Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

APA SAJA RUKUN ISLAM ITU

 


LIMA RUKUN ISLAM

Lima Rukun islam adalah keyakinan pokok inti dari ajaran Islam:

Rukun islam menurut hadits Nabi disebutkan.

Rosululloh saw bersabda;

بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ إِيمَانٍ بِاللهِ وَرَسُولِهِ وَالصَّلَاةِ الْخَمْسِ وَصِيَامِ رَمَضَانَ وَأَدَاءِ الزَّكَاةِ وَحَجِّ الْبَيْتِ.  (رواه البخاري)

 Artinya:“Islam dibangun atas lima: beriman kepada Alloh dan Rosul-nya (syahadatain), mendirikan sholat, puasa Romadhon, membayar zakat dan berhaji ke Baitulloh:"(HR Bukhori).

Dari pengertian hadits tersebut di atas dapat di jabarkan penjelasanya sebagai berikut di bawah ini;

1)_Rukun islam yang pertama yaitu:

mbaca dua kalimat Syahadat,.Pengakuan Iman (syahadat).kita menyakini  bahwa "Tidak ada Tuhan selain Allah yang wajib di sembah, dan Muhammad adalah Utusan Allah" ini  merupakan Baiat_ucapan inti dari seorang muslim. Ungkapan ini, yang ditulis dalam bahasa Arab,

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ 

 Artinya:"Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Alloh. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Alloh".

Di dalam Al-Qur'an surat Ali Imron.

Alloh SWT berfirman:

شَهِدَ اللَّهُ أَنَّهُ لا إِلَهَ إِلا هُوَ وَالْمَلائِكَةُ وَأُولُو الْعِلْمِ قَائِمًا بِالْقِسْطِ لا إِلَهَ إِلا هُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

 Artinya:"Alloh menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), yang menegakkan keadilan. Para malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana:"(QS  Ali Imron :18).

2)_Rukun islam yang ke dua yaitu:

 sholat(Do'a).seorang muslim menjalankan sholat menghadap kiblat lima kali dalam sehari yaitu waktu: saat fajar (subuh), siang hari (dzuhur), sore hari (asar), petang sesudah matahari terbenam(isha), dan setelah gelap(isya). Sholat(Do'a) mencakup   beberapa gerakan dan pembacaan (surah) Al-Qur'an bacaan dzikir  yang sudah di tetapkan syarat dan rukunya yang di awali dengan takbirotul ikhrom dan di akhiri dengan salam,pelaksanaan sholat ada yang di Masjid,mushola di rumah dll yamg tempatnya bersih dan suci, terkadang dalam pelaksanaan sholat dilakukan di atas permadani atau tikar kecil yang digunakan secara khusus sebagai alas tempat sholat.sholat. sholat bisa di lakukan secara berjama'ah maupun secara sendirian.kecuali sholat jum'at itu wajib berjama'ah bagi kaum laki-laki.dan printah sholat di dalam Al Qur'an di sebutkan.

Alloh SWT berfirman:

اِنَّ الصَّلٰوةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ كِتٰبًا مَّوْقُوْتًا

 Artinya:"Sungguh, sholat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman:"(QS An Nisa :103).

3)_Rukun islam yang ke tiga yaitu:

Puasa (shoum)menahan makan dan minum di siang hari selama bulan Romadhon, semua umat Muslim dewasa yang sehat diharuskan untuk tidak makan dan minum dibulan tersebut.dan kewajiban puasa di bulan romadhon sesuai printah alolloh SWT.

Alloh SWT berfirman;

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ - ١٨٣

 Artinya:"Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa:"(QS Al Baqoroh :183).

4)_Rukun islam yang ke empat yaitu:

Sedekah (zakat). Sesuai dengan hukum Islam, umat Islam wajib menyedahkan sebagian dari pendapatan mereka kepada anggota masyarakat yang membutuhkan.(fakir-miskin),atau bisa di salurkan lewat lembaga amil Zakat kalo di di Indonesia(BASNAS).printah zakat terdapat di dalam al qur'an.

Alloh SWT berfirman:

خُذْ مِنْ أَمْوَٰلِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِم بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَوٰتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْ ۗ وَٱللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

 Artinya:"Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan berdo'alah untuk mereka. Sesungguhnya do'a kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Alloh Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui:"(QS At-Taubah :103).

5)Rukun islam yang kelima yaitu:

Ziarah (haji). Setiap seorang  Muslim yang sehat jasmani rohani dan ada biaya untuk melakukan perjalanan maka itu hukumnya wajib untuk pergi ke kota suci Mekkah dalam rangka ibadah haji yang letaknya ada di Arab Saudi saat ini.dan kewajiban printah haji terdapat di dalam al qur'an.

Alloh SWT berfirman:

وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا ۚ وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ عَنِ الْعَالَمِينَ

 Artinya:"Mengerjakan haji merupakan kewajiban hamba terhadap Alloh yaitu bagi yang mampu mengadakan perjalanan ke baitulloh. Barangsiapa mengingkarinya, maka sesungguhnya Alloh Maha kaya tidak memerlukan sesuatu dari semesta alam:"(QS  Ali Imron :97).



Posting Komentar untuk "APA SAJA RUKUN ISLAM ITU"