Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengetahui Berdirinya 10 Ormas Islam di Indonesia

Mengetahui Berdirinya 10 Ormas Islam  di Indonesia

Bukan hanya Nahdlotul ulama (NU) dan Muhammadiyah saja, organisasi kemasyarakatan yang berpandangan ahlussunnah Wal Jama (Aswaja) di Indonesia. Luasnya wilayah Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, telah melahirkan banyak ormas yang berideologi Aswaja pula. Mereka mengajar dan bertindak sesuai dengan aspirasi komunitas Muslim setempat.
Namun tak bisa dipungkiri, NU dan Muhammadiyah merupakan ormas terbesar di Indonesia dengan puluhan juta anggota. Anggotanya tersebar dari Sabang sampai Merauke. Kedua ormas ini juga menjadi acuan setiap fatwa dalam kehidupan keagamaan, sosial, ekonomi, pendidikan, dan politik.
Nahdlotul ulama adalah sebuah organisasi yang didirikan pada tanggal 31 Januari 1926 di Surabaya, Jawa Timur. Di antara para pendiri organisasi ini adalah Hadratusyaikh KH Hasyim Asy'ari, KH Abdul Wahab Hasbullah dan KH Bisri Syansuri. Organisasi ini dan para pemimpinnya terlibat dalam pembangunan Indonesia bahkan sebelum kemerdekaan.

Sedangkan Muhammadiyah berdiri lebih dulu dari NU. Organisasi yang didirikan oleh KH Ahmad Dhalan di Yogyakarta pada tanggal 18 November 1912. Kiaye Ahmad Dhalan dan Kiaye Hashim Ashiari sebenarnya bersahabat dan memiliki guru yang sama saat berada di Makkah. Namun, mereka kembali ke indonesia berjuang di bawah bendera masing-masing yaitu NU dan Muhamadiyah.

Namun selama ormas-ormas tersebut masih dalam jalur yang benar dan mengakui Pancasila sebagai asas kebangsaan, maka perbedaan organisasi tidak menjadi bahan perdebatan.

Berikut 10 organisasi Islam di Indonesia yang didirikan berdasarkan tanggal,bulan dan tahunya.
1. Muhammadiyah didirikan di Yogyakarta pada tanggal 18 November 1912.

2. Al-Irsyad al-Islamiyah didirikan pada tanggal 6 September 1914.

3.Mathla`ul Anwar adalah salah satu ormas tertua di Indonesia yang didirikan pada tanggal 10 Juli 1916 di Menes, Pandeglang, Banten.

4. Perhimpunan Islam didirikan pada tanggal 12 September 1923 di kota Bandung oleh orang-orang yang tertarik pada kegiatan pendidikan dan keagamaan, yaitu Haji Zamzami dan Haji Muhammad Yunus.

5. Nahdlotul Ulama didirikan pada tanggal 31 Januari 1926 di Surabaya, Jawa Timur.

6. Alkhairot adalah ormas terbesar di kawasan Indonesia Timur dan berkantor pusat di Palu, Sulawesi Tengah. Didirikan pada tanggal 11 Juni 1930 di kota Palu oleh Idrus bin Salim Al-Jufri.

7. Al-Washliyah adalah ormas Islam di Sumatera Utara dan saat ini memiliki anggota terbanyak di Riau, Aceh dan Jawa Barat. Organisasi ini didirikan pada tanggal 30 November 1930.

8. Nahdlotul Wathon adalah ormas yang berkedudukan di NTB. Organisasi ini didirikan pada tanggal 1 Maret 1953 di Pancor, Lombok Timur oleh Muhammad Zainuddin Abdul Majid.

9. Hidayatulloh didirikan oleh Abdullah Said pada 5 Februari 1973. Ormas ini dikenal sering mengirimkan da'i ke pelosok Indonesia.

10. Wahdah Islamiyah didirikan pada tanggal 18 Juni 1988. Ini tergolong baru dibandingkan ormas-ormas tersebut di atas. Namun di sisi lain, kehadirannya didorong oleh ustadz Ustaz Zaytun Rasmin yang vokal berbicara tentang Islam di berbagai media dan forum seminar.

Itulah beberapa Ormas Islam di Indonesia berdasarkan bulan dan tahun berdirinya di Indonesia.
Sumber: Islam Nusantara

Posting Komentar untuk "Mengetahui Berdirinya 10 Ormas Islam di Indonesia"