian informasi penting terkait keamanan akun Facebook, terutama jika akun Fb kalian jadi korban peretasan oleh oknum yang tidak dikenal

Sekian untuk artikel kali ini. Jika ada  yang salah kurang, aku mohon maaf. Tulisan ini dibuat berdasarkan akumulasi pengetahuanku yang saya coba. Jika ada yang kurang, mohon sarannya dan komenanya tq.


KESIMPULANYA: Menjaga keamanan akun Facebook dari serangan phising adalah tanggung jawab setiap pengguna. Dalam artikel ini, telah dijelaskan cara mengatasi akun Facebook yang kena phising dengan langkah-langkah yang detail dan lengkap. Dengan mengikuti panduan ini, pengguna Facebook dapat melindungi diri dari ancaman yang mungkin datang dan menjaga privasi serta keamanan akun mereka tetap terjaga.

Posting Komentar untuk "Cara Mengembalikan Akun Facebook yang Dihack /Dibajak /Terkena Phising /Kenonaktif, Jangan Panik!!"