Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Salah Kaprah Penyebutan WAKAF Masjid dan Mushala

 


Salah Kaprah Penyebutan WAKAF Masjid dan Mushala

 Banyak orang yang masih bingung membedakan antara masjid dan mushola. Ada yang memahami bahwa masjid adalah tempat orang melakukan shalat Jumat dan mushara adalah tempat orang melakukan shalat lima waktu di luar shalat Jumat.

Ketidaksepakatan juga muncul pada pertanyaan musala wakaf. Beberapa orang melihat wakaf dan memahami status masjid, sementara yang lain menganggap itu bukan masjid. bagaimana dengan deskripsinya? Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, mushara (KBBI menggunakan kata 'musala') diartikan sebagai tempat salat, langar atau surau. Masjid adalah rumah atau bangunan di mana umat Islam berdoa, tetapi dalam istilah Syariah, itu adalah tempat yang dihibahkan untuk berdoa dengan tujuan mengubahnya menjadi masjid. Mushara merupakan tempat salat yang mutlak, baik berupa sumbangan, harta pribadi maupun subsidi. Dari pengertian ini jelas bahwa masjid sudah pasti wakaf, tetapi mushara belum tentu wakaf. Dari definisi ini juga dapat dipahami bahwa penggunaan ruang untuk pertemuan sholat Jum'at ditentukan oleh shigat (ucapan) wakaf, bukan oleh prinsip-prinsip yang menentukan status masjid. Jika ada tanah yang diwakafkan untuk masjid, maka statusnya adalah masjid meskipun tidak pernah digunakan untuk sholat Jum'at.

Dari definisi di atas, para ahli hukum Syafiya menjelaskan bahwa tidak semua tempat yang diwakafkan untuk shalat berstatus masjid. Tapi harus jelas dari sigat/sambutan wakhu. Shigat Wakaf masjid terbagi menjadi dua. Pertama, syari (jelas), yaitu semua ucapan yang secara eksplisit merujuk pada sumbangan masjid, tidak dapat dialihkan ke makna lain. Kedua, tuturan yang dapat menunjukkan kinaya, perabot masjid dan makna lainnya. Untuk menjadi masjid, hihat chalay tidak perlu niat, tapi hihat kinaya membutuhkannya.

Contoh ungkapan shali dalam sedekah masjid adalah “tanah ini akan saya jadikan masjid”, “tanah ini akan saya hibahkan untuk masjid”. Deklarasi wakaf semacam ini saja membenarkan status harta sebagai masjid, meskipun tidak ada niat untuk menjadikannya masjid.

Contoh hi-hat kinaya adalah "Saya mendedikasikan tempat ini untuk doa-doa saya." Ungkapan tersebut secara spesifik merujuk pada makna wakaf yaitu singkatan dari tempat shalat, khususnya makna wakaf masjid, namun hal ini masih bersifat sugestif (belum terkonfirmasi). Ada dua kemungkinan makna untuk ucapan ini: wakaf mushara biasa dan wakaf masjid. Oleh karena itu, untuk memperoleh status mesjid, seseorang harus ditakdirkan menjadi mesjid. Jika tidak dimaksudkan sebagai masjid, itu tidak akan menjadi masjid, itu hanya akan menjadi wakaf untuk sholat.

Status negara sebagai masjid memiliki implikasi hukum yang berbeda dengan wakaf mushara biasa, seperti larangan diam bagi genub, pembenaran itikaf, dan peningkatan pahala sholat. Mushara wakaf dengan demikian tidak sah sebagai tempat Itikaf, dan penduduk Genub tidak dilarang berada di sana. Berbeda dengan wakaf masjid, hukum masjid berlaku, termasuk keabsahan itikaf, larangan mendiamkan wanita haid.

Uraian di atas berkaitan dengan referensi dari kitab Umdah al-Mufti wa al-Mustafti seperti:

  مَسْأَلَةٌ قَالَ الْمَنَاوِي فِي التَّيْسِيْرِ قَوْلُهُ وَقَفْتُ هَذَا لِلصَّلَاةِ صَرِيْحٌ فِي وَقْفِهِ لِلصَّلَاةِ كِنَايَةٌ فِي خُصُوْصِ وَقْفِهِ مَسْجِدًا فَإِنْ نَوَى بِهِ الْمَسْجِدَ صَارَ مَسْجِدًا وَإِلَّا فَلَا كَالْمَدْرَسَةِ. وَأَمَّا الْمَسْجِدُ فَأَمْرٌ زَائِدٌ يَكْثُرُ فِيْهِ الْأَجْرُ وَيُعْتَكَفُ فِيْهِ وَيَحْرُمُ عَلَى ذِي الْحَدَثِ الْأَكْبَرِ الْمُكْثُ فِيْهِ وَلَهُ أَحْكَامٌ زَائِدَةٌ عَلَى مَا وُقِفَ لِلصَّلَاةِ كَمُصَلَّى الْعِيْدِ فَإِنَّهُ وَقْفٌ لِلصَّلَاةِ وَلَيْسَ لَهُ حُرْمَةُ الْمَسْجِدِ وَلَا يَصِيْرُ وَقْفًا بِالْإِذْنِ بِالصَّلَاةِ فِيْهِ. 

  “Sebuah permasalahan. Al-Manawi berkata dalam kitab Al-Taisir, ucapan seseorang aku mewakafkan tempat ini untuk shalat tegas mengarah kepada makna mewakafkan untuk shalat, kinayah untuk kekhususan wakaf masjidnya, bila ia meniatkannya sebagai masjid, maka berstatus masjid, bila tidak ada niat, maka tidak menjadi masjid seperti wakaf madrasah. Adapun masjid adalah perkara yang memiliki nilai lebih yang banyak pahala di dalamnya, sah dibuat I’tikaf, dan haram bagi yang berhadats besar berdiam diri di dalamnya. Masjid memiliki hukum-hukum yang melebihi tempat yang diwakafkan untuk shalat, seperti mushala shalat ‘Ied, sesungguhnya mushala tersebut diwakafkan untuk shalat namun tidak memiliki kehormatan seperti masjid. Dan tidak menjadi wakaf dengan memberi izin shalat di dalamnya” (Muhammad bin Abdurrahman Al-Ahdal, ‘Umdah al-Mufti wa al-Mustafti, juz 2, hal. 258).   Uraian di atas pernah disinggung oleh para kiai dalam forum Muktamar Nahdlatul Ulama ke-10 di Surakarta pada tanggal 10 Muharram 1354 H/April 1935 M. Berikut ini bunyi keputusannya: 

Pertanyaan: Bagaimana hukumnya tempat yang diwakafkan untuk shalat, apakah tempat ini akan menjadi masjid seperti yang tertulis di kitab Safina? Jawaban: Suatu tempat tidak bisa menjadi masjid kecuali memang dimaksudkan demikian. bagian

1.Mughni al-muhtaj:

 وَلاَ يَصِحُّ الْوَقْفُ إِلاَّ بِلَفْظٍ مِنْ نَاطِقٍ يُشْعِرُ بِالْمُرَادِ إِلَى أَنْ قَالَ تَنْبِيْهٌ يُسْتَثْنَى مِنْ اشْتِرَاطِ اللَّفْظِ مَا إِذَا بَنَى مَسْجِدًا فِيْ مَوَاتٍ وَنَوَى جَعْلَهُ مَسْجِدًا فَإِنَّهُ يَصِيْرُ مَسْجِدًا وَلَمْ يَحْتَجَّ إِلَى لَفْظٍ كَمَا قَالَهُ فِي الْكِفَايَةِ تَبَعًا لِلْماَوَرْدِي لِأَنَّ الْفِعْلَ مَعَ النِّيَّةِ مُغْنِيَانِ عَنِ الْقَوْلِ. وَوَجَّهَهُ السُّبُكِيّ بِأَنَّ الْمَوَاتِ لَمْ يَدْخُلْ فِيْ مِلْكِ مَنْ أَحْيَاهُ مَسْجِدًا وَإِنَّمَا احْتِيْجَ لِلَفْظِ لِإِخْرَاجِ مَا كَانَ مِلْكَهُ عَنْهُ وَصَارَ لِلْبِنَاءِ حُكْمُ الْمَسْجِدِ تَبَعًا قَالَ اْلإِسْنَوِيُّ وَقِيَاسُ ذَلِكَ إِجْرَاؤُهُ فِيْ غَيْرِ الْمَسْجِدِ أَيْضًا مِنَ الْمَدَارِسِ وَالرِّبَاطِ وَغَيْرِهَمَا وَكَلاَمُ الرَّافِعِي فِيْ إِحْيَاءِ الْمَوَاتِ يَدُلُّ لَهُ.

"Wakaf itu tidak sah kecuali disertai ucapan (dari yang mewakafkan) yang memberikan pengertian (pewakafan) yang dimaksud ... dikecualikan dari syarat mengucapan, bila seseorang membangun masjid di lahan bebas, dan ia berniat menjadikannya masjid, maka bangunan tersebut menjadi masjid tanpa memerlukan ucapan pewakafan. Hal ini sebagaimana pendapat Ibn Rif’ah dalam kitab al-Kifayah dengan mengikuti al-Mawardi: “Sebab aktifitas membangun disertai niat menjadikannya masjid sudah mencukupi pewakafan dari pengucapan wakaf. Al-Subki memperkuatnya, bahwa lahan bebas tersebut tidak menjadi milik seseorang yang membukanya sebagai masjid. Diperlukannya pengucapan wakaf itu untuk mengeluarkan lahan dari kepemilikan seseorang. Dan untuk bangunannya diberlakukan hukum masjid karena mengikuti lahannya. Al-Isnawi berpendapat: “Dan hukum qiyas kasus tersebut adalah pemberlakuannya pada selain masjid, yaitu sekolah-sekolah, pesantren-pesantren, dan selainnya. Pendapat al-Rafi’i dalam bab Ihya al-Mawat juga menunjukkan demikian.   

2. I’anah al-thalibin :

قَوْلُهُ وَوَقَفْتُهُ لِلصَّلاَةِ إِلَخ) أَيْ وَإِذَا قَالَ الْوَاقِفُ وَقَفْتُ هَذَا الْمَكَانَ لِلصَّلاَةِ فَهُوَ صَرِيْحٌ فِيْ مُطْلَقِ الْوَقْفِيَّةِ (قَوْلُهُ وَكِنَايَةٌ فِيْ خُصُوْصِ الْمَسْجِدِيَّةِ فَلاَ بُدَّ مِنْ نِيَّتِهَا) فَإِنْ نَوَى الْمَسْجِدِيَّةَ صَارَ مَسْجِدًا وَإِلاَّ صَارَ وَقْفًا عَلَى الصَّلاَةِ فَقَطْ وَإِنْ لَمْ يَكُنْ مَسْجِدًا كَالْمَدْرَسَةِ.

 “(Ungkapan Syaikh Zainuddin al-malibari: “Saya mewakafkannya untuk shalat.”), yakni jika si pewakaf  berkata: “Saya wakafkan tempat ini untuk shalat.” Maka ucapan itu termasuk sharih (jelas) dalam kemutlakan wakaf. (Ungkapan beliau: “Dan kinayah dalam kekhususannya sebagai masjid, maka harus ada niat menjadikannya masjid”) Jika ia berniat menjadikan masjid, maka tempat tersebut menjadi masjid. Jika tidak, maka hanya menjadi wakaf untuk shalat saja, dan tidak menjadi masjid seperti sekolahan.”  


Posting Komentar untuk "Salah Kaprah Penyebutan WAKAF Masjid dan Mushala"