Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MENDO'AKAN ORANG LAIN

DALIL-DALIL MENDO'AKAN ORANG LAIN

ĺ

 Mendo'akan Orang Lain.

 Manusia di ciptakan oleh Alloh SWT  adalah sebai makhluk sosial untuk saling tolong menolong. Dan Salah satu bentuk wujud tolong menolong diantaranya untuk saling mendo'akan sesama manusia untuk diri sendiri dan orang lain, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal.Dan printah untuk mendo'akan diri sendiri orang lain.

Alloh SWT berfirman:

فَٱعْلَمْ أَنَّهُۥ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا ٱللَّهُ وَٱسْتَغْفِرْ لِذَنۢبِكَ وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَٱلْمُؤْمِنَٰتِ ۗ وَٱللَّهُ يَعْلَمُ مُتَقَلَّبَكُمْ وَمَثْوَىٰكُمْ

 Artinya: Maka ketahuilah, bahwa sesungguhnya tidak ada Ilah (sesembahan, tuhan) selain Alloh dan mohonlah ampunan bagi dosamu dan bagi (dosa) orang-orang mukmin, laki-laki dan perempuan. Dan Alloh mengetahui tempat kamu berusaha dan tempat kamu tinggal:"(QS Muhammad :19).

Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah.

 Menafsirkan:"Hai Rosululloh, ketahuilah bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Alloh. Dan mohonlah ampun atas dosamu dan dosa mu’minin dan mu’minat. Alloh Maha Mengetahui apa yang kalian lakukan dalam beraktifitas dan tempat istirahat kalian setelah bekerja, dan tempat kalian di alam barzakh dan ketika di akhirat, di surga atau neraka:"

Dan dalam sebuah riwayat hadits diterangkan dari sahabat ‘Utsman Rodhiyallohu ‘anhu, beliau berkata:

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا فَرَغَ مِنْ دَفْنِ الْمَيِّتِ وَقَفَ عَلَيْهِ فَقَالَ اسْتَغْفِرُوا لِأَخِيكُمْ وَسَلُوا لَهُ بِالتَّثْبِيتِ فَإِنَّهُ الْآنَ يُسْأَلُ

 Artinya:“Apabila Nabi Shollallohu ‘alaihi wasallam telah selesai dari menguburkan mayit, beliau berkata: ‘Mintakanlah ampunan untuk saudara kalian, dan mohonkanlah keteguhan untuknya, karena sesungguhnya sekarang ia sedang ditanya’” (HR Abu Dawud no. 3221, Al-Hakim 1: 370).

Dan Rosululloh saw juga menganjurkan kita mendo'akan mereka yang sudah wafat.

ما الْمَيّتُ في القَبْرِ إلاّ كالْغَرِيْق الْمُتَغَوِّثِ يَنتَظِرُ دَعْوَةً تَلحَقُه مِن أبٍ أوْ أُمٍّ أوْ أخٍ أوْ صَدِيقٍ فإذا لَحِقَتْه كانَتْ أحَبَّ إليه مِن الدُّنيا ومَا فيها وإنَّ اللهَ عزّ وجلّ لَيُدخِلُ على أهْلِ القُبُورِ مِن دُعاءِ أهْلِ الأَرْضِ أمْثَالَ الجِبالِ وإنَّ هَديَّةَ الأَحْيَاءِ إلى الأَمْوَاتِ الاِسْتِغفارُ لهم

 Artinya:"Rosululloh saw bersabda: "Seorang mayat dalam kuburnya seperti orang tenggelam yang sedang meminta pertolongan. Dia menanti-nanti do'a ayah, ibu, anak, dan kawan yang tepercaya. Apabila do'a itu sampai kepadanya, maka itu lebih ia sukai daripada Dunia berikut segala isinya. Dan sesungguhnya Alloh menyampaikan do'a penghuni dunia untuk ahli kubur sebesar gunung. Adapun hadiah orang-orang yang hidup kepada orang-orang mati ialah memohon istighfar kepada Alloh SWT untuk mereka dan bersedekah atas nama mereka." (HR Ad-Dailami).

Salah satu do'a yang mustajabah yaitu ketika kita Mendoakan orang lain yang tidak tampak atau sepengetahuan orang yang kita do'akan,(orang yang sudah meninggal juga termasuknya) karena mereka sudah tidak tampak baik di hadapan kita maupun di samping kita secara dhohiriyah.

 Rosululloh bersabda:

عن أُمَّ الدَّرْدَاءِ رضي الله عنها أنها قَالَتْ لصفوان: “أَتُرِيدُ الْحَجَّ الْعَامَ؟”، قال: فَقُلْتُ: “نَعَمْ”، قَالَتْ: “فَادْعُ اللهَ لَنَا بِخَيْرٍ”، فَإِنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقُولُ: ” دَعْوَةُ الْمَرْءِ الْمُسْلِمِ لِأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ مُسْتَجَابَةٌ، عِنْدَ رَأْسِهِ مَلَكٌ مُوَكَّلٌ كُلَّمَا دَعَا لِأَخِيهِ بِخَيْرٍ، قَالَ الْمَلَكُ الْمُوَكَّلُ بِهِ: “آمِينَ وَلَكَ بِمِثْلٍ”

 Artinya:"Suatu hari Ummu Darda' rodhiyallohu anha berkata kepada Shafwan, "Apakah engkau akan berangkat haji tahun ini?". Beliau menjawab, "Ya". Ummu Darda’ melanjutkan, "Do'akanlah kebaikan untuk kami." Sesungguhnya Nabi shollallohu 'alaihi wasallam pernah bersabda: "Do'a seorang muslim untuk saudaranya tanpa sepengetahuan dia adalah mustajab. Di dekat kepalanya ada seorang malaikat yang ditugasi untuk mengamini, setiap dia berdo'a kebaikan untuk saudaranya. Sang malaikat berkata, “Amin. Engkau pun akan mendapat hal yang serupa." (HR. Muslim)

Itulah beberapa dasar hukumnya di printahkanya orang yang masih hidup kirim Do'a untuk orang lain,baik mendo'akan orang yang masih hidup maupun orang yang sudah meninggal Dunia...

Wallohu 'alam....

Posting Komentar untuk "MENDO'AKAN ORANG LAIN"