Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SEMANGAT JIHAD DAN PERILAKU SANTRI

SEMANGAT JIHAD DAN PERILAKU SANTRI

Masyarakat Indonesia biasanya merayakan Hari Santri Nasional pada tanggal 22 Oktober setiap tahunnya.

 Bagi umat Islam yang belum mengetahuinya, Hari Santri merupakan hari perayaan untuk mengenang semangat jihad yang dipimpin para kiai dan santri dalam perang anti penjajahan di bumi pertiwi ini.

 Meski masa-masa perlawanan di atas telah berlalu, namun semangat jihad tetap harus digaungkan dan diamalkan.

 Karena jihad bukan hanya tentang melawan penjajah tetapi juga tentang membangun diri yang mengikutsertakan bangsa dan negara Indonesia.

 Jihad saat ini masih bisa dilakukan dengan berbagai cara.

1)_Siswa kelas satu dapat turut serta memajukan toleransi dan menjaga keharmonisan keberagaman di tanah air, mulai dari suku, bahasa, tradisi, dll.

 Allah subhanahu wata'ala berfirman:

وَاعْتَصِمُوْا بِحَبْلِ اللّٰهِ جَمِيْعًا وَّلَا تَفَرَّقُوْا ۖوَاذْكُرُوْا نِعْمَتَ اللّٰهِ عَلَيْكُمْ اِذْ كُنْتُمْ اَعْدَاۤءً فَاَلَّفَ بَيْنَ قُلُوْبِكُمْ فَاَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهٖٓ اِخْوَانًاۚ وَكُنْتُمْ عَلٰى شَفَا حُفْرَةٍ مِّنَ النَّارِ فَاَنْقَذَكُمْ مِّنْهَا ۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَكُمْ اٰيٰتِهٖ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُوْنَ

Artinya:"Berpegangteguhlah kamu semuanya pada tali (agama) Allah, janganlah bercerai berai, dan ingatlah nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu bermusuhan, lalu Allah mempersatukan hatimu sehingga dengan karunia-Nya kamu menjadi bersaudara. (Ingatlah pula ketika itu) kamu berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari sana. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kamu mendapat petunjuk," (QS  Ali Imran 3: 103). 

 2)_Siswa kedua dapat berpartisipasi dalam pembangunan negara yang progresif dengan menyebarkan ilmu pengetahuan.Misi santri bukan sekedar mencari ilmu sebanyak-banyaknya di pesantren, universitas, dll.

 Namun mereka  juga harus menyebarkan ilmu pengetahuan agar dapat mencapai tujuan mencerahkan kehidupan berbangsa dan negara.

 Allah subhanahu wata'ala berfirman:

 وَلْتَكُنْ مِّنْكُمْ اُمَّةٌ يَّدْعُوْنَ اِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ ۗ وَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ

Artinya: "Hendaklah ada di antara kamu segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Mereka itulah orang-orang yang beruntung," (QS  Ali Imran 3: 104).

 Di sisi lain, dalam proses penyebaran ilmu pengetahuan, para santri juga harus menjunjung tinggi prinsip-prinsip yang baik di masyarakat.

 Dakwah santri hendaknya tidak menimbulkan kerugian bagi sebagian orang.Dakwah yang disampaikan harus dapat diterima oleh berbagai pihak, terutama kemampuannya dalam memperkuat dan memupuk rasa solidaritas dalam masyarakat.

 Allah subhanahu wata'ala berfirman:

اُدْعُ اِلٰى سَبِيْلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِيْ هِيَ اَحْسَنُۗ اِنَّ رَبَّكَ هُوَ اَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيْلِهٖ وَهُوَ اَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِيْنَ

 Artinya: "Serulah (manusia) ke jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pengajaran yang baik serta debatlah mereka dengan cara yang lebih baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang paling tahu siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dia (pula) yang paling tahu siapa yang mendapat petunjuk,"(QS  An-Nahl 16: 125). 

 3) _Siswa yang ketiga dapat memberikan teladan akhlak yang baik kepada masyarakat, seperti rendah hati, tidak sombong dan Baik akhlaknya merupakan salah satu tanda-tanda orang beriman seperti dalam hadis berikut:

 أَكْمَلُ المُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا

 Artinya: “Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya,” (HR  Tirmidzi  :1162).

 Ajakan untuk berakhlak yang baik merupakan salah satu tugas yang diutusnya Rasulullah kepada umat manusia.Tidak tanggung-tanggung, Rasulullah saw.mencontohkan sendiri secara langsung akhlak yang baik semasa hidupnya.

 Allah subhanahu wata'ala berfirman:

وَاِنَّكَ لَعَلٰى خُلُقٍ عَظِيْمٍ 

 Artinya: "Sesungguhnya engkau (Muhammad) benar-benar berbudi pekerti yang agung," (QS  Al-Qalam 68: 4). 

 Inilah semangat jihad yang terkait dengan Hari Santri Nasional tahun ini yang jatuh pada hari Minggu tanggal 22 Oktober 2023.

 Semoga apa yang telah kita bahas di dalam artikel ini bermanfaat bagi kita semua. semoga Alloh ridha dengan setiap kebaikan yang kita lakukan.

 Amin, Allahumma, amin._(71)

Posting Komentar untuk "SEMANGAT JIHAD DAN PERILAKU SANTRI"