Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KENAPA KITA HARUS HIDUP YANG BAIK

SEBAIKNYA KITA SEMUA,HIDUPLAH YANG BAIK

Allah SWT Berfirman:

وَقُلِ الْحَقُّ مِنْ رَّبِّكُمْۗ فَمَنْ شَاۤءَ فَلْيُؤْمِنْ وَّمَنْ شَاۤءَ فَلْيَكْفُرْۚ اِنَّآ اَعْتَدْنَا لِلظّٰلِمِيْنَ نَارًاۙ اَحَاطَ بِهِمْ سُرَادِقُهَاۗ وَاِنْ يَّسْتَغِيْثُوْا يُغَاثُوْا بِمَاۤءٍ كَالْمُهْلِ يَشْوِى الْوُجُوْهَۗ بِئْسَ الشَّرَابُۗ وَسَاۤءَتْ مُرْتَفَقًا

Artinya:" Dan katakanlah (Muhammad), “Kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu; barangsiapa menghendaki (beriman) hendaklah dia beriman, dan barangsiapa menghendaki (kafir) biarlah dia kafir.” Sesungguhnya Kami telah menyediakan neraka bagi orang dzolim, yang gejolaknya mengepung mereka. Jika mereka meminta pertolongan (minum), mereka akan diberi air seperti besi yang mendidih yang menghanguskan wajah. (Itulah) minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek:" (QS. Al Kahf :29).

Bismillahirrohmanirrohim.

Kebanyakan dari kita saat ini sibuk mikirin hidup enak tapi lupa mikirin mati enak, kita terpesona dengan kehidupan dunia yg hanya sesaat saja, namun lupa akan kehidupan abadi setelah kematian di akhirat nanti.

Dilihat dari segi nasib, bahagia atau sengsara saat di dunia & di akhirat, manusia akan mengalami salah satu dari 4 nasib :

• Bahagia di dunia-bahagia di akhirat.

• Sengsara di dunia-bahagia di akhirat.

• Bahagia di dunia-sengsara di akhirat.

• Sengsara di dunia-sengsara pula di akhirat.

Hidup di dunia sejatinya sementara waktu secara hakekat akherat tujuan hidup ini.

Alloh SWT berfirman:

وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا لَعِبٌ وَلَهْوٌ وَلَلدَّارُالْآَخِرَةُ خَيْرٌ لِلَّذِينَ يَتَّقُونَ أَفَلَا تَعْقِلُونَ

”Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?” (QS Al-An’aam ayat 32).

~Sekarang mari kita rinci satu persatu~

[1]. Bahagia Di Dunia-Bahagia Di Akhirat :

Nasib yg paling diidamkan semua orang : Semboyan “kecil dimanja, muda foya², tua kaya raya mati masuk surga” menjadi puncak khayalan yg diinginkan manusia. Tapi benarkah ada orang yg di dunia kaya & saat di akhirat beruntung mendapat Jannah-Nya? Tentu saja ada. Itulah orang yg mendapat fadhlulloh, anugerah istimewa dari Alloh SWT.Mohon bahagia di dunia dan akherat.

Alloh SWT berfirman:

وَمِنۡهُمۡ مَّنۡ يَّقُوۡلُ رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنۡيَا حَسَنَةً وَّفِى الۡاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّ قِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya:" Dan di antara mereka ada yang berdoa, "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka." (QS. Al Baqoroh :201).

[2]. Sengsara Di Dunia-Bahagia Di Akhirat.

Alloh SWT berfirman:

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الأمْوَالِ وَالأنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ (155) الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ (156) أُولَئِكَ عَلَيْهِمْ صَلَوَاتٌ مِنْ رَبِّهِمْ وَرَحْمَةٌ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُهْتَدُونَ (157)

Artinya:" Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepada kalian dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, “Inna lillahi wainna ilaihi roji’un.” Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk:" (QS. Al Baqoroh :155 - 157).

[3]. Bahagia Di Dunia-Sengsara Di Akhirat :

Kalau yg ini adalah gambaran rata² kehidupan orang-² kafir & manusia durhaka.

Sesuai Firman Allah Ta'ala: “Kami biarkan mereka ber-senang-² sebentar, kemudian Kami paksa mereka (masuk) ke dalam siksa yg keras.” (QS. 31:24).

[4]. Sengsara Di Dunia Sengsara Di Akhirat:

Inilah orang paling celaka dunia akhirat dalam sejarah kehidupan manusia, Didunia hidup miskin, & di akhirat masuk neraka dng Api yg menyala-nyala telah menanti. Karena ketiadaan iman.

Alloh SWT berfirman:

عَامِلَةٌ نَّاصِبَةٌ

Artinya:"(karena) bekerja keras lagi kepayahan, (Raut wajah mereka kusut seperti orang yang telah bekerja keras lagi kepayahan karena beban berat yang menimpa mereka.Alloh menerangkan bahwa orang-orang kafir itu semasa hidup di dunia bekerja dengan rajin):" (QS. Al Ghosiyah :3).

تَصْلَىٰ نَارًا حَامِيَةً

Artinya: Memasuki api yang sangat panas (neraka),(Wajah-wajah itu masuk ke dalam Neraka yang panas, merasa tersiksa dengan panasnya):" (QS. Al Ghosiyah :4).

Semoga kita dimasukkan ke dalam jannah yg serba mewah, atas ijin & ridho dari Alloh Yg Maha Pengampun lagi Maha Pemurah. Aamiin Yarobbal'alamin.

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ (الفاتحة_5)

 Artinya:"Hanya kepadamulah kami menyembah dan hanya kepadamulah kami mohon pertolongan:"(QS  Al fatihah :5).

Posting Komentar untuk "KENAPA KITA HARUS HIDUP YANG BAIK"