Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

APA SAJA KEUTAMAAN PERGI SHOLAT BERJAMA'AH KE MASJID


BERAPA KEUTAMAAN PERGI KE MASJID MENURUT HADITS NABI

Dari Abu Hurairoh Rodhiyallohu ‘anhu, Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ تَطَهَّرَ فِى بَيْتِهِ ثُمَّ مَشَى إِلَى بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ لِيَقْضِىَ فَرِيضَةً مِنْ فَرَائِضِ اللَّهِ كَانَتْ خَطْوَتَاهُ إِحْدَاهُمَا تَحُطُّ خَطِيئَةً وَالأُخْرَى تَرْفَعُ دَرَجَةً

 Artinya:“ Barangsiapa bersuci di rumahnya lalu dia berjalan menuju salah satu dari rumah Alloh (yaitu masjid) untuk menunaikan kewajiban yang telah Alloh wajibkan, maka salah satu langkah kakinya akan menghapuskan dosa dan langkah kaki lainnya akan meninggikan derajatnya.” (HR. Muslim, no.666).

Dan Keutamaan Berjalan ke Masjid pada Waktu Shubuh dan Isya.

Dalam salah satu hadits di terangkan  keutamaan berjalan ke masjid di waktu kegelapan yaitu disaat waktu sholat Shubuh dan Isya.didalam Kitab Riyadhus Sholihin di tulis,

Rosululloh saw bersabda:

عن بُريدَة – رضي الله عنه – ، عن النبيِّ – صلى الله عليه وسلم – ، قَالَ :( بَشِّرُوا المَشَّائِينَ في الظُّلَمِ إلى المَسَاجِدِ بِالنُّورِ التَّامِّ يَوْمَ القِيَامَةِ)

(رواه أبُو دَاوُدَ وَالتِّرمِذِيُّ )

 Artinya:" Dari Buraidah Rodhiyallohu ‘anhu, dari Nabi shollallohu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda," Berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang berjalan di dalam kegelapan menuju masjid-masjid, bahwa ia akan mendapatkan cahaya sempurna pada hari kiamat:" (HR. Abu Dawud, no.561; Tirmidzi, no.223. Al-Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini shohih).

Kesimpulan Mutiara Hadits di atas:

1. Orang beriman mendapatkan kabar gembira tentang keadaannya yang bercahaya pada hari kiamat.

2. Setiap hamba berada dalam kegelapan kecuali orang yang beriman.

3. Hadits ini menunjukkan keutamaan orang yang berjalan di kegelapan dan ini ditemukan dalam sholat Isya’ dan sholat Shubuh yang dilakukan berjamaah di masjid. 

4. Mereka yang menjaga sholat tersebut, itulah yang akan mendapatkan cahaya pada hari kiamat.

5. Ada beberapa hikmah sholat berjamaah Isya dan Shubuh di masjid:

(a) akan mudah turun berkah dan rahmat, 

(b) dengan berjamaah bisa menambah ilmu dan mengerti cara beramal sholat yang benar dengan memperhatikan lainnya, 

(c) keikhlasan dan kekhusyu’an sebagian jamaah akan berpengaruh pada jamaah lainnya, sehingga membuat ibadah seluruh jamaah jadi di terima.

Dalam hadits lain di terangkan Berjalan Pulang dari Masjid Akan Dicatat Sebagaimana Perginya

Hal ini berdasarkan hadits berikut:

عَنْ أُبَىِّ بْنِ كَعْبٍ قَالَ كَانَ رَجُلٌ لاَ أَعْلَمُ رَجُلاً أَبْعَدَ مِنَ الْمَسْجِدِ مِنْهُ وَكَانَ لاَ تُخْطِئُهُ صَلاَةٌ – قَالَ – فَقِيلَ لَهُ أَوْ قُلْتُ لَهُ لَوِ اشْتَرَيْتَ حِمَارًا تَرْكَبُهُ فِى الظَّلْمَاءِ وَفِى الرَّمْضَاءِ . قَالَ مَا يَسُرُّنِى أَنَّ مَنْزِلِى إِلَى جَنْبِ الْمَسْجِدِ إِنِّى أُرِيدُ أَنْ يُكْتَبَ لِى مَمْشَاىَ إِلَى الْمَسْجِدِ وَرُجُوعِى إِذَا رَجَعْتُ إِلَى أَهْلِى. فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « قَدْ جَمَعَ اللَّهُ لَكَ ذَلِكَ كُلَّهُ »

 Artinya:“ Dulu ada seseorang yang tidak aku ketahui seorang pun yang jauh rumahnya dari masjid selain dia. Namun dia tidak pernah luput dari sholat. Kemudian ada yang berkata padanya atau aku sendiri yang berkata padanya, “Bagaimana kalau engkau membeli keledai untuk dikendarai ketika gelap dan ketika tanah dalam keadaan panas.” Orang tadi lantas menjawab, “Aku tidaklah senang jika rumahku di samping masjid. Aku ingin dicatat bagiku langkah kakiku menuju masjid dan langkahku ketika pulang kembali ke keluargaku.” Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sungguh Alloh telah mencatat bagimu seluruhnya.” (HR. Muslim, no. 663).

Imam Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim (5:149) mengatakan:

فِيهِ : إِثْبَات الثَّوَاب فِي الْخُطَا فِي الرُّجُوع مِنْ الصَّلَاة كَمَا يَثْبُت فِي الذَّهَابِ 

 Artinya:“ Dalam hadits ini terdapat dalil bahwa langkah kaki ketika pulang dari sholat akan diberi ganjaran sebagaimana perginya.”

Masya Alloh, inilah keutamaan pergi dan pulang dari menunaikan sholat di masjid . Akankah kita masih melewatkannya?.

Orang yang tahu di tempat lain kalau berdagang di tempat lain akan mendapat keuntungan berlipat-lipat daripada berdagang di rumahnya, tentu akan melangkahkan kakinya ke tempat jauh sekalipun tapi hasilnya berpuluh-puluh kali lipatnya.

Semoga Alloh memberi taufik kepada kita agar dapat merutinkan sholat jama’ah di masjid, khususnya kami maksudkan pada kaum pria..

لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ العَلِيِّ العَظِيْمِ

 Artinya:" Tiada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Alloh yang Maha Tinggi Lagi Maha Agung."

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

 Artinya:" Maha suci Engkau ya Alloh, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Ilah melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”      Aamiin.

1 komentar untuk "APA SAJA KEUTAMAAN PERGI SHOLAT BERJAMA'AH KE MASJID"